15 Besar Universitas Terbaik Di Indonesia Terbaru 2019 Berdasarkan QS World University Rankings

134
Universitas Indonesia, Peringkat 54 Se Asia
Universitas Indonesia, Peringkat 54 Se Asia

Bidhuan.id – Apakah anda sudah mengetahui tentang universitas terbaik di Indonesia berdasarkan peringkat yang baru dirilis oleh QS World University Rankings? Seperti yang kita tahu bahwasanya QS World University Rankings adalah sebuah lembaga resmi yang memang dijadikan sebagai acuan oleh Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi dalam memberikan peringkat pada setiap universitas, baik swasta maupun juga negeri di seluruh Indonesia.

Hal ini bertujuan untuk mengukur serta meningatkan kualitas dari universitas tersebut agar supaya sesuai dengan motor dari Kemenristekdikti yang ingin menjadikan universitas di Indonesia sebagai World Class University atau Universitas Berstandar Internasional. Maka dari itu, simak baik-baik penjelasan kami tentang daftar universitas terbaik di Indonesia tahun 2019.

Universitas Terbaik Di Indonesia

Dengan mengetahui nama-nama universitas yang masuk ke dalam universitas terbaik yang ada di Indonesia, maka anda bisa mendapatkan gambaran dan referensi kemana nanti anda atau mungkin anak anda akan melanjutkan studi setelah mereka lulus dari SMA, SMK, maupun juga MA.

Selain itu, menuntut ilmu di universitas terbaik bukan hanya akan memberikan kebanggaan tersendiri, melainkan anda juga akan mendapatkan fasilitas yang lebih lengkap sehingga hal ini akan sangat menunjang di dalam mendapatkan berbagai macam ilmu sesuai dengan jurusan yang akan anda tekuni.

 

Baca: Para Alumni Membuat Penjaga sekolah yang Lumpuh Ini kembali kuat!

1. Universitas Indonesia, Peringkat 54 Se Asia

Siapa yang tidak mengenal Universitas Indonesia? Perguruan Tinggi yang terletak di Depok ini sampai saat ini masih bertengger di urutan pertama. Universitas Indonesia atau yang biasanya disingkat menjadi UI ini memang memiliki banyak segudang prestasi dan fasilitas yang menjadikannya sebagai salah satu universitas terbesar dan terbaik.

Berdasarkan peringkat baru yang dirilis, Universitas Indonesia juga mendapatkan peringkat 57 se – Asia yang mana sebelumnya bertengger di peringkat 57. Hal ini tentu menjadi sebuah peningkatan dan menegaskan bahwasanya Universitas Indonesia memang tidak perlu diragukan lagi kualitasnya. Banyak lulusan dari Universitas Indonesia yang telah bekerja di berbagai perusahaan. Bahkan, Guru Besar yang berasal dari Universitas Indonesia pun sering dimintai pendapat dan diundang ke berbagai acara yang ada di televisi.

2. Institut Teknologi Bandung, Peringkat 54

Institut Teknologi Bandung, Peringkat 54
Institut Teknologi Bandung, Peringkat 54

Peringkat kedua diduduki oleh Institut Teknologi Bandung atau yang biasanya disingkat menjadi ITB. Institut Teknologi Bandung bisa dikatakan sebagai universitas teknik terbaik yang ada di Indonesia saat ini karena sudah banyak menciptakan berbagai kreasi atau karya baru yang sangat bermanfaat untuk kemajuan teknologi dan permesinan yang ada di Indonesia.

Adapun jika kita membahas peringkat Institut Teknologi Bandung di Asia, ITB menduduku peringkat 73 di Asia yang sebelumnya mendapatkan peringkat 65. Meskipun terkesan bahwasanya Institut Teknologi Bandung turun 8 peringkat, namun hal ini sama sekali bukan pengaruh yang besar karena masih menjadikan Institut Teknologi Bandung sebagai universitas terbaik kedua se Indonesia.

Hal inilah yang membuat Institut Teknologi Bandung setiap tahun selalu kebanjiran calon mahasiswa yang ingin menjadi bagian di ITB, khususnya mereka yang baru lulus dari SMK karena mereka ingin memperdalam ilmu dan keahliannya di Institut Teknologi Bandung berdasarkan jurusan yang mereka ambil ketika di SMK.

3. Universitas Gajah Mada, Peringkat 74

Universitas Gajah Mada, Peringkat 74
Universitas Gajah Mada, Peringkat 74

Universitas terbaik se Indonesia yang menduduku posisi ketiga adalah Universitas Gajah Mada. Universitas yang berlokasi di Yogyakarta ini memang juga menjadi salah satu universitas tujuan utama, bukan hanya oleh calon mahasiswa yang berasal dari Indonesia, namun juga banyak calon mahasiswa yang berasal dari luar negeri juga ingin menimba ilmu di sini.

Universitas Gajah Mada atau UGM mendapatkan peringkat 74 se Asia yang sebelumnya menduduki peringkat 85. Tentu hal ini merupakan sebuah peningkatkan yang sangat signifikan dan menegaskan bahwasanya Universitas Gajah Mada mampu bersaing dengan universitas lain yang ada di Asia, baik dari segi fasilitas dan juga kualitas setiap jurusan dan lulusannya.

Dan meskipun peringkat dari Universitas Gajah Mada berada satu peringkat dari ITB, namun terkadang hal ini masih mendapatkan banyak perdebatan. Ada yang mengatakan bahwasanya Universitas Gajah Mada lebih baik dari ITB, Namun tidak sedikit pula yang mengatakan bahwasanya Institut Teknologi Bandung lebih baik dari UGM.

Baca: Kocak! Meme Sekolah dan Kuliah Farmasi yang Susahnya Minta Ampun

4. Institut Pertanian Bogor

Universitas pertanian terbaik yang ada di Indonesia adalah Institut Pertanian Bogor. Universitas yang satu ini memang dari dulu selalu menjadi yang terbaik dan bahkan seolah-olah posisinya tidak bisa digeser oleh universitas pertanian yang lainnya. Adapun mengenai peringkat Institut Pertanian Bogor di Asia, ia menduduku peringkat 103 yang sebelumnya peringkat 147.

Hal ini juga sekaligus menjadi sebuah pertanda bahwasanya Institut Pertanian Bogor setiap tahunnya selalu berusaha keras memperbarui kualitas dan fasilitas yang ada di sana sehingga tidak heran jika kampus ini langsung naik secara signifikan dengan melesat sebanyak 44 peringkat.

5. Universitas Airlangga

Universitas ini adalah universitas kelima terbaik dan menjadi peringkat pertama universitas terbaik se Jawa Timur. Dan jika melihat peringkatnya di Asia, maka Universitas Airlangga menempati peringkat 199 yang pada tahun lau ia berperingkat 171. Banyak lulusan dari Universitas Airlangga yang membanggakan nama universitas tersebut.

Baca juga: Sekolah Gratis dapat Beasiswa dari Universitas di Jepang

Itulah daftar universitas terbaik di Indonesia. Di bawah ini masih ada daftar universitas lainnya berdasarkan peringkat, yaitu:

  • Universitas Padjajaran
  • Institut Teknologi 10 November
  • Universitas Diponegoro
  • Universitas Brawijaya
  • Universitas Hasanuddin
  • Universitas Sebelas Maret
  • Universitas Katolik Atmajaya
  • Universitas Katolik Parahyangan
  • Universitas Pelita Harapan
  • Universitas Telkom