6 Manfaat Telur Asin Untuk Anak, Orang Dewasa, Dan Bahkan Ibu Hamil

378
Manfaat Telur Asin
Manfaat Telur Asin

Bidhuan.id – Apa anda tahu apa saja manfaat telur asin? Semua orang sudah tentu tahu yang namanya telur asin. Telur asin adalah salah satu makanan tradisional yang mungkin banyak bisa anda temukan di Indonesia. Telur asin adalah telur bebek yang sebelumnya sudah mengalami pembusukan. Proses pembusukan yang dilakukan adalah dengan memanfaatkan bata merah dan karena itulah rasanya asin.

Selain menjadi makanan favorit masyarakat Indonesia, ternyata ada banyak manfaat telur asin yang bisa anda peroleh ketika anda mengkonsumsinya secara rutin. Namun sebelum kami menjelaskan lebih lanjut perihal manfaat tersebut, kami ingin mengajak anda untuk mempelajari informasi yang berhubungan dengan susu Bear Brand untuk ibu hamil dan menyusui.

Cara Membuat Telur Asin

Berikut ini kami akan memberikan penjelasan kepada anda mengenai bagaimana cara atau langkah-langkah yang harus anda lakukan sebelum nanti kami akan menjelaskan tentang manfaat yang terkandung di dalam telur asin.

  • Anda harus menyiapkan beberapa telur bebek dengan kualitas terbaik dan sudah anda cuci bersih
  • Anda harus menyiapkan abu gosok dan juga bata merah yang sebelumnya sudah anda hancurkan sampai menjadi bubuk
  • Siapkan garam dapur kurang lebih setengah kilogram dan juga air secukupnya
  • Anda harus mencampurkan abu gosok dan juga bata merah dan juga masukkan garam ke dalam air sampai nanti menjadi pasta
  • Bungkus satu per satu telur bebek tersebut dengan campuran abu gosok,garam, dan juga batu bata yang sudah anda masukkan.
  • Simpan di tempat penyimpanan antara 15 sampai 20 hari. Bersihkan telur dan anda bisa langsung menyantapnya.

1. Manfaat telur asin untuk pertumbuhan sel baru

Manfaat pertama yang terkandung di dalam telur asin adalah ia sangat berguna untuk menumbuhkan sel baru. Hal ini dikarenakan telur asin mengandung kadar protein yang tinggi yang sebenarnya bukan hanya untuk pertumbuhan sel baru, melainkan juga sangat bermanfaat untuk memenuhi kebutuhan gizi anda sehari-hari.

Dengan mengkonsumsi telur asin, maka sel-sel tubuh anda yang sebelumnya telah rusak akan digantikan oleh sel-sel baru. Hal ini kemudian akan memberikan pengaruh yang signifikan terhadap ketahanan dan kebugaran anda. Bahkan, sel-sel yang mati pada wajah anda pun akan tergantikan sehingga membuat wajah anda tampak lebih cerah seperti ketika anda menerapkan susu Bear Brand untuk masker.

2. Manfaat telur asin untuk meningkatkan fungsi sel darah merah

Jika anda membiasakan diri mengkonsumsi telur asin, maka fungsi sel darah merah anda akan semakin lama semakin baik. Selain itu, telur asin juga nantinya akan meningkatkan kadar atau jumlah sel darah merah sehingga mencegah anda dari terkena penyakit kurang darah.

Dengan kata lain, susu ini juga bisa menjadi salah satu obat yang mujarab dan secara alami mengatasi masalah kurang darah. Namun, anda juga tidak boleh mengkonsumsinya secara berlebihan karena mengkonsumsi makanan asin dalam kadar yang tinggi juga tidak dianjurkan.

3. Manfaat telur asin untuk kesehatan kulit

Manfaat telur asin untuk kesehatan kulit
Manfaat telur asin untuk kesehatan kulit

Seperti yang sudah kami jelaskan di poin pertama, bahwa mengkonsumsi telur asin dapat membuat anda tampak lebih awet muda yang mana kondisi ini karena kandungan yang ada pada telur asin akan melakukan proses regenerasi sel. Kandungan vitamin E yang cukup tinggi itulah yang berperan membuat kulit anda menjadi lebih halus, bersih, dan juga lebih cerah.

Dan juga, mengkonsumsi telur asin juga akan menghindarkan anda dari terkena beberapa masalah kulit yang terjadi seperti gatal, ruam kulit, jamur, kulit kasar, eksim, dan masalah kulit lainnya.

4. Manfaat telur asin untuk kesehatan tulang

Selain sebagai obat untuk kesehatan kulit, telur asin juga ternya mampu membantu menyehatkan tulang yang tentu saja bisa menghindarkan anda dari berbagai masalah tulang seperti encok, rematik, dan lain sebagainya. Kadungan kalisum dan fosfor yang cukup tinggi membuat telur asin menjadi incaran masyarakat yang memiliki masalah pada tulangnya.

Selain itu, telur asin juga sangat bermanfaat untuk membantu pertumbuhan tulang yang kemudian membuat tulang anda menjadi sehat. Manfaat lain yang terdapat pada telur asin yang masih berhubungan dengan menyehatkan tulang adalah ia dapat mencegah serta mengatasi masalah osteoporosis atau pengroposan pada tulang.

Baca juga: Manfaat Telur Asin, Proses Pembuatan, Kandungan Nutrisi dan Bahayanya

Bahkan, telur asin disarankan untuk dikonsumsi oleh anak-anak karena dapat membantunya di dalam pertumbuhan tulang serta menghindarkannya dari terkena penyakit yang berhubungan dengan tulang.

5. Manfaat telur asin kesehatan mata

Manfaat telur asin kesehatan mata
Manfaat telur asin kesehatan mata

Tentu tidak ada satu orang pun di dunia ini yang ingin mengalami gangguan pada mata. Mungkin banyak yang menyarankan mengkonsumsi wortel sebagai obat yang terbukti ampuh mengatasi masalah pada mata. Namun, ternyata telur asin pun juga memiliki manfaat yang sama.

Jadi, bagi anda yang tidak suka dengan wortel, maka anda bisa menjadikan telur asin sebagai salah satu obat yang ampuh untuk mengembalikan kesehatan mata anda. Kandungan vitamin A yang cukup tinggi menjadikan telur asin mampu menjaga dan mengembalikan kesehatan mata anda.

6. Manfaat telur asin untuk perkembangan otak

Kandungan omega 3 yang ada pada telur asin sangat bermanfaat untuk perkembangan otak anak. Maka dari itu, telur asin disarannkan untuk dikonsusmi oleh anak yang berusia minimal 3 tahun. Bahkan, ibu hamil juga disarankan mengkonsumsi telur asin karena dapat membantu tumbuh kembang otak anda ketika masih berada dalam kandungan.

Dan karena itulah, tidak ada larangan mengkonsumsi telur asin untuk ibu hamil asalkan masih dalam kadar yang wajar. Jika berlebihan, maka bisa membuat ibu hamil berpotensi menderita tekanan darah tinggi.