5 Contoh Cover Letter Bahasa Indonesia dan Inggris Terbaik

704
contoh cover letter bahasa indonesia
contoh cover letter bahasa indonesia

Bidhuan.id – Apa anda pernah membuat contoh cover letter bahasa indonesia? Bagi orang yang sering menerima atau pernah mengirim lamaran pekerjaan pasti sudah tidak asing dengan istilah ini. Cover letter merupakan salah satu hal yang akan diperhatikan oleh perusahaan maupun instansi tempat anda melemar pekerjaan. Dari sini mereka tahu seperti apa kualitas yang anda miliki. Selain itu, melalui cover letter inilah perusahaan bisa memberikan keputusan apakah akan merekrtut anda atau tidak.

Ketika anda hendak membuat contoh cover letter bahasa Indonesia maupun bahasa Inggris, ada beberapa hal yang perlu anda perhatikan. Artinya, penulisan cover letter memang tidak bisa sembarangan karena harus selalu memperhatikan aturan atau ketentuan yang memang sudah ditetapkan ketika hendak membuat cover letter.

Baca: Perhatikan ! Inilah 5 Tips dan Contoh Motivation Letter

Apa itu Cover Letter?

Jika diterjemahkan ke bahasa Indonesia, cover letter berarti “surat pengantar”. Dikarenakan sebagai surat pengantar, maka kegunaan dari surat ini adalah untuk memperkuat surat lamaran atau cv yang anda kirimkan ke perusahaan. Adapun isi dari cover letter ini biasanya berupa salam pembuka. Jadi, lebih baik ketika anda hendak melamar pekerjaan agar supaya menyertakan cover letter.

Memang cover letter tidak bersifat wajib karena tidak sedikit juga orang yang mengirim lamaran pekerjaan tanpa menyertakan surat ini. Akan tetapi, akan lebih baik dan mungkin juga bisa menjadi salah satu pertimbangan perusahaan untuk menerima anda sebagai bagian dari perusahaan tersebut jika melampirkan cover letter.

Namun sebenarnya cover letter akan lebih berguna bag yang melamar pekerjaan melalui email. Biasanya bagian inilah yang akan dituliskan pada isi email. Ketika seseorang membuka email kita, maka orang tersebut akan langsung terbayang dan memiliki gambaran tentang siapa anda dan seperti apa kualitas yang anda miliki. Mengapa? Karena pada bagian cover letter akan memberikan penjelasan secara singkat tentang background atau latar belakang anda.

Memang perusahaan tidak memberikan aturan atau persyaratan secara khusus agar pelamar menyertakan cover letter. Akan tetapi, sebenarnya perusahaan juga akan lebih memperhatikan ketika seseorang juga menyertakan cover letter dalam surat lamarannya tersebut. Maka dari itu, untuk semakin meningkatkan peluang anda diterima, kami sarankan agar anda menyertakan bagian ini.

Baca juga: Ini Penjelasan Undangan Aneh yang Masuk 9Gag dan Ditertawai Dunia

Poin Penting Dalam Membuat Cover Letter

Seperti yang sudah kami jelaskan di awal bahwa anda tidak bisa langsung membuat cover letter. Anda harus paham kira-kira apa saja poin penting yang harus anda masukkan di dalam surat pengantar anda tersebut. Oleh sebab itu, di bawah ini kami akan memberikan informasi tentang beberapa poin penting dalam penulisan cover letter.

  • Anda harus membuat cover letter yang benar-benar menunjukkan nila jual anda
    • Memang anda bukan seorang yang ahli dalam bidang pemasaran, namun bukan berarti anda tidak perlu memiliki kemampuan untuk menunjukkan nilai jual anda kepada perusahaan.
    • Anda harus tahu bagaimana cara menunjukkan kemampuan dan kualitas anda sehingga perusahaan tertarik kepada anda.
    • Jadilah seseorang yang kuat dan mampu memberikan kontribusi kepada perusahaan. Dengan begitu, ketika perusahaan membaca lamaran anda, maka perusahaan tidak memiliki alasan untuk menolak anda bekerja di sana.
  • Buat cover letter singkat dan jelas
    • Meskipun cover letter harus menyertakan informasi mengenai latar belakang dan kualitas yang anda miliki, namun perlu anda ingat bahwa anda tidak perlu membuat cover letter terlalu panjang.
    • Membuat cover letter yang terlalu panjang malah akan menurunkan peluang anda bekerja di sana. Perusahaan akan bosan dan mungkin tidak membaca cover letter anda, sekalipun anda termasuk orang yang berpengalaman dan diakui kualitasnya.
    • Oleh karena itu, cover letter sebaiknya dibuat dengan ringkas namun jelas yang mana informasi penting tentang anda tetap anda tuangkan di situ. Hanya saja perlu penyederhanaan sedikit.
  • Ada salam pembuka serta salam penutup
    • Sama halnya dengan pembuatan surat pada umumnya, cover letter juga harus menyertakan salam pembuka dan juga salam penutup.
    • Anda harus merangkai salam pembuka sebaik mungkin Hal yang senada juga harus anda lakukan pada bagian salam penutup.
    • Buatlah salam penutup yang sekiranya akan membuat perusahaan percaya bahwa memang anda merupakan orang yang selama ini dicari dan memang pas untuk menangani bidang yang anda lamar.

Apa Saja Isi Cover Letter?

Anda sebelumnya telah memahami pengertian dan juga poin penting apa saja yang harus anda ketahui ketika hendak membuat cover letter. Sebenarnya masih ada informasi yang tidak kalah penting, yakni anda harus paham kira-kira apa saja yang harus anda tuangkan di dalam cover letter tersebut.

Isi cover letter sudah ditentukan sehingga anda tinggal mengikuti aturan tersebut. Jangan sampai nanti anda malah menyertakan informasi yang tidak perlu dan malah sia-sia karena masih ada informasi penting lainnya yang perlu anda sertakan. Pada dasarnya, isi cover letter mencakup hal-hal di bawah ini:

  • Perkenalan diri
  • Posisi yang akan anda lamar
  • Deskripsi kemampuan dan keterampilan dimana dua hal ini harus sesuai dengan jabatan yang anda lamar.
  • Menyertkan pengalaman dan mungkin penghargaan atau hal lain yang akan membuat pembaca tertarik membaca coever letter anda.
  • Jangan lupa akhiri cover letter dengan ucapan terimakasih maupun harapan agar bisa menjadi karyawan perusahaan.

1. Contoh cover letter bahasa Indonesia fresh graduate

contoh cover letter bahasa Indonesia fresh graduate
contoh cover letter bahasa Indonesia fresh graduate

2. Contoh cover letter fresh graduate bahasa Indonesia

contoh cover letter fresh graduate bahasa Indonesia
contoh cover letter fresh graduate bahasa Indonesia

3. Contoh cover letter bahasa Inggris fresh graduate

contoh cover letter bahasa Inggris fresh graduate
contoh cover letter bahasa Inggris fresh graduate

4. Contoh cover letter bahasa Inggris untuk fresh graduate

contoh cover letter bahasa Inggris untuk fresh graduate
contoh cover letter bahasa Inggris untuk fresh graduate

5. Contoh cover letter bahasa Inggris terbaik

contoh cover letter bahasa Inggris terbaik
contoh cover letter bahasa Inggris terbaik

Itulah informasi dari kami mengenai pengertian dan beberapa contoh cover letter bahasa Indonesia. Semoga bermanfaat.