5 Gejala Hamil Muda Yang Harus Anda Pahami

624
Gejala hamil muda yang ditandai dengan morning sickness
Gejala hamil muda yang ditandai dengan morning sickness

Bidhuan.id – Apakah anda tahu tentang apa saja gejala hamil muda? Kehamilan memang merupakan masa-masa yang ditunggu oleh pasangan yang baru menikah, terlebih lagi bagi mereka yang sudah mengidamkan keluarga baru yang akan membawa suasana baru. Seorang wanita yang ternyata mengetahui bahwa ia sedang mengandung, maka secara tidak langsung ia bisa dikatakan benar-benar menjadi ibu yang sejati.

Alasan kami menjelaskan tentang apa saja gejala hamil muda agar supaya anda lebih mudah mengidentifikasi jika sewaktu-waktu anda mengalami tanda-tanda tersebut. Meskipun begitu, tanda-tanda yang akan kami berikan di bawah ini tidak semuanya dialami oleh wanita karena bahkan ada beberapa wanita yang mengalami kondisi hormon seseorang yang tidak sama antara satu wanita dengan wanita yang lain.

Namun sebelum itu, kami ingin mengajak anda untuk memahami informasi yang sebelumnya telah kami jelaskan yaitu Manfaat Prenagen Esensis yang merupakan susu untuk ibu hamil.

Gejala Hamil Muda

Seperti yang sudah kami sampaikan di awal bahwasanya ada beberapa gejala hamil bisa diidentifikasi meskipun memang tidak banyak wanita yang mengalami gejala tersebut. Dengan memahami informasi yang kami berikan agar kemudian anda bisa mengetahui dan menyimpulkan sendiri apakah anda sedang hamil atau tidak.

Dengan begitu, anda tidak merasa kecawa ketika anda tahu bahwa tanda-tanda yang anda alami bukan merupakan tanda atau gejala hamil muda.

1. Gejala hamil muda yang ditandai dengan wanita tidak menstruasi

Gejala hamil muda yang ditandai dengan wanita tidak menstruasi
Gejala hamil muda yang ditandai dengan wanita tidak menstruasi

Setiap wanita akan mengalami apa yang disebut dengan menstruasi. Menstruasi akan dialami setiap bulan yang menandakan bahwasanya wanita tersebut merupakan wanita yang subur dan tidak mandul. Adapun mengenai durasi menstruasi terbilang bermacam-macam, namun secara umum memang berlangsung selama kurun waktu 26 sampai dengan 29 hari.

Jika wanita tidak mengalami menstruasi atau biasanya disebut telat menstruasi, maka kondisi ini bisa menjadi salah satu indikasi atau tanda bahwa wanita tersebut sedang hamil muda. Dan bagi anda yang ingin mengetahui apakah anda sedang hamil atau tidak, maka anda bisa menunggu sampai jangka waktu anda tidak mengalami menstruasi lebih dari 2 minggu atau bahkan 1 bulan.

Ketika tiba-tiba anda mengalami menstruasi, maka hal ini dikatakan sebagai telat menstruasi, namun jika ternyata anda tidak kunjung mengalami menstruasi, maka bisa dikatakan bahwa anda sedang mengalami tanda pertama bahwa anda sedang hamil.

2. Gejala hamil muda yang ditandai dengan puting yang sakit

Gejala hamil muda yang ditandai dengan puting yang sakit
Gejala hamil muda yang ditandai dengan puting yang sakit

Untuk tanda satu ini biasanya akan dialami oleh wanita yang sudah hamil dengan usia antara 2 sampai dengan 3 minggu. Perlu anda tahu bahwasanya puting yang sakit tersebut bukan dialami oleh kedua payudara, melainkan hanya akan dirasakan pada salah satu puting saja.

Rasa sakit yang akan dialami pada bagian puting tersebut meliputi nyeri, lebih sensitif, dan juga terkadang mengalami perih, bahkan ketika terkena air pada saat mandi. Kondisi ini disebabkan oleh sel telur yang sudah bertemu dengan sel sperma yang pada ujungnya akan mengalami pembuahan sehingga menyebabkan wanita tersebut hamil.

Salah satu cara yang harus anda lakukan agar puting anda tidak semakin terasa sakit adalah dengan memakai pakaian yang membuat anda nyaman serta pakaian tersebut harus dapat menyerap keringat.

3. Gejala hamil muda yang ditandai dengan perasaan seperti akan menstruasi

Gejala seorang wanita bisa dikatakan sedang hamil muda adalah ia akan mengalami perasaan seperti halnya ketika anda mengalami menstruasi atau datang bulan. Kondisi tersebut akan disertai dengan perut yang sakit, kepala pusing, dan mudah lelah, maupun kondisi lain seperti halnya ketika anda akan datang bulan.

Baca: 10 Makanan Pencegah Kehamilan Secara Alami Setelah Berhubungan

Dalam beberapa kondisi lainnya juga biasanya seseorang yang hamil wanita akan mengalami perasaan tidak nyaman pada perut bagian bawah. Meskipun memang sebenarnya janin tersebut masih belum memiliki bentuk, namun rahim sudah siap menerima rahim.

Maka dari itu, anda harus mulai mengira-ngira bahwasanya seseorang yang merasa seperti akan menstruasi bisa menjadi salah satu tanda seorang wanita bisa dikatakan sedang hamil muda.

4. Gejala hamil muda yang ditandai dengan morning sickness

Apakah anda tahu apa itu morning sickness? Morning sickness sendiri adalah sebuah kondisi yang dialami oleh setiap wanita yang merasa hamil, dimana ia akan mengalami mual dan juga muntah yang akan dialami oleh kebanyakan wanita yang sedang hamil pada tiga bulan pertama atau trisemester pertama.

Morning sickness bisa dikatakan sebagai kondsi yang sangat jelas dan menjadi kondisi yang lebih kuat yang mengindikasikan bahwa seorang wanita bisa dikatakan sedang hamil muda. Kondisi morning sickness ini akan dialami pada pagi hari meskipun memang beberapa wanita yang lainnya bisa mengalami masalah tersebut sepanjang hari.

Wanita yang mengalami morning sickness akan menyebabkan tubuhnya mudah lelah dan terkadang akan disertai dengan rasa pusing. Maka dari itu, biasanya ibu tersebut yang masih mengalami masalah morning sickness akan disarankan mengkonsusmi obat-obatan yang memang diperuntukkan untuk ibu hamil.

Baca juga: Promavit, Obat Ibu Hamil Dan Menyusui Untuk Perkembangan Janin

5. Gejala hamil muda yang ditandai dengan sering kram perut

Wanita yang memiliki gejala hamil muda juga bisa ditandai dengan seringnya ia menderita kram perut. Kram perut yang dialami tersebut biasanya seolah-olah seperti ada sesuatu yang tumbuh atau bergerak pada bagian perut.

Kondisi ini dikarenakan otot rahim yang sudah mulai menegang seiring dengan kehamilan yang semakin membesar. Semakin besar ukuran janin, maka kram perut yang dialami juga akan semakin sering.

Namun anda harus ingat bahwa jika kram tersebut semakin parah dan tidak kunjung reda, maka silahkan anda mengunjungi dokter.