5 Contoh Cover Letter Paling The Best

162
Contoh Cover Letter
Contoh Cover Letter

Bidhuan.id – Pernah membuat cover letter? Bagaimana contoh cover letter yang baik? Bagi anda yang ingin melamar pekerjaan, jangan pernah mengabaikan bagian yang satu ini. Sekarang persaingan semakin lama semakin ketat. Pengalaman dan kemampuan terkadang kalah dengan seseorang yang mampu membuat cover letter yang baik. Ketika seseorang mampu membuat cover letter yang baik, maka perusahaan akan tertarik mempekerjakan orang tersebut.

Oleh karena itu, penting bagi anda mengetahui seperti apa contoh cover letter yang mampu membuat perusahaan melirik anda. Jadi, peluang anda bekerja di perusahaan tersebut semakin terbuka lebar. Namun sebelum itu, penting bagi anda mengetahui apa itu cover letter dan beberapa hal lain yang masih ada hubungan dengannya.

Baca: Perhatikan ! Inilah 5 Tips dan Contoh Motivation Letter

Apa itu Cover Letter

Cover letter lebih kepada surat pengantar yang wajib anda sertakan ketika anda melamar pekerjaan. Biasanya cover letter akan dilampirkan ketika anda mengirim CV maupun resume. Namun anda bisa tidak mencantumkan cover letter jika memang perusahaan memberikan ketentuan bahwa pelamar tidak perlu mencantumkannya. Ada yang berpendapat bahwa cover letter merupakan langkah atau kunci awal meraih mimpimu.

Maka dari itu, di dalam menulis cover letter, pastikan anda menulisnya dengan ekstra hati-hati. Jangan sampai ada kesalahan apapun dan sedikit pun karena malah membuat perusahaan tidak akan meneruskan untuk membaca resume maupun CV yang anda buat. Jadi, kemungkinan besar anda tidak akan diterima bekerja di perusahaan yang anda inginkan tersebut.

Selain itu, ketika perusahaan meminta seseorang mengirimkan surat lamaran atau CV-nya melalui email, maka anda harus menuliskan cover letter di badan atau body email. Namun juga ada perusahaan yang meminta pelamar untuk menjadikan cover letter sebagai salah satu dokumen terlampir. Intinya, anda tinggal mengikuti seperti apa alur pendaftaran dan persyaratan yang diberikan oleh perusahaan.

Apa Saja Isi Cover Letter?

Setelah anda tahu pengertian dari cover letter, sekarang timbul pertanyaan baru. Kira-kira apa saja yang harus ada di dalam cover letter tersebut? Memahami informasi ini tentu sangat penting karena jangan sampai anda malah melewatkan bagian penting dari cover letter. Namun perlu diperhatikan bahwa pada dasarnya cover letter ini tidak jauh berbeda dengan surat lain yang memuat informasi seperti di bawah ini:

Baca juga: Pendaftaran Beasiswa Research Student Monbukagakusho 2017 Telah Dibuka

  • Perkenalan diri
  • Jabatan atau posisi yang dilamar atau diinginkan
  • Mendeskripsikan mengenai kemampuan dan juga keterampilan yang berhubungan dengan pekerjaan atau jabatan.
  • Mencantumkan informasi yang menarik perusahaan atau pihak penyeleksi agar supaya mereka mau membaca CV atau resume yang anda tulis.
  • Jangan lupa untuk mengakhiri cover letter dengan ucapan terima kasih dan pengharapan agar anda diberikan kesempatan untuk menjadi bagian dari perusahaan tersebut atau dengan kata lain anda diterima kerja di sana.

Selain itu, ada ketentuan lain yang tidak boleh anda abaikan. Cover letter pada dasarnya merupakan rangkuman dari CV atau resume yang anda tulis. Jadi, jangan sampai anda menulis cover letter lebih dari satu kalimat karena namanya rangkuman harus anda tulis secara singkat, jelas, dan terpenting adalah mudah dipahami.

Hal lain yang tidak kalah penting adalah ketika anda melamar pekerjaan pada dua atau bahkan lebih perusahaan maupun instansi. Yang harus anda lakukan adalah mengganti cover letter anda. Jangan pernah menggunakan cover letter yang sama. Mengapa? Karena keterampilan dan kemampuan yang dibutuhkan setiap perusahaan maupun instansi tentunya tidak sama.

Maka dari itu, anda harus membuat cover letter yang benar-benar spesifik di dalam menyebutkan apa saja kemampuan dan juga keterampilan yang anda miliki. Sebutkan dua hal tersebut dengan bahasa yang mampu meyakinkan perusahaan untuk merekrut anda. Yang tidak kalah penting adalah cover letter wajib menggunakan bahasa formal. Anda harus memperhatikan tata bahasa atau gaya bahasa yang anda gunakan.

Jangan pernah menggunakan bahasa gaul karena hal ini akan terkesan tidak sopan. Jangan sampai ada kesalahan tulis atau typo atau bahkan malah salah menyebutkan nama perusahaan, alamat, dan informasi penting lainnya.

Aturan Dalam Membuat Cover Letter

  • Buat cover letter yang terkesan menjual diri
    • Cover letter yang menarik merupakan cover letter yang akan mendapatkan perhatian perusahaan. Anda harus membuat cover letter yang terkesan menjual diri anda. Maksudnya, buatlah cover letter yang isinya benar-benar memperkenalkan kemampuan dan juga keterampilan anda.
    • Anda bisa membuktikannya dengan dokumen yang anda lampirkan serta pengalaman yang anda miliki yang berhubungan dengan posisi yang anda inginkan.
  • Buat cover letter yang singkat
    • Dikarenakan cover letter merupakan rangkuman dari resume maupun CV yang anda buat, maka tentu anda tidak boleh membutnya terlalu panjang.
    • Biasanya cover letter tidak lebih dari satu lembar atau satu halaman. Jadi, ketika anda membuat cover letter yang lebih dari satu lembar kemungkinan perusahaan tidak akan memperhatikan cover letter yang anda buat karena sudah tidak sesuai dengan ketentuan.
  • Salam pembuka serta salam penutup
    • Contoh cover letter yang baik adalah melampirkan salam pembuka dan juga salam penutup.
    • Meskipun bagian ini terkesan sepele, namun anda tidak boleh melupakannya.

1. Contoh cover letter terbaik

Contoh cover letter terbaik
Contoh cover letter terbaik

2. Contoh cover letter singkat

Contoh cover letter singkat
Contoh cover letter singkat

3. Contoh cover letter bahasa Indonesia

Contoh cover letter bahasa Indonesia
Contoh cover letter bahasa Indonesia

4. Contoh cover letter bahasa Inggris

Contoh cover letter bahasa Inggris
Contoh cover letter bahasa Inggris

5. Contoh cover letter yang benar

Contoh cover letter yang benar
Contoh cover letter yang benar

Demikian informasi yang bisa kami berikan mengenai pengertian dan contoh cover letter yang benar sesuai dengan ketentuan. Semoga bermanfaat.