Kalium Permanganat, Obat Pembersih Luka Terbaik

139
Kalium Permanganat, Obat Pembersih Luka Terbaik
Kalium Permanganat, Obat Pembersih Luka Terbaik

Bidhuan.id – Apa itu Kalium Permanganat? Kalium Permanganat merupakan senyawa kimia yang dimanfaatkan sebagai obat untuk membersihkan luka. Senyawa ini juga efektif dalam mengusir jamur dan juga bakteri yang bisa mengakibatkan terjadinya infeksi. Artinya, senyawa kimia yang satu ini berperan sebagai antiseptik.

Selain difungsikan sebagai antiseptik, Kalium Permanganat juga bisa digunakan untuk mengobati berbagai macam masalah yang menyerang kulit. Salah satunya adalah dermatitis. Dermatitis merupakan istilah umum dari sebuah peradangan yang menyerang kulit. Ciri utama seseorang menderita dermatitis adalah rasa gatal yang tidak tertahankan yang disertai dengan kulit kering.

Ciri lain dari penyakit ini yaitu kulit akan memerah, membengkak, bahkan sampai melepuh. Terdapat beberapa jenis dermatitis yang ada yang mana setiap tipe ini bisa anda temukan di kelompok tertentu, misalnya orang dewasa dan anak-anak. Seseorang yang menderita dermatitis harus segera diberikan pertolongan.

Dermatitis yang dibiarkan secara terus-menerus bisa mengakibatkan kondisi kulit semakin parah. Bahkan bisa mengakibatkan kulit mengeluarkan cairan putih atau kulit berkerak. Untuk itu, obat Kalium Permanganat mampu menjadi solusi untuk mengatasi dermatitis.

Baca: 6 Pilihan Salep Kortikosteroid untuk Mengatasi Gatal, Pembengkakan, Alergi hingga Iritasi

Seputar Kalium Permanganat

Seputar Kalium Permanganat
Seputar Kalium Permanganat

Kalium Permanganat adalah obat yang tergolong peroksidan. Maksudnya, obat ini mampu melepaskan oksigen melalui proses oksidasi pada saat terjadi sentuhan dengan zat organik. Sifat bakterisida yang terkandung di dalamnya juga ampuh membunuh bakteri sehingga bakteri tersebut tidak sampai berkembang dan menyebar.

Zat yang berbentuk kristal dengan warna keungunan ini terkadang dinamakan sebagai PK atau Permanganas Kalikus. Ketika sudah larut dalam air dinamakan larutan PK. Senyawa ini jika bersentuhan dengan senyawa organik akan mengeluarkan oksigen. Kelebihan kadar oksigen dalam proses oksidasi bisa membunuh beberapa jenis dari bakteri maupun jamur.

Karena fungsinya inilah Kalium Permanganat mampu digunakan sebagai obat untuk membersihkan luka. Dengan begitu, luka tersebut tidak sampai terinfeksi jamur maupun bakteri. Selain itu, obat ini juga memiliki sifat sebagai deodoran atau penghilang bau dan juga anstringen atau yang mengakibatkan pengerutan jaringan.

1. Manfaat PK

Seperti yang telah kami sebutkan bahwa PK digunakan sebagia obat luka cepat kering yang akan membersihkan luka agar tidak terinfeksi bakteri dan jamur. Obat ini juga terkadang dilarutkan dalam air untuk mandi dengan tujuan agar menghindarkan kulit luka dari infeksi. Beberapa manfaat lainnya dari senyawa ini diantaranya untuk mengatasi:

  • Pempigus
  • Kutu air atau jamur kaki
  • Impetigo
  • Pencucian di area perineum setelah melahirkan
  • Irigasi pada kandung kemih yang terkena infeksi
  • Membersihkan sekita anus setelah menjalani operasi ambeien

2. Dosis Kalium Permanganat

Dosis Kalium Permanganat
Dosis Kalium Permanganat

Bagaimana dengan dosis Kalium Permanganat? Untuk dosis obat ini tersedia dalam bentuk serbuk kristal dengan berat mencapai 5 gram. Nanti serbuk tersebut akan dilarutkan dalam air dengan perbandinga 1:10.000. Sementara itu, dosis lazim akan digunakan untuk mengobati luka luar serta air mandi.

