Fungsi Tulang Hasta yang Penting Bagi Pergerakan Lengan

283

Bidhuan.id – Apa fungsi tulang hasta? Tubuh manusia bisa berdiri tegak dan mampu menjalankan berbagai fungsi salah satunya berkat adanya tulang. Semua tulang di tubuh manusia tersusun rapi  dan bekerjasama agar manusia bias melakukan segala bentuk gerakan dan menopang tubuh dengan sempurna. Kali ini artikel membahas secara khusus tentang fungsi tulang hasta.

Apa tulang hasta itu dan bagaimana fungsi serta perannya untuk tubuh manusia? Yuk simak selengkapnya sebagai wawasan tambahan untuk Anda.

Pengertian Tulang Hasta

Tulang hasta atau juga disebut tulang ulna merupakan tulang manusia yang berada di lengan. Tulang hasta menyimpan mineral dan mampu menghasilkan sel darah merah di sum-sum tulang. Letak tulang hasta persisnya di area yang searah dengan sisi jari kelingking, pertengahan lengan bawah, dekat dengan siku, dan sejajar dengan tulang pengumpil.

Tulang hasta berbentuk seperti pipa yang memiliki batang di kedua ujungnya. B                entuknya ini tersusun dari tiga bagian yaitu ujung atas, batang, dan ujung bawah. Tulang hasta bisa Anda raba keberadannya dari luar, yaitu dengan meraba lengan bawah Anda.

Fungsi Tulang Hasta

Sebagimana kita ketahui bahwa tiap tulang di tubuh manusia memiliki peran penting untuk membentuk sebuah gerakan, begitupun tulang hasta. Berikut fungsi tulang hasta bagi manusia.

  1. Penunjang kerangka tangan manusia

Tangan manusia terbentuk dari lengan atas dan lengan bawah, tulang hasta berfungsi dalam membentuk kerangka tangan manusia bagian bawah dimana tangan bawah juga berperan besar dalam aktivitas sehari-hari dan terhubung langsung dengan telapak tangan.

Adanya tulang hasta membuat manusia bisa melakukan aktivitas harian dengan mudah seperti membawa tas di lengan, berolahraga, memasak, menulis, dan sebagainya. Sebab itu jika terjadi kram atau masalah kesehatan tulang hasta, gerakan tangan pun juga menjadi terganggu.

  1. Membuat pergelangan tangan mampu memutar

Ketika Anda menggerakkan pergelangan tangan, perhatikan bahwa pergelangan tangan tidak mungkin bergerak sendiri, gerakannya selalu bersamaan dengan lengan bawah dimana tulang hasta berada, hal itu terjadi karena memang tulang hasta lah yang membuat pergelangan tangan manusia mampu bergerak memutar walaupun dengan gerakan yang terbatas.

  1. Membentuk tulang lengan bagian bawah

Lengan bagian bawah bisa kokoh dan mampu menahan beban karena di dalamnya ada tulang hasta. Jika Anda meraba lengan bawah Anda, akan terasa bentuk tulang yang memanjang sebagai kerangka dari lengan, itulah tulang hasta yang membentuk lengan bagian bawah Anda dan membantu segala geraknya.

  1. Membantu gerakan lengan bawah

Gerakkan lengan bawah Anda ke atas, bawah, dan putar ke kiri dan kanan. Tentunya Anda bisa melakukannya, tanpa tulang hasta, lengan bawah tidak akan bisa bergerak sebab tak memiliki kerangka inti. Tulang hasta lah yang membuat Anda bisa menggerakkan lengan bawah dan membawa beban atau aktivitas lainnya.

  1. Menyimpan mineral dan membuat sel darah

Mineral dalam tubuh disimpan di tulang, tulang hasta juga memiliki peran tersebut bersama dengan tulang lainnya di seluruh tubuh. Mineral yang disimpan akan dikeluarkan saat dibutuhkan dengan kerja dari otak sehingga membantu mineral tersimpan sebagai bekal untuk aktivitas sehari-hari.

Selain itu, tulang hasta yang di dalamnya terdapat sum-sum tulang, juga membuat sel darah merah disana, sel darah merah berperan untuk mengedarkan oksigen ke seluruh tubuh sehingga tulang hasta juga berperan sebagai tempat pembuatan oksigen tersebut untuk membantu keberlangsungan hidup manusia.

  1. Tempat melekat otot

Bagaimana lengan Anda bisa bergerak? Jawabannya adalah pada tulang dan otot yang bekerjasama untuk membuat gerakan. Tulang sebagai penopangnya dan otot sebagai pelenturnya. Tulang hasta berfungsi sebagai tempat melekatnya otot-otot tangan yang memungkinkan tangan mampu melakukan segala aktivitas dan membawa beban.

  1. Area penarikan otot

Saat Anda berolahraga dengan mengangkat beban memakai lengan, salah satu bagian yang terasa adalah di lengan bawah, hal itu karena adanya tulang hasta yang otot-ototnya melakukan gerakan menarik saat mengangkat beban, sehingga saat tangan Anda terasa pegal, akan sangat menyenangkan ketika lengan bawah dipijat karena otot-otot yang telah ditarik bisa rileks kembali dan lelahnya hilang.

  1. Membuat sendi siku mampu fleksibel

Sendi siku berada diantara lengan atas dan lengan bawah, sendi siku menjadi tumpuan dan pembatasan gerakan tangan. Sendi siku bisa membantu tangan bergerak lebih fleksibel karena adanya tulang hasta dimana sendi siku terhubung dengan otot-otot di tulang hasta dan bersatu membuat tangan manusia mudah melakukan berbagai gerakan.

  1. Salah satu inti lengan

Jika tulang hasta mengalami keretakan atau terkena penyakit, maka tidak hanya lengan bawah saja yang akan terasa sakit, jari-jari pun akan merasakannya, hal ini karena ada banyak otot-otot yang tak mampu bekerja saat tulang hasta retak dimana tulang hasta menjadi salah satu inti dari penggerak lengan, sehingga tulang hasta sangat berpengaruh pada gerakan lengan secara keseluruhan.

  1. Penyeimbang

Tulang hasta juga memiliki fungsi sebagai penyeimbang lengan, tangan, dan jari manusia. Tulang hasta mampu mengendalikan gerakan jari dan lengan, saat Anda membuat gerakan dengan jari seperti membuka atau menutup, hal itu merupakan gerakan yang dikontrol oleh tulang hasta.

Itulah fungsi tulang hasta secara lengkap, jika dalam tubuh manusia tidak ada atau terjadi kelainan tulang hasta, maka tangan akan mengalami kelumpuhan dan tidak bisa bergerak. Tangan akan cenderung mengecil dan terlihat lemas sehingga tidak akan mampu melakukan aktivitas dengan lancer sebagaimana manusia normal.

Sebab itu jaga kesehatan tulang hasta Anda dengan rutin olahraga, tidak mengangkat beban berlebihan dengan tangan, dan rutin makan makanan yang bergizi. Dengan memiliki tulang hasta yang sehat, Anda akan bebas melakukan gerakan tangan dan bisa aktif dalam segala hal. Semoga bermanfaat untuk menambah wawasan Anda. Terima kasih.