Perhatikan ! Inilah 5 Tips dan Contoh Motivation Letter

113
contoh motivation letter

Bidhuan.id РSeperti apa contoh motivation letter? Namun sebelum membahas tentang hal tersebut, Anda harus mengetahui terlebih dahulu definisi atau pengertian dari motivation letter itu sendiri. Motivation letter merupakan salah satu komponen penting ketika Anda hendak mendaftar di univresitas maupun bermaksud mengajukan beasiswa agar bisa sekolah di luar negeri.

Namun sayangnya tidak sedikit dari mereka yang dinyatakan gagal untuk masuk ke sekolah yang dituju atau memperoleh beasiswa tersebut. Salah satu alasannya adalah karena kurang tepat di dalam menulis motivation letter. Tentu hal seperit ini merupaka kerugian besar mengingat motivation letter sebenarnya tidak sulit dibuat. Maka dari itu, kami suda mempersiapkan beberapa contoh motivation letter yang bisa Anda ambil sebagai bahan referensi.

Tips Membuat Motivation Letter

Memang kegagalan bisa menjadi cambuk untuk memicu semangat Anda. Namun bukan berarti Anda harus gagal tersebut, apalagi jika sampai kegagalan Anda hanya disebabkan oleh penulisan motivation letter yang tidak tepat. Sebelum kami menjelaskan apa saja contoh motivation letter, Anda harus paham dahulu apa saja tips membuat motivation letter yang selengkapnya akan kami berikan penjelasannya di bawah ini.

  • Fokus
    • Perlu Anda pahami bahwa motivation letter yang Anda buat tersebut harus benar-benar fokus terhadap apa yang Anda miliki. Keluarkan aspek terbaik atau kemampuan Anda maupun juga cerita menarik dan terbaik yang pernah Anda alami.
    • Dengan begitu, para pembaca akan benar-benar tertarik untuk terus membaca dan ingin terus melihat perjuangan hidup Anda.
    • Anda harus paham betul topik apa yang nanti akan Anda angkat dan akan membuat para pembaca tertarik dan kagum kepada Anda. Anda harus membuat sebuah alur yang runtut dan tidak bertele-tele.
    • Buatlah urutan mulai awal sampai dengan akhir seperti essai.
  • Jadikan motivation letter Anda lebih hidup
    • Memang motivation letter tidak lebih dari secarik kertas. Namun, melalui selembar inilah Anda bisa menunjukkan seperti apa cara berpikir atau pola pikir yang Anda miliki. Selain itu, jangan lupa untuk memastikan bahwa motivation letter yang Anda buat bisa menarik pembaca.
    • Anda harus memberikan tulisan terbaik Anda pada motivation tersebut. Buatlah ceritanya agar lebih hidup dan tidak bertele-tele atau terkesan kaku.
    • Dengan begitu, para pembaca juga akan terbawa dengan alur yang ada pada motivaton letter Anda sehingga pada akhirnya Anda akan diterima untuk sekolah di sekolah impian Anda tersebut.
  • Perlihatkan, jangan cuma cerita
    • Ketika Anda membuat motivation letter, sebisa mungkin Anda harus menghindari penggunaan frasa, poin, maupun juga kalimat umum yang sudah sering digunakan oleh kebanyakan orang. Salah satu contoh yang mungkin sering kita baca adalah ‘saya suka bertemu dengan orang dan lingkungan baru yang berasal dari seluruh dunia’.
    • Lebih dari sekedar frasa tersebut, Anda harus bisa memasukkan informasi yang spesifik agar pembaca tidak bosan membaca motivation letter Anda. Anda bisa menjelaskan mengenai alasan atau apa saja hal-hal yang dapat membuat ide Anda berkembang. Anda juga bisa menjelaskan alasan mengapa Anda suka jika bertemu dengan orang maupun lingkungan baru.
    • Jelaskan juga apa saja topik atau materi yang biasanya akan Anda diskusikan dengan orang tersebut sampai dengan keuntungan atau pelajaran apa yang bisa Anda dapatkan usai bertemu dengan orang atau lingkungan baru.
  • Pahami bahwa itu motivation letter dan bukan CV
    • Ada hal penting yang juga tidak boleh Anda lupakan. Yang Anda tulis tersebut adalah motivation letter dan bukan merupakan CV atau Curriculum Vitae. Kedua hal ini memang berbeda namun saling berkaitan dan saling melengkapi satu dengan yang lainnya.
    • Ketika Anda menulis motivation letter, maka Anda harus menggunakann bahasa yang menarik karena memang tujuan dari motivation letter adalah untuk membuat pembaca tertarik melihat isi tulisan Anda sehingga bisa menjadi salah satu alasan mengapa Anda bisa diterima di sekolah yang Anda inginkan.
  • Jujur
    • Untuk poin selanjutnya yang harus Anda perhatikan merupakan poin yang paling penting dan memang tidak semua orang mampu melakukannya. Kejujuran merupakan faktor yang tidak ada nilainya, terlebih lagi jaman sekarang cenderung sulit menemukan orang yang jujur dan tanpa pamrih.
    • Memang Anda diminta untuk membuat sebuah motivation letter yang bisa menarik pembaca. Akan tetapi, bukan berarti Anda harus mengisinya dengan suatu kebohongan maupun hal-hal yang memang tidak pernah Anda lakukan.
    • Mungkin Anda bisa diterima karena motivation letter Anda yang ditulis dengan ketidakjujuran. Namun, hal ini meninggalkan bekas dan beban moral bagi Anda.
    • Bahkan ketika di motivation letter Anda menyatakan memilik skill atau bakat tertentu, namun ketika diminta untuk membuktikannya maka sudah pasti Anda akan kesulitan dan malah akan menjadi sebab Anda mendapatkan stigma negatif.

1. Contoh Motivation Letter untuk beasiswa 

contoh motivation letter

Di bawah ini kami akan memberikan sebuah contoh motivation letter yang digunakan untuk mengajukan beasiswa.

Seperti yang Anda perhatikan bahwa motivation letter di atas menjelaskan bahwa yang bersangkutan telah beberapa kali mengikuti organisasi yang membuatnya menjadi pribadi yang bisa bekerja, baik secara individu maupun bekerja secara kelompok.

2. Contoh motivation letter bahasa Inggris

contoh motivation letter

Seperti yang Anda perhatikan bahwa contoh di atas menggunakan bahasa Inggris dimana kita tahu bahasa Inggris merupakan bahasa internasional. Jika Anda ingin mengajukan beasiswa atau ingin bekerja di luar negeri yang mana mereka menuntut Anda membuat motivation letter, maka bahasa yang Anda gunakan dalam tulisan Anda sudah pasti bahasa Inggris.

Demikian informasi mengenai tips membuat dan contoh motivation letter. Semoga bermanfaat.