3 Cara Memperbesar Ukuran File PDF Secara Online dan Offline

92
cara memperbesar ukuran file pdf

Bidhuan.id – Bagaimana cara memperbesar ukuran file pdf? Biasanya ketika membuat file yang berformat pdf, maka kita akan mendapatkan ukuran file yang standar. Namun ada beberapa orang yang ingin memperoleh file pdf dengan ukuran yang besar karena mungkin ingin memperoleh kualitas yang lebih baik.

Cara memperbesar ukuran file pdf bukan berarti selalu berkaitan dengan ukurannya, melainkan juga bisa berkaitan dengan resolusinya. File yang memiliki resolusi yang bagus, maka kualitasnya juga akan bagus. Misalnya gambar, ketika gambar tersebut memiliki resolusi yang tinggi maka gambar tersebut akan semakin bagus dan detail serta tidak pecah ketika diperbesar.

Cara Memperbesar Ukuran File PDF

Sekedar informasi bahwa file pdf adalah salah satu dari sekian banyak format file yang ada di laptop, PC, maupun smartphone. Setiap file memang bisa dibedakan dengan melihat format atau ekstensi dari file tersebut. Khusus untuk pdf, file ini bisa berupa dokumen maupun juga gambar.

Memperbesar ukuran file pdf sebenarnya tidaklah sulit. Anda bisa memperbesar ukurannya secara offline maupun juga online. Bagi Anda yang ingin tahu tentang bagaimana cara memperbesar ukuran file pdf tersebut, maka silahkan Anda simak baik-baik informasi penting yang akan kami berikan di bawah ini.

Baca: 4 Cara Memperbesar Ukuran File PDF Online dan Offline

Dengan memahami informasi ini maka bisa membantu Anda ketika mengalami masalah dimana file pdf Anda resolusinya kurang baik sehingga Anda perlu meningkatkan kualitas atau resolusinya.

1. Cara memperbesar ukuran file pdf secara online

cara memperbesar ukuran file pdf

Seperti yang sudah kami jelaskan bahwa sebenarnya Anda bisa memperbesar ukuran file yang berformat pdf secara online maupun offline. Kali ini kami akan menjelaskan bagaimana cara yang bisa Anda lakukan secara online untuk mendapatkan file pdf dengan kualitas yang lebih baik.

Ketika berbicara tentang online, maka hal pertama kali yang Anda butuhka adalah koneksi internet. Pastikan Anda terkoneksi dengan internet. Setelah itu, Anda harus masuk ke situs yang bernama pdfcandy.com. Situs ini memang merupakan situs yang menyediakan layanan perubahan ukuran file pdf secara online. Situs ini menawarkan berbagai macam fitur menarik yang bisa Anda manfaatkan, salah satunya adalah memperbesar ukuran file pdf.

Anda tidak perlu khawatir, padfcandy.com merupakan situs gratis sehingga Anda tidak akan dikenakan biaya apapun. Di bawah ini langkah-langkah yang bisa Anda lakukan untuk mengubah ukuran file pdf Anda.

  • Pertama, Anda harus masuk ke situs pdfcandy.com
  • Kedua, Anda coba cari tulisan add file. Jika sudah ketemu, Anda tinggal klik dan langsung tentukan file mana yang ingin Anda ubah ukurannya. Jika sudah, Anda bisa mengklik Open atau bisa langsung double-click pada file pdf tersebut.
  • Ketiga, Anda harus memilih page size yang merupakan fitur atau menu untuk menentukan ukuran file pdf Anda. Anda bisa menentukan ukurannya sesuai dengan yang Anda mau.
  • Keempat, jika sudah menentukan ukurannya, maka langkah selanjutnya adalah Anda klik resize. Tunggulah proses tersebut beberapa detik karena situs akan mulai meng-convert file pdf Anda untuk bisa mencapai ukuran yang Anda inginkan.
  • Kelima, Anda tinggal mengunduhnya.

Baca: 3 Cara Mengubah Foto ke PDF Paling Simpel dan Mudah!

2. Cara memperbesar ukuran file pdf dengan pdfresizer.com

Sama dengan penjelasan sebelumnya, pdfresizer.com juga merupakan situs yang menawarkan perubahan ukuran file pdf apakah ingin Anda ubah menjadi lebih besar atau lebih keci. Situs ini juga bisa Anda akses secara gratis asalkan Anda memiliki koneksi internet.

Namun yang menjadi pembeda adalah pdfresizer.com lebih membesarkan Anda untuk menentukan ukuran file yang Anda inginkan. Jadi, Anda bisa memperoleh file dengna ukuran yang benar-benar sesuai dengan yang anda mau.

  • Pertama, Anda harus masuk ke situs pdfresizer.com yang bisa Anda ketika di aplikasi browser.
  • Kedua, jika Anda sudah masuk ke situs tersebut maka Anda tinggal menambahkan file yang ingin Anda ubah ukurannya.
  • Ketiga, jika sudah Anda tentukan maka klik Open atau Anda bisa melakukan double-click pada file pdf tersebut.
  • Keempat, Anda harus mengklik looks good, do the magic dan tunggulah sampai proses selesai. Hanya membutuhkan waktu beberapa detik jadi Anda tidak perlu khawatir menunggu terlalu alama.
  • Kelima, jika proses sudah selesai maka Anda bisa langsung mendownload file tersebut.

3. Cara mengganti ukuran file pdf secara offline

cara memperbesar ukuran file pdf

Cara ketiga yang juga bisa Anda lakukan adalah dengan menggunakan aplikasi bernama Nitro PDF. Aplikasi ini bisa anda akses secara offline untuk mengubah ukuran file sehingga Anda tidak perlu lagi terkoneksi dengan internet. Ada banyak fitur yang ditawarkan, salah satunya adalah meningkatkan ukuran dan kualitas file pdf Anda.

Baca juga: 5 Cara Memperkecil Ukuran File PDF Offline dengan Mudah

Berikut ini langkah-langkah yang harus Anda lakukan untuk mengubah ukuran file pdf Anda:

  • Anda buka aplikasi Nitro PDF kemudian Anda harus mengubah file pdf Anda menjadi gambar.
  • Kemudian Anda bisa menentukan ukuran gambar sesuai dengan keinginan dan kebutuhan Anda.
  • Anda harus mengubah hasil perubahan ukuran gambar tersebut untuk dijadikan pdf kembali.
  • Anda tinggal melihat apakah ukuran file sudah bertambah besar atau tidak.
  • Anda tinggal mengecek apakah perubahan ukuran file yang telah Anda lakukan berhasil atau tidak. Caranya adalah dengan mengubah ‘DPI atau Downsample’ lebih besar. Setelah itu Anda harus mengubah pengaturan pada percentage untuk diubahnya menjadi lebih besar.

Demikian penjelasan seputar cara memperbesar ukuran file pdf secara offline maupun online. Semoga bermanfaat.