5 Cara Menghilangkan Batuk Tanpa Efek Samping

118
Cara Menghilangkan Batuk
Cara Menghilangkan Batuk

Bidhuan.id – Bagimana cara menghilangkan batuk secara alami? Sebenarnya batuk merupakan sebuah kondisi yang wajar yang bisa dialami oleh siapa saja karena batuk tersebut merupakan sebuah mekanisme yang dilakukan oleh tubuh untuk mengeluarkan zat atau benda yang dikhawatirkan dapat membahayakan kondisi tubuh. Akan tetapi, jika batuk tersebut tak kunjung, maka tentu anda harus mulai memikirkan bagiamana anda harus mengobatinya.

Ada banyak cara menghilangkan batuk tanpa harus menggunakan bahan-bahan kimia atau mengkonsumsi obat. Cara-cara tersebut merupakan sebuah cara yang mudah dan bahkan bahan-bahan yang akan anda gunakan pun tidak jauh dari sekitar anda.

Selain itu, menggunakan cara ini, maka pengobatan yang anda lakukan tidak akan menimbulkan efek samping, berbeda dengan ketika anda mengkonsumsi obat-obatan kimiawi yang mana penggunaannya bisa menyebabkan terjadinya efek samping, terlebih lagi jika anda menggunakannya dalam jangka waktu yang lama.

Namun sebelum membahas tentang topik kita kali ini, silahkan anda pelajari terlebih dahulu tentang Daftar Obat Batuk Pilek Anak Yang Terbukti Ampuh dan juga Merk Obat Batuk Untuk Ibu Hamil Yang Dijual Di Apotek.

Cara Menghilangkan Batuk

Seperti yang sudah kami jelaskan sebelumnya bahwasanya ada banyak sekali cara yang bisa anda pilih di dalam upaya untuk menghilangkan batuk yang tanpa menggunakan bahan kimia sehingga tidak sampai menyebabkan anda mengalami efek samping dari pengobatan yang anda lakukan.

Dan bahkan ada salah satu cara yang akan kami jelaskan bisa anda lakukan tanpa harus mengkonsumsi apapun, meskipun memang cara tersebut bersifat penanganan awal sebelum nanti anda melangkah ke tahap atau cara selanjutnya.

Untuk lebih jelasnya silahkan simak penjelasan kami berikut ini:

1. Cara menghilangkan batuk dengan mengurangi alergen

Cara pertama ini merupakan sebuah cara awal yang bisa anda lakukan tanpa harus mengkonsumsi obat. Penyebab umum dari seseorang yang menderita batuk adalah karena adanya alergen. Alergen di sini merupakan segala hal yang bisa mengganggu sistem kekebalan tubuh anda sehingga kemudian tubuh akan merespon dan berusaha mengeluarkannya melalui batuk.

Beberapa alergen tersebut antara lain seperti jamur, debu, bulu hewan, dan lain sebagainya. Yang harus anda lakukan adalah dengan mengurangi kadar alergen yang ada di sekitar anda guna menghilangkan batuk yang anda alami karena bisa saja tanpa anda sadari bahwasanya batuk tersebut disebabkan adanya alergen yang tidak jauh dari tempat anda.

Tips lain yang bisa anda lakukan adalah seperti di bawah ini:

  • Membersihkan kamar tidur dari debu dan kotoran secara rutin
  • Membersihkan sprei secara rutin dan disarankan menggunakan air panas
  • Tidak memberi peluang terhadap hewan peliharaan anda masuk ke dalam kamar, terlebih lagi sampai naik ke kasur

2. Cara menghilangkan batuk dengan teh dan madu

Cara menghilangkan batuk dengan teh dan madu
Cara menghilangkan batuk dengan teh dan madu

Teh dan juga madu merupakan kombinasi yang paling tepat untuk membantu menghilangkan batuk yang tak kunjung sembuh yang anda alami. Kandungan di dalam madu akan berperan di dalam mengusir atau mengatasi alergen yang menyebabkan anda mengalami batuk.

Selain itu, tekstur madu yang sangat lembut akan meredakan tenggorokan anda, ditambah lagi dengan teh panas akan meredakan tenggorokan anda karena seseorang yang menderita batuk juga akan menyebabkan tenggorokannya merasa tidak nyaman dan bahkan sampai memiliki banyak dahak.

Cara yang harus anda lakukan yaitu hanya dengan mencampurkan teh panas dengan madu secukupnya dan kemudian anda langsung meminumnya, minimal 2 kali dalam sehari. Lakukan cara tersebut secara rutin agar anda bisa memperoleh pengobatan yang maksimal.

Baca: 5 Obat Flu Dan Sakit Tenggorokan Disertai Batuk

3. Cara menghilangkan batuk dengan air garam

Cara menghilangkan batuk dengan air garam
Cara menghilangkan batuk dengan air garam

Air garam juga bisa menjadi salah satu bahan yang bisa anda gunakan untuk mengobati batuk yang tak kunjung sembuh. Air garam memang memiliki kemampuan di dalam meredakan batuk serta mengatasi iritasi. Bagi anda yang saat ini menderita batuk berdahak, maka bisa diredakan dengan menggunakan air garam.

Adapun langkah yang harus anda lakukan sangat sederhana, yakni anda hanya perlu berkumur dengan air yang sebelumnya sudah anda campurkan dengan garam secukupnya. Dengan menerapkan cara tersebut, maka lama kelamaan tenggorokan anda tidak akan gatal sehingga batuk yang anda alami pun akan hilang.

Anda bisa menerapkan cara ini selama kurang lebih 3 kali dalam sehari guna memperoleh hasil yang lebih maksimal untuk kesembuhan yang lebih cepat.

4. Cara menghilangkan batuk dengan meninggikan bantal

Cara yang keempat ini termasuk salah satu cara paling sederhana yang bisa anda lakukan oleh siapapun tanpa harus menyiapkan dan membuat bahan-bahan seperti penjelasan sebelumnya.

Perlu anda tahu bahwasanya cara seperti ini akan disarankan ketika anda ingin tidur di malam hari dimana sebelum anda tidur, bantal anda harus diposisikan lebih tinggi. Hal ini bertujuan agar selama anda tidur, tidak ada penumpukan lendir yang terjadi sehingga ketika anda bangun, maka tenggorokan anda tetap terasa nyaman.

5. Cara menghilangkan batuk dengan berhentik merokok

Tidak ada satu ahli medis pun yang berpendapat bahwa rokok memberikan dampak positif untuk kesehatan. Sebaliknya, kebiasan merokok hanya akan menyebabkan tubuh anda semakin lama menjadi sarang penyakit, salah satunya adalah batuk.

Batuk yang tak kunjung sembuh sering disebabkan oleh batuk sehingga tidak jarang meskipun telah diobati dengan cara apapun, namun batuk yang dialami cenderung tidak kunjung hilang.

Dan karena itulah, berhenti merokok menjadi salah satu cara menghilangkan batuk yang terbukti ampuh sehingga anda bisa hidup sehat seperti layaknya manusia pada umumnya.