3 Cara Melihat Password WiFi Di Komputer Windows 10

247
cara melihat password Wi-Fi di komputer windows 10

Bidhuan.id – Apakah Anda tahu bagaimana cara melihat password WiFi di komputer windows 10? Kebutuhan manusia akan WiFi atau internet memang sudah tidak bisa dihindarkan lagi. Semua orang di dunia ini mengakses internet setiap hari untuk mendapatkan berbagai macam informasi yang berkaitan dengan pekerjaan, asmara, pendidikan, dan lain sebagainya. Dengan adanya WiFi, maka akses internet akan lebih mudah karena Anda tinggal memasukkan password WiFi-nya saja.

Namun bagaimana jika ternyata Anda lupa passwrod WiFi tersebut? Maka untuk bisa terkoneksi dengan WiFi tersebut akan sulit dan bahkan mustahil, keculi jika Anda paham mengenai bagaimana cara melihat password WiFi di komputer Windows 10. Alasan kami menggunakan Windows 10 adalah karena sistem operasi yang satu ini merupakan OS terbaru dan masih belum ada versi terbaru sampai saat ini.

Baca: Mari Kita Ngakak Simak Nama WIFI Gratisan Yang Lucu dan Unik

Melihat Password WiFi di Komputer Windows 10

Untuk bisa mengetahui password WiFi yang ada di komputer atau laptop yang menggunakan Windows 10 memang merupakan hal yang tidak sulit. Anda bisa melakukannya dengan tangan Anda sendiri dan tanpa memerlukan bantuan siapapun asalkan Anda paham apa saja langkah-langkah yang harus Anda lakukan untuk mengetahui password WiFi tersebut.

Selain itu, cara ini biasanya juga berlaku atau bisa diterapkan di sistem operasi Windows yang lainnya, seperti Windows 8 atau 7. Meskipun tidak menutup kemungkinan bahwa ada beberapa langkah yang tidak sama karena mungkin perbedaan namanya saja.

Bagi Anda yang ingin tahu langkah-langkah untuk bisa mengetahui password pada komputer maupun laptop yang menggunakan Windows 10, maka silahkan Anda simak penjelasan kami di bawah ini.

1. Cara melihat password WiFi di komputer Windows 10 dengan mudah

cara melihat password Wi-Fi di komputer windows 10

Seperti yang sudah kami jelaskan bahwa untuk bisa mengetahui password yang terdapat pada perangkat dengan sistem operasi Windows 10 tidaklah sulit. Berikut ini akan kami berikan penjelasan mengenai langkah-langkah yang harus Anda lakukan.

  • Pertama, Anda geser kursor atau pointer sampai menuju ke ikon WiFi yang posisinya berad adi pojok kanan bawah. Kemudian Anda tinggal klik kanan dan pilhlah Open Network and Sharing Center.
  • Setelah itu, Anda tinggal menentukan mana koneksi WiFi yang password-nya ingin Anda ketahui. Setelah Anda klik, maka Anda akan dibawa masuk ke tempilan WiFi Status.
  • Selanjutnya, Anda harus mengklik Wireless Properties dan pilihlah tab Security.
  • Jika Anda ingin mengetahui seperti apa password dari WiFi tersebut, maka Anda harus menceklis Show Characters, nanti password WiFi akan secara otomatis bisa Anda ketahui.

Bagaimana caranya? Tentu sangat mudah dan bisa dicoba oleh siapa saja karena memang tidak membutuhkan suatu penjelasan yang detail dan ribet. Anda yang tidak berpengalaman dengan dunia IT pun akan tetap mudah melakukan cara-cara di atas.

Baca juga: Indovision Anywhere : Cara Install Aplikasi dan Gunakan Dimana dan Kapan Saja

2. Cara melihat password WiFi di Windows 10 dengan CMD

cara melihat password WiFi di komputer windows 10

Selain menggunakan cara-cara di atas, Anda juga bisa menggunakan cara yang lainnya yakni dengan memanfaatkan command prompt atau yang biasanya disingkat menjadi CMD. Memang tidak bisa dipungkiri bahwa banyak manfaat yang bisa didapatkan melalui CMD, salah satunya untuk melihat password Wi-Fi Windows 10.

Bukan hanya Windows 10 saja, versi sebelumnya pun juga bisa menggunakan CMD ini untuk mengetahui password Wi-Fi. Berikut ini akan kami jelaskan langkah-langkah yang harus Anda lakukan.

  • Pertama, Anda harus masuk ke menu CMD. Anda tinggal mengetikkan di menu pencarian Windows. Setelah ketemu, jangan langsung klik tapi kami menyarankan Anda membukanya dengan mengklik kanan terlebih dahulu dan pilihlah Run as Administrator.
  • Kemudian Anda harus memasukkan perintah yaitu netsh wlan show profiles. Jika sudah dan sesuai dengan kata tersebut, maka Anda tinggal menekan Enter.
  • Jika berhasil, Anda akan mendapatkan beberapa SSID yang berisi tentang apa saja nama Wi-Fi yang sudah terhubung ke komputer maupun laptop Anda tersebut.
  • Bagi Anda yang ingin mengatahui password dari Wi-Fi, maka pilihlah netsh wlan show profile name “nama SSID”. Kemudian baru Anda tekan Enter. Dari sini seharusnya Anda sudah bisa mengetahui password Wi-Fi yang sebelumnya sudah Anda ketikkan SSID-nya.
  • Jika masih bingung, maka carilah tulisan Security Settings dan nanti pada Key Content Anda bisa melihat sendiri password Wi-Fi tersebut.

Sudah tentu cara ini merupakan cara yang tak kalah mudah. Meskipun begitu, dibutuhkan ketelitian agar supaya Anda tidak sampa salah mengetikkan perintahnya karena tidak sedikit kasus yang mana mereka salah mengetikkan perintah sehingga tidak bisa menggunakan cara kedua ini.

Baca: Mini Ipad 32 Gb Wifi hanya Seratus Rupiah di Jepang

3. Cara melihat password WiFi tanpa aplikasi

Cara ketiga juga tidak kalah mudah yang sebenarya hampir sama dengan cara yang pertama. Hanya saja, Ada beberapa perbedaan langkah yang harus Anda lakukan. Di bawah ini langkah-langkah yang harus Anda ikuti untuk mendapatkan password Wi-Fi.

  • Pertama, Anda klik ikon Wi-Fi dan kemudian Anda klik kanan lalu pilih Open Network and Internet Settings.
  • Kedua, Anda sudah berada di jendela pengaturan Internet. Pilih Network and Sharing Centre.
  • Ketiga, Anda tinggal mengklik Wi-Fi yang tekoneksi ke perangkat Anda dan kemudian piihlah Wireless Properties. Nanti Anda sudah bisa mendapatkan password Wi-Fi seperti yang Anda inginkan.

Demikian informasi mengenai bagaimana cara melihat password WiFi di komputer Windows 10. Semoga informasi ini bermanfaat dan bisa membantu Anda menyelesaikan masalah yang Anda alami saat ini.