6 Fungsi Tulang Pergelangan Kaki dan Penjelasannya

212

Bidhuan.id – Apa fungsi tulang pergelangan kaki? Kaki manusia merupakan salah satu anggota tubuh yang memiliki gerakan kompleks dan berperan dalam aktivitas harian. Kaki memudahkan manusia untuk berjalan, berlari, berdiri, berolahraga, dan sebagainya. Kaki juga membantu manusia menuju tempat yang diinginkan walaupun di zaman modern ini dibantu dengan peralatan transportasi. Olahraga Kardio keberadaan tulang pergelangan kaki juga sangat penting

Tahukah Anda, di balik kaki yang Anda miliki di dalamnya terdapat susunan tulang-tulang yang saling mengait dengan sempurna hingga bisa membuat Anda beridir tegap dan bergerak. Nah, kali ini kami jelaskan selengkapnya tentang tulang pergelangan kaki yang begitu besar jasanya untuk pergerakan dan aktivitas kaki kita.

Pengertian Tulang Pergelangan Kaki

Tulang pergelangan kaki adalah komponen tulang yang tersusun dari ujung tulang kering serta tulang betis dan tulang tumit. Tulang pergelangan kaki manusia berada di bagian bawah tubuh dan tersusun atas tulang tibia, tulang talus, dan tulang fibula.

Tulang pergelangan kaki juga memiliki berbagai otot dan sendi yang merupakan pengerak dari tulang kaki itu sendiri, jika terdapat penyakit atau kerusakan pada sendi dan otot, secara langsung akan berpengaruh pada kinerja dari tulang pergelangan kaki tersebut. Kejang Otot juga seringkali menyerang bagian pergelangan kaki karena aktivitas berat atau pun olahraga secara berlebihan.

Fungsi Tulang Pergelangan Kaki

Tiap tulang di tubuh manusia jelas memiliki fungsi masing-masing, termasuk tulang pergelangan kaki, inilah fungsinya secara lengkap yang bisa Anda buktikan dan rasakan sendiri dalam keseharian.

  1. Membuat gerakan naik turun

Anda bisa naik turun di jalan tanjakan atau saat melewati tangga karena memiliki tulang pergelangan kaki yang dibantu gerakannya oleh sendiri engsel. Keduanya saling menempel dan otomatis menjalankan tugasnya saat Anda berfikir untuk menggerakkan kaki naik dan turun karena telah diproses secara langsung atau mendapat perintah dari otak untuk bergerak.

  1. Memudahkan manusia melangkah

Tulang pergelangan kaki manusia memungkinkan manusia untuk melangkah baik dengan gerakan cepat maupun lambat seefisien mungkin. Gerakan melangkah tersebut juga berhubungan dengan tulang pada telapak kaki dimana telapak kaki yang berpijak langsung dengan tempat dimana Anda melangkah.

  1. Penghubung tulang tungkai dan telapak kaki

Di poin sebelumnya telah dijelaskan bahwa telapak kaki menjadi penopang gerakan Anda, tulang pergelangan kaki menghubungkan tulang tungkai dan telapak kaki sehingga kaki Anda bisa melangkah dan menapak dengan sempurna serta seimbang.

  1. Tempat melekat sendi

Di tulang pergelangan kaki, terdapat sendi-sendi untuk menggerakkan kaki, salah satunya adalah sendi putar dimana sendi tersebut berperan untuk menggerakkan telapak kaki agar dapat lebih fleksibel.

Cobalah Anda menggerakkan atau memutar telapak kaki ke arah kiri, kanan, atas, dan bawah. Anda tentu bisa melakukannya walaupun dalam sudut yang terbatas bukan? Hal itu bisa Anda lakukan karena adanya kerjasama tulang pergelangan kaki dengan sendi.

  1. Struktur penyeimbang tubuh

Pernahkah Anda membayangkan jika harus berdiri atau melangkah tanpa tulang pergelangan kaki? Beberapa orang yang mengalami kelainan kehilangan tulang pergelangan kaki karena cacat lahir atau kecelakaan mungkin bisa tetap berdiri dan berjalan pelan, namun hal itu tidak bisa dilakukan dengan seimbang seperti manusia yang memiliki tulang pergelangan kaki.

Hal ini karena tulang pergelangan kaki membuat tubuh manusia jadi seimbang saat berdiri, melangkah, atau berlari dimana kaki menjadi tumpuannya. Sebab itulah tulang pergelangan kaki juga memiliki perang yang besar sebagai penyeimbang tubuh.

  1. Menyangga berat badan

Pada tulang pergelangan kaki, terdapat tulang mata kaki yang dapat Anda raba dari luar, bentuknya bundar dan menonjol. Bagian tersebutlah yang memiliki fungsi menyangga berat badan serta melindungi sendi engsel serta sebagai poros penggerak otot kaki yang terhubung dengan otot betis.

  1. Membantu kerja tumit

Tumit di kaki adalah bagian terbesar dari tulang telapak kaki yang juga merupakan bagian dari keseluruhan tulang kaki manusia. Tumit ini dalam kerjanya dibantu oleh tulang pergelangan kaki sehingga bisa digerakkan oleh manusia. Tumit memiliki syaraf, otot, dan sendi yang terhubung dengan tulang pergelangan kaki sehingga manusia bisa berdiri, berjalan, atau berlari dengan seimbang.

Memaksimalkan Fungsi Tulang Pergelangan Kaki

Rawat tulang pergelangan kaki Anda dengan cara-cara di bawah ini agar fungsinya bisa Anda nikmati dengan maksimal.

  1. Rutin olahraga

Latihan olahraga terbukti bisa menguatkan tulang pergelangan kaki, hal ini sebab ulang pergelangan kaki menjadi tumpuan saat olahraga sehingga otot dan sendi yang bekerja di sekitarnya terlatih untuk aktif dan syarafnya tidak mudah rusak.

Tak heran jika orang yang rajin berolahraga akan tetap mampu berjalan atau melakukan aktivitas fisik lainnya hingga tua dibandingkan dengan orang yang jarang bergerak.

  1. Pola hidup sehat

Pola hidup sehat bermanfaat untuk seluruh tubuh manusia, tak terkecuali tulang pergelangan kaki. Dengan hidup sehat, tulang juga mendapatkan gizi yang mencukupi untuk menjalankan fungsinya, perbanyak makan makanan dengan kandungan kalsium dan biasakan berjemur di pagi saat mataharari masih teduh yaitu kurang dari jam 7 pagi agar Vitamin D yang dimiliki sinar matahari membantu Anda memiliki tulang yang sehat.

  1. Menghindari beban berlebih

Hindari berjalan berlebih atau berlari di luar kemampuan, saat Anda melakukan hal tersebut, otot dan syaraf di kaki aan ikut terasa pegal dan bisa beresiko cedera, sebab itu biasakan melakukan aktivitas sesuai porsinya dan tidak melupakan istirahat.

  1. Menjaga kebersihan

Kebersihan berhubungan dengan tulang pergelangan kaki, tidak hanya bagian luar tubuh seperti tulang saja. Jika tubuh dan kulit bersih, seluruh nutrisi yang masuk mudah dicerna karena tubuh merasa nyaman, begitu pun dengan tulang pergelangan kaki, akan terjaga fungsi dan kesehatannya serta jauh dari infeksi yang bisa menghambat fungsi dan perannya.

Jadi, jaga kesehatan tulang pergelangan kaki Anda dengan olahraga rutin dan pola hidup sehat, agar kaki bisa senantiasa menjalankan fungsinya dengan baik. Terima kasih.