Alpara : Obat Pilihan Pertama Untuk Influenza / Flu

226
Alpara, Obat Pilihan Pertama Untuk Influenza
Alpara, Obat Pilihan Pertama Untuk Influenza

Bidhuan.id – Alpara itu obat apa? Obat yang satu ini merupakan salah satu diantara sekian banyak merk obat yang direkomendasikan oleh ahli medis. Khasiat yang ada di dalam obat Alpara ini juga sudah tidak perlu diragukan lagi karena sudah banyak yang menggunakannya. Alpara merupakan sebuah obat untuk mengobati masalah influenza. Obat yang diproduksi oleh Molex Ayus ini memang memiliki beragam kelebihan dibandingkan dengan obat lainnya dengan fungsi yang sama.

Alpara memang termasuk ke dalam obat bebas. Artinya anda bisa mengkonsumsi obat ini tanpa harus menyertakan resep yang anda peroleh dari dokter. Akan tetapi, penggunaan obat yang satu ini pun juga harus benar-benar berdasarkan dengan instruksi yang sudah disediakan di kemasan obat tersebut. Apakah anda kegunaan atau fungsi lain yang terkandung di dalam Alpara? Bagi anda yang ingin tahu mengenai hal tersebut, maka akan kami jelaskan lebih lengkap pada artikel ini.

Alpara Buat Apa?

Seperti apa yang sudah kami jelaskan di awal bahwasanya salah satu kegunaan atau khasiat yang ada pada obat Alpara adalah sebagai pengobatan influenza. Influenza atau yang lebih kita kenal dengan sebutan flu merupakan salah satu penyakit menular yang terkadang penularannya tanpa kita sadari. Penyakit yang satu ini adalah akibat dari serangan virus yang bernama RNA yang merupakan keluarga dari Orthomyxoviridae.

Biasanya, virus yang satu ini juga menyarang hewan unggas maupun juga mamalia. Salah satu cara yang terbukti ampuh mengatasi virus Orthomyxoviridae adalah dengan membiasakan diri mencuci tangan dengan menggunakan sabun antiseptik. Dengan begitu, penyebaran virus Orthomyxoviridae bisa diminimalisir dan bahkan anda bisa terhindar darinya.

Akan tetapi, bagaimana jika ternyata virus ini sudah menyerang tubuh anda? Sudah tentu akan membuat anda mengalami flu. Flu yang tak kunjung sembuh tidak boleh anda biarkan. Anda membutuhkan sebuah obat yang memang terbukti ampuh mengobati flu. Obat tersebut adalah Alpara yang sudah sekian lama dipercaya membantu mengati influenza yang tak kunjung sembuh.

1. Alpara obat yang digunaka untuk apa?

Alpara obat yang digunaka untuk apa
Alpara obat yang digunaka untuk apa

Bagi anda yang ingin tahu lebih lanjut mengenai apa saja kegunaan dari Alpara selain hanya digunakan sebagai solusi pengobatan flu, maka silahkan anda simak penjelasan yang akan kami berikan di bawah ini.

  • Alpara merupakan sebuah obat bebas yang dipilih untuk pengobatan demam. Demam merupakan kondisi dimana suhu tubuh yang dimiliki seseorang berada lebih dari 38 derajat. Demam tersebut adalah proses dimana sistem kekebalan tubuh anda sedang melawan zat yang dapat membuat tubuh anda sakit, baik yang diebabkan oleh virus, bakteri, maupun juga parasit.
  • Alpara juga merupakan obat yang dipilih sebagai pengobatan di dalam mengatasi sakit kepala.
  • Selain itu, obat ini juga menjadi solusi utama bagi seseorang yang mengalami hidung tersumbat maupun juga hidung meler yang tidak kunjung sembuh. Kedua kondisi ini adalah sebuah gejala yang mengindikasikan bahwa yang bersangkutan sudah mulai terjangkit flu.
  • Kegunaan lain dari Alpara adalah untuk pengobatan bersin-bersin. Bersin-bersin tersebut merupakan salah satu dari serangkaian kondisi yang menjadi indikasi bahwasanya seseorang sudah mulai terserang flu. Maka dari itu, Alpara harus langsung dikonsusmi untuk mencegah agar hal tersebut tidak terjadi.

Baca: Perbandingan 3 Obat Flu Ampuh: Rhinos SR, Tremanza dan Actifed

2. Komposisi obat Alpara tablet

Komposisi obat Alpara tablet
Komposisi obat Alpara tablet

Untuk anda yang ingin mengkonsumsi Alpara, alangkah baiknya jika anda memahami terlebih dahulu mengenai apa saja yang berhubungan dengan komposisi obat tersebut. Dengan begitu, anda bisa melihat sendiri bahwasanya memang obat ini terbukti ampuh sebagai solusi pengobatan flu anda.

  • Alpara mengandung paracematol sebanyak 500 mg
  • Alpara juga mengandung setidaknya Phenylpropanolamine HCl sebanyak 12,5 mg
  • Obat ini di dalamnya juga mengandung zat Chlorpheniramine Maleate sebanyak 2 mg.
  • Selain itu, Alpara juga merupakan obat yang mengandung Dextromethorphan HBr 15 mg.

