Apa itu Telemarketing? Inilah Penjelasan Lengkap Beserta Strateginya

240
apa itu telemarketing
apa itu telemarketing

Bidhuan.id – Apa itu telemarketing? Apa saja kentungan yang bisa diperoleh ketika kita sukses menjadi seorang telemarketing? Semua perusahaan pasti memiliki caranya masing-masing dalam mempromosikan atau mengenalkan produknya. Segala cara pasti akan ditempuh dan bahkan tidak tanggung-tanggung mereka bisa mengeluarkan biaya yang tidak sedikit hanya untuk biaya promosi.

Bagi anda yang mungkin sering mempromosikan produknya, pasti tidak asing dengan istilah telemarketing. Seseorang yang menekuni bisnis ini terkadang dapat memperoleh penghasilan yang besar, terlebih lagi jika orang tersebut sudah sukses dan sudah banyak dikenal. Pasti banyak perusahaan yang tidak segan dan tidak ragu mengeluarkan biaya yang mahal untuk menyewa jasanya. Lalu sebenarnya apa itu telemarketing? 

Untuk anda yang masih belum tahu tentang apa itu telemarketing, maka kami akan memberikan penjelasannya di bawah ini. Bahkan kami juga akan menjelaskan tentang strategi telemarketing yang bisa anda terapkan ketika ingin menjadi seorang telemarketing yang handal.

Baca: Strategi Marketing dengan Meme Gojek Wanita Cantik yang Buat Terpana Netizen?

Pengertian Telemarketing

Pengertian Telemarketing
Pengertian Telemarketing

Telemarketing adalah salah satu cara memperkenalkan produk atau promosi yang memang terbukti efektif dalam meningkatkan angka penjualan. Seorang telemarketing memiliki peran yang sangat penting untuk mensosialisasikan produk maupun jasa yang dimiliki oleh perusahaan. Cara mempromosikan produk yang mereka lakukan biasanya via telepon. Jasa telemarketing ini banyak dimanfaatkan oleh perusahaan besar ketika mereka ingin memperkenalkan produk terbarunya.

Berdasarkan keterangan yang diperoleh dari para ahli, mempromosikan produk dengan jasa telemarketing merupakan cara yang mudah diterima. Mengapa? Karena secara konsep, mempromosikan produk dengan telemarketing berarti melakukan komunikasi dengan konsumen secara langsung atau secara personal.

Namun perlu diketahui bahwa terkadang telemarketing malah bisa memberikan dampak negatif yang mana angka penjualan tidak akan meningkat dan mungkin juga bisa menurun. Kapan hal tersebut terjadi? Telemarketing bisa memberikan dampak negatif jika ternyata target atau sasaran market malah bukan termasuk calon pembeli yang potensial.

Selain itu, cara telemarketing dalam menawarkan produknya yang terkesan memaksa juga bisa berdampak negatif terhadap produk yang dipasarkan. Oleh sebab itu, penting sekali untuk mempelajari kira-kira strategi seperti apa yang harus diterapkan agar supaya seseorang bisa menjadi seorang telemarketing yang handal.

1. Sukses menjadi telemarketing dimulai dari mengenal produk dengan baik

Cara pertama untuk bisa menjadi seorang telemarketing yang sukses adalah dengan mengetahui secara detail mengenai produk yang akan dipromosikan atau diperkenalkan. Sebelum mulai meyakinkan orang lain untuk membeli produk atau memanfaatkan jasa yang ditawarkan, seorang telemarketing harus meyakinkan dirinya sendiri terlebih dahulu.

Caranya bagaimana? Cara termudah yang bisa dilakukan adalah mengetahui profil dan manfaat dari produk yang akan ditawarkan. Ketika seorang seorang telemarketing sudah dibekali dengan market knowledge yang baik, maka dia tidak akan mengalami kesulitan ketika harus memperkenalkan ke konsumen karena dia sudah memiliki informasi yang mendalam tentang produk tersebut.

Baca juga: 5 Makanan Murah dan Halal di Minimarket Jepang Untuk Ganjal Perut

2. Menjadi seorang seorang telemarketing yang sukses dimulai dengan melakukan riset terhadap calon konsumen

Setelah anda mempelajari detail produk yang akan anda promosikan, maka langkah kedua yakni anda harus melakukan riset tau penelitian terhadap calon konsumen atau target marketing anda. Tidak sedikit orang yang malah terganggun dengan adanya telemarketing karena mereka berpendapat bahwa mereka tidak memerlukan produk atau jasa yang ditawarkan tersebut.

Maka dari itu, agar perusahaan tidak sampai mengalami kerugian, maka harusnya seorang telemarketing akan melakukan riset terhadap orang-orang yang menjadi calon konsumennya. Misalnya, ketika anda ingin mempromosikan susu bayi, maka anda harus mengetahui berapa usia bayi, rasa apa saja yang menjadi kesukaan bayi, dan juga perhatikan apakah ada anak yang mengalami alergi atau tidak.

3. Ramah dan wajar merupakan sikap seorang telemarketing yang handal

Ramah dan wajar merupakan sikap seorang telemarketing yang handal
Ramah dan wajar merupakan sikap seorang telemarketing yang handal

Sebagai seorang telemarketing yang handal, anda harus memberikan sikap yang baik. Seperti yang sudah kami terangkan bahwa tugas dari telemarketing adalah menghubungi konsumen via telepon dan menawarkan produk atau jasa. Dikarenakan lawan bicara tidak bisa melihat ekspresi wajah anda, maka anda harus menggunakan intonasi yang baik dengan suara yang ramah serta jangan sampai kaku.

Jika sebelumnya anda sudah menyiapkan berbagai macam pertanyaan, maka kami sarankan agar anda cek lagi pertanyaan anda tersebut. Anda harus memastikan bahwa bahasa yang digunakan adalah bahasa yang luwes dan mudah dipahami. Tidak perlu memberikan pertanyaan yang sesuai script dimana anda bisa melakukan improvisasi sedikit tanpa harus menghilangkan inti pertanyaan anda.

4. Telemarketing yang baik harus bisa memberikan pertanyaan yang wajar

Dikarenakan setiap konsumen memiliki jam kerja atau waktu yang berbeda-beda, maka anda harus menyadari bahwa anda tidak boleh memberikan pertanyaan yang terlalu panjang, terlalu banyak karena mereka tidak memiliki waktu untuk menjawab semua peratnyaan anda. Lalu apa yang harus dilakukan oleh seorang telemarketing? Yang harus dilakukan adalah menentukan kira-kira pertanyaan mana saja yang merupakan pertanyaan terbaik agar bisa memperoleh jawaban yang tepat.

Anda bisa menggunakan pertanyaan standar seperti 5 W + 1 H untuk dapat menggali informasi dari konsumen. Pastikan juga bahwa pertanyaan anda tidak berbelit-belit.

5. Telemarketing tidak selamanya harus berjualan

Memang tugas dari telemarketing adalah memasarkan produk melalui telepon. Namun ada momen-momen tertentu dimana mereka tidak perlu memasarkan produknya. Mereka hanya perlu mengucapkan selamat ulang tahun, selamat natal, selamat tahun baru, selamat idul fitri, dan lain-lain. Tujuannya untuk menciptakan hubungan yang baik antara telemarketing dengan konsumen.

Demikian penjelasan dari kami mengenai apa itu telemarketingdan beberapa strategi penting untuk menjadi seorang telemarketing yang handal. Semoga bermanfaat.