3 Cara Mengembalikan File Yang Terhapus Di Flashdisk

162
cara mengembalikan file yang terhapus di flashdisk

Bidhuan.id – Bagaimana cara mengembalikan file yang terhapus di flashdisk? Sama halnya dengan memori maupun juga hardisk, flashdisk juga merupakan salah satu media penyimpanan yang digunakan untuk menyimpan berbagai file penting. Memiliki flashdisk memang sangat perlu karena Anda bisa membawanya kemana pun dan bisa langsung mengeluarkan flashdisk Anda kapan pun ketika dibutuhkan.

Akan tetapi, flashdisk juga merupakan media penyimpanan yang rentan terkena virus yang bisa datang dari mana saja. Bahkan kemungkinan Anda tidak sadar jika ternyata flashdisk Anda sudah terjangkit virus. Salah satu dampak yang ditimbulkan yaitu data-data penting akan hilang padahal Anda tidak menghapusnya. Lalu bagaimana cara mengembalikan file yang terhapus di flashdisk tersebut? Berikut ini akan kami berikan penjelasannya secara lengkap khusus untuk Anda.

Cara Mengembalikan File yang Terhapus di Flashdisk

Kita tahu bahwa flashdisk merupakan media penyimpanan yang bersifat sementara meskipun ada beberapa orang yang menjadikan flashdisk sebagai tempat penyimpanan utama. Hal ini dikarenakan mereka tidak memiliki komputer atau laptop maupun mereka merupakan orang yang tidak suka ribet.

Baca: 4 Cara Memperbesar Ukuran File PDF Online dan Offline

Ketika file pada flashdisk tiba-tiba hilang sudah pasti akan membuat kita pusing. Terlebih lagi jika data tersebut benar-benar dibutuhkan hari itu juga atau malah file yang hilang tersebut tidak ada penggantinya alias Anda tidak membuat duplikatnya. Maka dari itu, kali ini kami akan memberikan semua penjelasan mengenai bagaimana cara mengembalikan file yang terhapus di flashdisk.

Dengan begitu Anda bisa menerapkannya sendiri ketika tiba-tiba file yang Anda miliki terhapus, baik karena virus maupun mungkin karena Anda tidak sengaja menghapusnya.

1. Cara mengembalikan file yang terhapus di flashdisk dengan software

cara mengembalikan file yang terhapus di flashdisk

Cara pertama yang akan kami jelaskan adalah dengan memanfaatkan software yang memang memiliki kegunaan untuk mengembalikan data-data pada flashdisk yang hilang. Aplikasi ini bisa Anda dapatkan di berbagai situs di internet dengan gratis alias tidak harus membayar biaya sepeserpun. Nama aplikasi tersebut adalah Recuva.

Dari namany Anda sudah tahu bahwa software ini akan merecovery file Anda yang terhapus ketika Anda menyimpannya di flashdisk. Berikut ini akan kami jelaskan langkah-langkah yang harus Anda lakukan ketika Anda ingin menggunakan software yang satu ini.

  • Anda harus mendownload aplikasi Recuva, setelah itu Anda tinggal menginstallnya seperti biasa. Jika terdeteksi virus, maka bisa Anda matikan terlebih dahulu antivirus Anda. Jangan lupa setelah menginstall Anda harus crack setelah Anda selesai menginstall aplikasi tersebut.
  • Jika sudah semuanya, maka Anda harus membuka aplikasi Recuva dan mulailah mencolokkan flashdisk Anda.
  • Nanti Anda akan diperlihatkan beberapa pilihan mengenai apa saja file yang akan Anda kembalikan. Jika Anda ingin mengembalikan seluruh file atau ingin mengembalikan file secara acak, maka Anda bisa mencentang All Files dan kemudian Anda klik Next.
  • Nanti Anda pilih In a Spesific Location – Browse yang terdapat pada File Location. Kemudian Anda tinggal memilih flashdisk yang filenya ingin bawa kembali ke flashdisk Anda tersebut.
  • Setelah itu Anda harus mencentang Enable Deep Scan, kemudian tinggal Anda klik Start.
  • Anda tinggal menunggu sambil makan cemilan sampai nanti Recuva selesai melakukan proses Scanning.
  • Ketika sudah selesai, maka Anda akan menemukan ada file berwarna hijau, merah, maupun kuning, yang artinya:
    • Kuning, file mungkin bisa dikembalikan tapi berpotensi rusak atau corrupt
    • Hijau, file kemungkinan besar dikembalikan
    • Merah, file tidak bisa untuk dikembalikan.
  • Anda tinggal mencentang kotak tersebut untuk mengembalikan file Anda. Klik Recover.

Baca juga: Cara Mengatasi BPS SPT Sebelumnya Belum Ada Pada E-Filing DJP Online

2. Cara mengembalikan file yang terhapus di flashdisk dengan CMD

cara mengembalikan file yang terhapus di flashdisk

Cara kedua yang juga bisa menjadi pilihan terbaik Anda yaitu dengan menggunakan CMD atau Command Prompt. Biasanya cara ini dipilih pada saat flashdisk kita tiba-tiba terkena shortcut. Shortcut tersebut muncul karena sebelumnya flashdisk sudah terkena virus. Berikut ini akan kami berikan informasi tentang bagaimana langkah-langkah yang harus Anda lakukan untuk mengembalikan file Anda tersebut.

  • Pastikan flashdisk Anda sudah tertancap pada komputer maupun laptop.
  • Setelah itu, Anda harus membuka CMD. Caranya adalah dengan klik tombol Start. Pada menu pencarian bisa Anda ketikkan cmd dan nanti Anda bisa langsung mendapatkan cmd. Anda tinggal mengkliknya sampai nanti Anda akan dibawa masuk ke jendela CMD.
  • Langkah selanjutnya yang harus Anda lakukan adalah dengan mengetik CD lalu Anda Enter.
  • Setelah itu Anda tinggal mengecek kira-kira flashdisk Anda terdeteksi sebagai Drive apa. Biasanya flashdisk terdeteksi sebagai drive H. Maka yang harus Anda lakukan adalah dengan mengetik H: lalu anda harus tekan enter. Jika berhasil, maka drive yang awalnya C akan berganti ke drive H.
  • Langkah selanjutnya yang harus Anda lakukan yaitu dengan mengetik attrib (spasi) *.* (spasi) -S (spasi) – H (spasi) – R (spasi) /S (spasi) /D. Lalu Anda hanya perlu menekan Enter.
  • Anda hanya perlu mengecek kondisi flashdisk. Jika berhasil, biasanya tidak ada pemberitahuan apapun pada CMD. Namun jika gagal, CMD akan memberikan notifikasi dan alasan mengapa Anda gagal.

Baca: 5 Cara Memperkecil Ukuran File PDF Offline dengan Mudah

3. Cara mengembalikan file yang terhapus di flashdisk dengan EaseUS Data Recovery

cara mengembalikan file yang terhapus di flashdisk

Jika cara sebelumnya belum berhasil, maka Anda bisa menggunakan software bernama EaseUS Data Recovery yang memang sudah terkenal mampu mengembalikan file yang hilang. Anda tinggal menscan dan mencentang file apa saja yang ingin dikembalikan. Terus klik recover.

Demikian informasi yang bisa kami sampaikan terkait cara mengembalikan file yang terhapus di flashdisk. Semoga bermanfaat.