7 Jenis Obat Luka yang Aman dan Efektif Untuk Digunakan

495
7 Jenis Obat Luka yang Aman dan Efektif Untuk Digunakan
7 Jenis Obat Luka yang Aman dan Efektif Untuk Digunakan

Bidhuan.id – Obat luka wajib anda gunakan saat anda sedang terluka, jangan sampai luka tersebut anda diamkan begitu saja. Luka ialah kondisi terbukanya permukaan kulit bagian luar akibat trauma seperti terbentur dan tergores hingga membuat kulit berdarah, kemerahan, dan membengkak. Luka harus segera ditangani untuk mencegah infeksi dan mencegah luka yang lebih dalam, jika tidak ditangani dengan cepat, luka dapat menyebabkan bahaya pada tubuh bagian dalam sebab memudahkan kuman dari luar masuk ke dalam tubuh.

Baca juga : 13 salep luka yang ampuh untuk hilangkan bekas luka dan harganya

Meskipun bukan seorang dokter atau pihak yang memahami langsung mengenai kesehatan, sebagai orang awam tentunya kita juga harus memiliki pengetahuan dasar tentang penanganan luka sebagai bentuk pertolongan pertama dan pencegahan bahaya.

Berikut beragam obat luka yang dapat dibeli dengan bebas di Apotek beserta cara penggunaan dan hal hal penting lainnya yang berhubungan agar kita tidak panik dan dapat mengambil tindakan dengan cepat ketika melihat atau menanangani orang yang luka di sekitar kita.

Obat Luka Rivanol

Obat Luka Rivanol
Obat Luka Rivanol

Rivanol ialah obat luka yang mudah ditemukan di apotek, Rivanol memiliki manfaat utama sebagai pembersih kulit di area luka sehingga kuman kuman mati, kulit tidak terinfeksi, dan sel sel penyembuh luka dapat muncul dan segera menutup luka. Rivanol merupakan bahan awal yang dibutuhkan untuk menangani luka sebelum diberikan betadine atau sebelum luka ditutup.

Obat Luka Betadine

Betadine merupakan produk obat luka yang terkenal dan digunakan hampir semua masyarakat untuk menangani luka. Betadine memiliki cara kerja mengeringkan luka sehingga luka lebih cepat menutup, cepat kering, dan cepat sembuh.

Obat Luka Betadine
Obat Luka Betadine

Betadine dapat digunakan dengan meneteskan langsung di kulit yang terluka setelah dibersihkan, Betadine mampu menghentikan perdarahan, mengurangi nyeri, dan mencegah infeksi sehingga tidak menyebabkan luka semakin parah.

Obat Luka Dexamethason dan Amoxilin

Ialah obat luka yang mengandung antibiotik dan bekerja dari dalam tubuh. Obat luka ini digunakan jika luka dalam kondisi sedang hingga berat dan dibutuhkan bantuan untuk mempercepat penutupan luka dan penyembuhan secara maksimal dimana luka sedang lebih sulit untuk menutup terlebih jika sering terkena goresan atau luka berada di bagian tubuh yang sering digerakkan.

Obat Luka Amoxillin
Obat Luka Amoxillin

Dexamethason dan Amoxilin tersedia dalam beragam sediaan mulai dari salep, cream, tablet, kapsul, hingga cair atau sirup untuk anak anak. Dexamethason dan Amoxilin dapat digunakan sesuai dosis yang tertera dan sesuai dengan umur, namun jauh lebih baik untuk konsultasi dengan apoteker atau dokter terlebih dahulu.

Dexamethason dan Amoxilin tidak boleh digunakan secara berlebihan sebab dapat menimbulkan reaksi alergi dan gangguan ginjal. Dexamethason dan Amoxilin hanya digunakan jika luka memang benar benar tidak dapat teratasi dengan pengobatan ringan seperti luka berdarah yang tak kunjung berhenti setelah diberi Rivanol dan Betadine atau terasa sangat nyeri.

Obat Luka Garamycin

Ialah obat luka yang dapat bekerja mengeringkan luka dengan cepat. Garamycin dapat digunakan 2 sd 4 kali sehari setelah luka dibersihkan. Garamycin dapat membuat luka terasa kaku selama proses penyembuhan karena sifatnya yang mengeringkan, kulit pada area luka akan terasa kering dan gatal namun sebaiknya hindari untuk menggaruk agar proses penyembuhan berjalan dengan maksimal.

Obat Luka Bioplacenton

Bioplacenton ialah salep obat luka yang bisa digunakan untuk berbagai jenis luka seperti luka berdarah, luka bakar, dan trauma luka lainnya. Bioplacenton mengandung Placenta extract 10% dan Neomycin sulfate 0,5%. Salep Bioplacenton memiliki warna yang bening dan terasa dingin ketika dioleskan di kulit.

Bioplacenton dapat dioleskan tipis tipis pada kulit yang terluka maksimall 6 kali sehari, sensasi dinginnya akan memberikan rasa nyaman di kulit, luka akan lebih cepat sembuh dan jauh dari infeksi karena kandungan di dalamnya memiliki efektifitas yang kuat untuk melemahkan bakteri penyebab luka dan meningkatkan pembentukan sel sel baru untuk mempercepat kesembuhan kulit.

Obat Luka Nebacetin

Nebacetin ialah salah satu salep obat luka yang dapat digunakan pada luka yang telanjur mengalami infeksi atau kurang dalam penanganan ketika terjadi pertama kali. Luka sebelumnya harus dibersihkan terlebih dahulu kemudian dioles dengan Nebacetin yang memiliki sediaan berupa salep.

Kandungan Aminoglikosida dan Bacitatin di dalamnya akan dengan cepat menyerang bakteri pada luka sehingga infeksi terhenti. Nebacetin dapat dioleskan tipis tipis sebanyak 2 sd 3 kali sehari hingga luka mengering. Jika terjadi reaksi gatal dan kaku pada kulit merupakan kondisi yang wajar sebab kandungan obat Nebacetin sedang bereaksi untuk membunuh bakteri penyebab infeksi.

Obat Luka Gentamicin

Merupakan salep obat luka yang memiliki kandungan antibiotik di dalamnya, tepat digunakan untuk luka berdarah seperti luka lecet atau yang lebih dalam. Gentamicin dapat mencegah peradangan pada luka sehingga mengurangi nyeri dan kemerahan. Gentamicin tidak menimbulkan rasa perih atau kulit kaku.

Gentamicin dapat digunakan pada luka di semua umur mulai dari anak anak hingga dewasa dengan dioles tipis tipis selama 3 d 4 kali sehari hingga sembuh. Perlu diimbangi dengan menjaga kebersihan area luka agar infeksi tidak meluas.

Menyembuhkan luka dengan obat luka yang tepat baik itu dalam bentuk obat luka cair, salep, atauun oral memang penting untuk mencegah luka menjadi parah dan mencegah infeksi. Anda dapat menyediakan obat luka tersebut di rumah untuk mengantisipasi jika terjadi luka pada orang orang di sekitar Anda.

Tentunya gunakan dengan bijak sesuai aturan pakai dan hindari terlalu sering menyentuh, memencet, atau menggaruk area luka agar obat luka dapat bekerja dengan maksimal dan luka tidak terkena paparan kuman akibat sentuhan.

Baca juga : obat keloid keloplast plester penghilang bekas luka lengkap dengan harganya