10 Contoh Soft Skill yang Harus Dimiliki Seorang Profesional

236
contoh soft skill
contoh soft skill

Bidhuan.id – Apa saja contoh soft skill yang dibutuhkan dalam dunia kerja? Mungkin anda sering mendapati pernyataan bahwa kemampuan akademik tidak selamanya bisa diandalkan di dalam dunia kerja. Masih banyak hal lain yang bahkan lebih penting dari sekedar nilai akademik yang harus dimiliki oleh seseorang ketika hendak terjun ke dunia kerja, baik menjadi seorang karyawan atau bos sekali pun. Salah satu hal tersebut adalah soft skill.

Tidak sedikit orang yang mengatakan bahwa meskipun nilai yang dimiliki seseorang sangat tinggai dan bahkan tidak ada yang menyamainya, namun ketika orang tersebut malah tidak dibekali dengan soft skill, maka orang tersebut tetap akan terpinggirkan. Maka dari itu, memang soft skill sangat dibutuhkan. Salah satu contoh soft skill yang wajib dimiliki adalah berpikir kritis.

Namun sebenarnya masih banyak yang termasuk ke dalam contoh soft skill yang akan kami jelaskan kepada anda. Beberapa soft skill tersebut bahkan tidak bisa anda dapatkan hanya dari bangku sekolah atau kuliah. Mengapa? Karena ada beberapa soft skill yang datang ketika anda sudah masuk ke kehidupan nyata dan hal ini akan menjadi sebuah pengalaman yang sangat berharga bagi anda.

Baca: Farmasi Unpad Luncurkan 4 Program Inovatif dan Mendunia

Apa Saja yang Termasuk Soft Skill?

apa saja yang termasuk soft skill
apa saja yang termasuk soft skill

Sekarang para generasi milenial sudah mulai memasuki dunia kerja dan berusaha menjadi seorang profesional muda. Generasi sekarang mempunyai kemampuan atau dapat menunjukkan sesuatu yang berbeda. Mengapa? Karena aspek kehidupannya pun juga berbeda karena juga dipengaruhi oleh perkembangan zaman. Ditambah lagi dengan persaingan yang semakin ketet menuntut seseorang memang harus dibekali dengan kemampuan soft skill yang baik.

Di bawah ini kami akan menerangkan kepada anda kira-kira apa saja contoh dari soft skill yang wajib dimiliki oleh seseorang. Dengan memiliki kemampuan ini, maka orang tersebut akan tetap dan terus bertahan meskipun persaingan semakin ketat.

1. Contoh soft skill mahasiswa yaitu berpikir kritis

Seperti yang telah kami sebutkan di awal bahwa salah satu contoh soft skill yang harus dimiliki seseorang adalah kemampuan untuk berpikir kritis atau critical thinking. Ada dua cara yang bisa dilakukan agar kemampuan berpikir kritis ini didapatkan atau bahkan meningkat. Cara pertama yang bisa dilakukan adalah dengan memperbanyak membaca buku.

Cara kedua adalah orang tersebut bisa melatihnya dengan cara berdiskusi atau bahkan berdebat. Dengan membaca, maka wawasan seseorang akan lebih luas. Selain itu, membaca juga dapat memperkaya kosa kata, khususnya mengenai hal-hal tertentu yang berguna dalam pekerjaan yang sesuai dengan passion. Kemudian, anda juga bisa sering diskusi dan debat. Anda bisa melakukannya dengan anggota keluarga di rumah.

Namun ingat, tidak perlu membahas sesuatu yang terlalu berat karena ini hanya latihan. Anda bisa sekedar membahas topik-topik ringan yang ada di sekitar anda, misalnya tentang olahraga, film, politik yang ringan, dan lain-lain.

2. Contoh soft skill dalam dunia kerja adalah kemampuan berkomunikasi yang baik

ontoh soft skill dalam dunia kerja adalah kemampuan berkomunikasi yang baik
ontoh soft skill dalam dunia kerja adalah kemampuan berkomunikasi yang baik

Good communication juga merupakan kemampuan soft skill yang wajib dimiliki seseorang baik dalam urusan kerja maupun berinteraksi atau berorganisasi. Apakah kemampuan berkomunikasi yang baik bisa didapatkan? Tentu saja bisa. Cara pertama dan merupakan cara dasar adalah anda bisa memulai dengan menjadi seorang pendengar yang baik.

Ketika seseorang menjadi pendengar, maka orang tersebut akan berfokus pada apa yang sedang dibicarakan atau didengarkannya. Dari menjadi pendengar yang baik inilah orang tersebut kemudian bisa masuk ke level yang lebih tinggi yakni menjadi seseorang yang mampu berkomunikasi dengan baik.

Baca: Ini Pesan Ridho Muhammad Sakti di Akhir Kepengurusan ISMAFARSI

Cara lain yang bisa dilakukan adalah dengan merekam percakapan anda. Dari sini anda juga bisa mendapatkan informasi kira-kira apa yang perlu anda tingkatkan. Ajaklah orang lain yang memang terkenal akan kemampuan komunikasinya untuk menilai kemampuan anda.

3. Mengakses, menganalisa, dan mensintesis informasi

Contoh soft skill yang juga sangat diperlukan dalam dunia kerja adalah kemampuan untk mengakses, menganalisa, dan juga kemampuan untuk bisa mensintesis informasi. Dengan begitu, kita tidak akan mudah dimasuki oleh informasi apapun yang ternyata masih belum bisa dibuktikan kebenarannya dan bahkan malah cenderung masuk ke berita hoaks atau berita bohong.

Jadi, ketika orang tersebut memiliki kemampuan seperti ini maka dia tidak akan mudah menelan mentah-mentah sebuah informasi yang mana kemungkinan informasi tersebut hanya akan merugikan dirinya maupun perusahaannya. Intinya, kemampuan ini akan membuat orang tersebut menjadi pribadi yang lebih hati-hati dan selektif.

4. Contoh soft skill dalam PC yang rreatif, inovatif, serta rasa ingin tahu

Rasa ingin tahu merupakan awal dari munculnya beragam ide kreatif dan juga kemudian akan melahirkan sebuah penemuan baru atau inovasi. Ketiga contoh soft skill ini sangat diperlukan dalam upaya untuk menyelesaikan masalah dengan menemukan sebuah ide terbaik yang tidak akan menimnbulkan dampak negatif. Memiliki kemampuan rasa ingin tahu akan mendorong orang tersebut untuk terus menemukan sumber permasalahan.

Selain itu, kratif dan inovasi digunakan untuk bisa menemukan solusi terbaik yang bisa digunakan untuk menyelesaikan masalah tersebut. Jadi, ketiga kemampuan ini sangatlah penting dan tidak bisa dilepaskan.

5. Kepemimpinan

Tidak harus menjadi seorang pemimpin untuk memiliki jiwa kepemimpinan. Memiliki jiwa kepemimpinan merupakan hal yang sangat penting yang akan membuat orang tersebut menjadi pribadi yang profesional dalam bekerja. Bahkan dengan kemampuan ini maka bukan tidak mungkin anda akan menjadi seseorang yang disegani di tempat kerja anda sekalipun anda bukan merupakan seorang pemimpin.

Itulah beberapa contoh dari kemampuan soft skill yang sangat diperlukan. Sebenarnya masih ada kemampuan lain yang tidak boleh anda lupakan juga, antara lain: kemampuan berdadaptasi, kemampuan kerja sama dan kolaborasi, manajemen waktu, public speaking, dan juga networking.