  • Luka Luar
    • Untuk dosis yang diberikan sebagai pengobatan terhadap luka luar yaitu larutan 0,01%.
    • Kemudian dikompres pada luka sebanyak 2 sampai 3 kali setiap hari.
    • Larutan ini juga bisa dapat anda manfaatkan sebagai air rendaman kaki yang menderita masalah kutu air dengan merendamnya selama 8 jam sekali.
  • Air Mandi
    • Untuk keperluan air mandi, anda harus menggunakan 1 gram/5000 mL air atau kurang lebih 10 sampai 20 liter air.

Baca juga: Obat Infeksi Jamur Griseofulvin: Kegunaan, Dosis, Efek Samping dan Harga

3. Cara Penggunaan Obat

Informasi lain yang juga sangat penting untuk anda ketahui yaitu tentang bagaimana cara menggunakan obat Kalium Permanganat dengan benar. Menggunakan salah satu jenis obat luka ini dengan cara yang benar dan sesuai anjuran medis bisa membuat senyawa kimia ini dapat bekerja dengan baik dan membantu memberikan kesembuhan terhadap kondisi anda.

Untuk cara penggunaannya, silahkan anda simak informasi di bawah ini:

  • Anda harus membersihkan luka terlebih dahulu sebelum nanti anda menggunakan obat ini.
  • Jangan lupa untuk selalu mengikuti setiap instruksi yang tersedia pada obat tersebut maupun instruksi yang berasal dari dokter.
  • Hindari penggunaan obat ini pada area mata
  • Kalium Permanganat mampu mengakibatkan iritasi pada lapisan lendir.
  • Selalu gunakan setiap dosis dengan dosis lainnya dalam jarak yang dan juga jam yang sama. Contoh, jika anda menggunakannya sebanyak 3 kali dalam sehari. Maka gunakan obat ini pada setiap 8 jam. Maka dari itu, disarankan untuk menggunakannya di jam yang sama agar obat ini mampu memberikan hasil yang lebih baik.

4. Efek Samping

Jika ada dosis, maka ada informasi tentang efek samping. Apakah Kalium Permanganat juga bisa mengakibatkan efek samping? Tentu saja iya. Hanya saja, efek samping yang akan ditimbulkan tergantung pada area atau bagian kulit yang terpapar.

Jika obat ini masuk ke dalam saluran pernapasan, maka bisa mengakibatkan kondisi seperti batuk, oedema, sesak nafas, dan iritasi mukosa. Obat ini juga bisa mengakibatkan iritasi kulit jika kadar penggunaannya lebih kental atau lebih dari yang ditentukan.

Jika senyawa ini terkena area mata, efek samping yang ditimbulkan adalah kerusakan pada mata bahkan bisa mengakibatkan orang tersebut beresiko mengalami kebutaan. Oleh karean itu, sangat dianjurkan untuk menggunakan Kalium Permanganat sesuai dengan dosis dan cara penggunaan yang sudah diberikan kepada anda.

5. Perhatian

Beberapa hal penting yang harus anda perhatikan selama menggunakan senyawa kimia ini yaitu:

  • Hindari penggunaan untuk area mata
  • Selalu gunakan PK sesuai dengan dosis dan cara penggunaan yang telah diberikan.
  • Jangan menggunakan dalam jarak dosis yang berdekatan.
  • Jika anda mengalami alergi, maka anda harus segera menghentikannya. Jika kondisinya semakin parah, langsung hubungi dokter untuk mendapatkan penanganan segera.
  • Kalium Permanganat tidak disarankan digunakan pada luka yang dapat yang mana luka tersebut perlu ditutup dengan rapat.

Demikian informasi dari kami mengenai tentang Kalium Permanganat atau PK. Semoga bermanfaat.