3 Cara Mengubah Ukuran Foto Menjadi 100kb Tidak Ribet

181
cara mengubah ukuran foto menjadi 100kb

Bidhuan.id – Bagaimana cara mengubah ukuran foto menjadi 100kb? Terkadang foto yang kita miliki ukurannya masih harus diubah. Ada banyak alasan mengapa kita harus mengubah ukuran foto tersebut. Salah satu alasan yang paling sering ditemukan adalah untuk keperluan melamar pekerjaan.

Melamar pekerjaan secara online memang biasanya menuntut pelamar mengirimkan foto sesuai dengan ukuran file yang diminta. Biasanya ukuran file tersebut diminta karena memang sistem hanya mendeteksi ukuran file sesuai dengan yang ditentukan. Maka dari itu, Anda perlu tahu bagaimana cara mengubah ukuran foto menjadi 100kb karena ukuran 100kb merupakan ukuran standart yang biasanya diminta instansi tempat Anda melamar.

Cara Mengubah Ukuran Foto Menjadi 100KB

Berikut ini akan kami berikan penjelasan kepada Anda mengenai bagaimana cara mengubah ukuran foto menjadi 100kb baik dengan menggunakan aplikasi atau tidak. Cara yang akan kami berikan kepada Anda merupakan cara yang mudah yang semua orang bisa melakukannya.

Anda bisa memilih salah satu dari beberapa cara yang kami berikan yang bisa Anda sesuaikan dengan kebutuhan Anda.

Baca: 3 Cara Mengubah Foto ke PDF Paling Simpel dan Mudah!

1. Cara mengecilkan ukuran foto menjadi 100kb dengan paint

cara mengubah ukuran foto menjadi 100kb

Siapa yang tidak mengenal Paint? Para pengguna sistem operasi Windows sudah tidak asing lagi dengan aplikasi yang satu ini. Aplikasi ini merupakan aplikasi edit foto dan membuat tulisan yang sudah disediakan oleh Windows. Pengguna Windows 7, 8, dan 10 sudah tentu pasti mengetahuinya.

Salah satu manfaat dari paint adalah untuk mengecilkan foto. Foto yang Anda miliki nanti bisa dikecilkan ukurannya hingga mencapai 100kb. Berikut ini langkah-langkah yang harus Anda lakukan untuk mengecilkan ukuran foto Anda menjadi 100kb.

  • Pertama, Anda harus membuka aplikasi paint. Anda bisa langsung mengetikkan nama aplikasi ini di search yang ada di ikon Windows. Anda tinggal mengklik aplikasi tersebut.
  • Kedua, jika Anda sudah berada di aplikasi paint maka langkah selanjutnya adalah dengan memasukkan foto yang ingin Anda kecilkan. Anda bisa mengklik File – Open. Anda juga bisa langsung menggunakan tombol kombinasi CTRL + O sehingga nanti Anda tinggal mencari foto tersebut. Jika sudah, tinggal Anda klik.
  • Ketiga, Setelah foto sudah berada di paint, maka saatnya untuk mengecilkan ukuran foto. Anda harus masuk ke resize and skew. Anda pindahkan ke tab pixels dan tinggal Anda kecilkan sesuai dengan yang diinginkan atau dalam hal ini 100kb.

Sekedar informasi bahwa jika Anda tidak mencentang tulisan maintain aspects ratio, Anda bisa dengan leluasa mengatur ukuran foto. Namun perlu diingat bahwa jangan langsung menurunkan piksel foto. Cobalah perlahan-lahan agar ukurannya tidak terlampau rendah. Ketika dibesarkan malah nanti gambar menjadi pecah.

2. Cara mengecilkan ukuran foto menjadi 100kb di Photoshop

Jika Anda ingin menggunakan sebuah aplikasi yang lebih ‘keren’ dan lebih banyak fitur yang ditawarkan, maka gunakanlah Photoshop. Photoshop memang merupakan sebuah aplikasi edit foto yang sudah banyak dikenal dan digunakan oleh mereka yang memang kesehariannya bekerja di dunia editing foto.

Bukan hanya mengecilkan foto, photoshop juga bisa Anda gunakan untuk berbagai keperluan edit foto yang lainnya yang mungkin menurut Anda merupakan hal yang mustahil. Di bawah ini langkah-langkah yang harus Anda lakukan untuk mengecilkan foto menjadi 100kb.

Baca juga: 6 Cara Ganti Background Foto Online Lengkap dengan Tutorialnya

  • Pertama, Anda buka photoshop yang ada di PC atau laptop Anda. Jika tidak punya, Anda harus mendownload dan menginstalnya terlebih dahulu.
  • Kedua, Anda harus memasukkan foto yang ingin Anda kecilkan. Disarankan untuk menempatkan foto Anda di folder baru yang mudah dicari.
  • Ketiga, Anda masuk ke menu image dan kemudian Anda pilih image size.
  • Keempat, di sini nanti Anda akan ditampilan menu image size yang mana Anda tinggal mengatur ukurannya sesuai dengan yang Anda inginkan. Anda tinggal mengatur pixel dimensions maupun document size sesuai dengan ukuran yang Anda butuhkan.

Sekedar tambahan, jika Anda tidak bisa mengatur ukuran foto tersebut maka Anda harus menghilangkan centang pada constrain proportions. Dengan begitu, nanti Anda bisa dengan leluasa mengatur ukuran foto menjadi 100kb atau sesuai dengan yang Anda inginkan.

Jangan lupa untuk melakukan pengaturan pada kualitas foto maupun juga ukuran file agar hasilnya bisa semakin memuaskan. Jika sudah selesai, maka tinggal Anda klik Save.

Baca juga: 6 Komponen Penting yang Harus Diperhatikan Saat Memutuskan untuk Membuka Usaha Fotocopy

3. Cara mengecilkan foto menjadi 100kb tanpa aplikasi 

cara mengubah ukuran foto menjadi 100kb

Seperti yang sudah kami jelaskan bahwa Anda juga bisa mengecilkan ukuran foto hingga mencapai 100kb tanpa harus membutuhkan aplikasi. Cara yang akan kami jelaskan ini membutuhkan koneksi internet. Artinya, untuk bisa mengecilkan foto hingga mencapai ukuran yang Anda inginkan harus dilakukan secara online.

Berikut ini langkah-langkah yang harus Anda lakukan untuk bisa mengecilkan foto menjadi 100kb atau sesuai dengan keinginan Anda.

  • Pertama, Anda buka browser dan kemudian masuk ke IMGOnline.com.ua. Kemudian Anda klik try it.
  • Kedua, Anda harus mengupload foto yang ingin Anda upload. Setelah itu klik ok.
  • Ketiga, Anda tentukan ukuran fot yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Karena ini harus 100kb maka harus menyesuaikan ukuran fotonya agar supaya bisa sampai 100kb.
  • Setelah itu Anda seharusnya sudah mendapatkan foto dengan ukuran yang seperti Anda butuhkan.

Demikian informasi mengenai cara mengubah ukuran foto menjadi 100kb. Semoga bermanfaat untuk membantu Anda yang kesulitan mendapatkan ukuran foto yang diinginkan.