Wajib Dilihat! Video Dokumenter Cara Masjidil Haram Dibersihkan

0
4396
masjidil haram

Mungkin Netizen sempat bertanya-tanya dan juga merasa heran ketika mengunjungi Mekah dan Madinah untuk pelaksanaan haji atau umroh, banyak orang yang terpesona dengan keindahan dan keagungan Masjidil Haram atau Masjid Nabawi. Tak hanya indah, kedua masjid suci di Mekah dan Madinah itu juga sangat terjaga kebersihannya. Meski begitu, tak banyak orang yang berpikir mengenai siapa yang bertanggungjawab membuat masjid tersebut terlihat bersih. Merekalah para pekerja kebersihan di masjid Mekah dan Madinah, pahlawan yang seringkali dilupakan keberadaannya.

Wajib Dilihat! Video Dokumenter Cara Masjidil Haram Dibersihkan yang didapat dari media youtube berjudul “Universal film – And Sanctify My House – The Department of Cleaning and Furnishing” dengan durasi 11 menit.

Bertugas membersihkan dua masjid suci di Mekah dan Madinah tentunya adalah hal yang sangat penting. Karena itu, untuk menjaga agar kedua masjid tetap bersih dan nyaman untuk para jamaah, pemerintah Arab Saudi mempekerjakan 200 staf kebersihan di bawah komando langsung pemerintah, 2700 pekerja kebersihan, 260 petugas kontrol, dan 100 supervisor.

Mereka terbagi menjadi empat shift kerja yang membersihkan masjid di Mekah dan Madinah selama 24 jam. Mereka pun ‘dipersenjatai’ dengan teknologi yang canggih untuk melakukan pembersihan masjid-masjid suci ini. Pemerintah telah memberikan 40 kendaraan pembersih, 120 carrier, dan 60 mesin pencuci untuk mempermudah proses pembersihan masjid di Mekah dan Madinah.

Masalah kebersihan dipantau dengan serius setiap waktu. Berkumpulnya sekian banyak orang setiap hari di Masjidil Haram membuat rutinitas membersihkan masjid menjadi hal yang sangat penting untuk dilakukan dengan cara yang efektif. Karena itu juga dibutuhkan tenaga pembersih yang terlatih dan bisa melakukan pekerjaan den gan cepat serta efisien. Sebuah video dokumenter dibuat untuk menunjukkan bagaimana kinerja luar biasa yang dilakukan oleh para pahlawan kebersihan ini. Penasaran? Simak videonya di bawah ini

Beberapa keterangan diambil dari merdeka.com

 

BACA JUGA