3. Cara Kerja Obat Alpara

Cara Kerja Obat Alpara
Cara Kerja Obat Alpara

Adapun mengenai cara kerja dari obat ini antara lain sebagai berikut:

  • Paracetamol
    • Kandungan paracematol ini nantinya akan meringankan nyeri yang mana kondisi ini biasanya diakibatkan oleh seseorang yang menderita influenza. Kondisi tersebut juga akan disertai dengan sakit kepala dan juga demam.
    • Biasanya, obat-obatan yang di dalamnya mengandung paracematol akan membuat orang yang mengkonsumsinya mengantuk.
  • Phenylpropanolamine HCl
    • Fungsi dari senyawa ini adalah digunakan untuk membantu menyusutkan pembuluh darah yang kemudian akan membuat hidung anda menjadi lega.
  • Chlorpheniramine Maleate  atau CTM
    • Kandungan senyawa tersebut yang ada pada Alpara bermanfaat di dalam membantu mengatasi gejala alergi yang biasanya menyerang bagian kulit maupun juga hidung.
  • Dextromethorphan HBr
    • Senyawa yang satu ini memiliki fungsi membantu mengurangi efek batuk.
    • Dengan meminum Alpara, maka batuk yang sebelumnya bisa menjadi salah satu kondisi yang mengganggu kemudian akan hilang dengan sendirinya.

4. Dosis Alpara Tablet

Dosis Alpara Tablet
Dosis Alpara Tablet

Sebelum kami melangkah lebih lanjut mengenai takaran dosis dari obat ini, ada hal sangat penting yang harus anda perhatikan. Ketika anda mengkonsumsi Alpara maupun obat lainnya, pastikan bahwasanya anda paham mengenai seberapa banyak dosis yang disarankan untuk anda gunakan.

Pemberian dosis yang berlebihan tidak menjamin anda bisa sembuh lebih cepat atau membuat obat ini bisa bekerja lebih efektif. Akan tetapi, penggunaan dosis yang berlebihan tersebut hanya malah akan membuat kondisi yang anda alami malah akan semakin parah. Maka dari itulah penting untuk memperhatikan berapa takaran dosis dari Alpara yang memang disarankan untuk anda.

Adapun tentang dosis secara umum yang nantinya harus diberikan kepada seseorang yang mengkonsumsi obat ini antara lain:

  • Untuk dosis yang harus dikonsumsi oleh anak-anak yang sudah berumum minimal di atas 12 tahun maupun juga orang dewasa adalah 1 kaplet. Dosis tersebut nanti akan dikonsumsi dalam 3 kali sehari.
  • Sementara untuk dosis yang harus diberikan terhadap anak-anak yang usianya masih antara 6 sampai dengan 12 tahun adalah sebanyak 1/2 kaplet. Dosis tersebut nantinya harus diberikan dalam waktu 3 kali sehari.

Hal lainnya yang juga harus anda ingat adalah jika Alpara akan anda gunakan untuk jangka waktu yang lama, maka sebaiknya anda berbicara dahulu dengan dokter. Hal ini bertujuan agar supaya penggunaan obat tersebut benar-benar bisa memberikan hasil positif dan bukan malah merugikan diri anda.

Baca juga: Obat Alpara, Obat Yang Terbukti Ampuh Mengobati Gejala Influenza

5. Apakah Alpara aman untuk ibu hamil?

Apakah Alpara aman untuk ibu hamil
Apakah Alpara aman untuk ibu hamil

Pertanyaan ini kerap muncul mengenai kegunaan obat yang selama ini dikonsumsi oleh orang umum ketika dikonsumsi atau diminum oleh orang hamil. Perlu anda ketahui bahwasanya tidak semua orang boleh secara sembarangan diberikan kepada ibu hamil. Hal ini dikarenakan beberapa obat yang diberikan pada ibu hamil padahal sebenarnya tidak dianjurkan malah nanti bisa menyebabkan gangguan pada bayi yang dikandung.

Bahkan, untuk obat salep saja tidak semua boleh diberikan kepada ibu hami. Padahal seperti yang kita tahu jika obat salep tersebut bukan digunakan dengan cara diminum, namun tetap tidak semua boleh diberikan kepada ibu hamil. Lalu bagaimana dengan Alpara? Untuk ibu hamil yang ingin menggunakan obat yang satu ini disarankan lebih baik menggunakan obat yang lainnya.

Selain itu, jika memang ia benar-benar ingin mengkonsumsi Alpara, maka sebaiknya berbicara mengenai dosis maupu juga seperti apa penggunaannya ketika harus dikonsumsi oleh ibu hamil.

6. Apakah Alpara aman untuk ibu menyusui?

Pertanyaan yang satu ini pun juga kerap kali ditanyakan. Pemilihan obat yang tepat memang bukan hanya diperuntukkan bagi ibu hamil saja, melainkan juga harus disesuaikan dengan ibu menyusui. Maka dari itu, pemberian obat apapun terhadap ibu menyusui juga harus benar-benar diperhatikan.

Mengenai penggunaan Alpara untuk ibu menyusui juga sebaiknya ditanyakan kepada dokter. Hal ini disebabkan karena penggunaannya yang tidak bisa dilakukan secara sembarangan seperti kepada orang normal. Maka dari itu, takarannya harus benar-benar sesuai dengan apa yang sudah dijelaskan oleh dokter anda. Penting di sini untuk terus berkonsultasi dengan dokter.

7. Apa saja efek samping Alpara?

Apakah anda tahu bahwasanya obat ini bisa menimbulkan efek samping ketika dikonsumsi? Semua obat kimiawi atau mungkin beberapa obat herbal bisa menyebabkan efek samping terhadap orang yang mengkonsumsinya. Efek samping di sini tentunya tidak semua orang yang akan mengalaminya. Artinya, jika memang obat yang anda konsumsi menimbulkan efek samping, tidak semua efek tersebut akan anda alami.

Bahkan, ada beberapa orang yang malah tidak mengalami efek samping dalam bentuk apapun selama ia mengkonsumsi obat tertentu. Lalu apa saja efek samping yang mungkin terkandung di dalam Alpara? Untuk menjawabnya maka silahkan anda simak informasi di bawah ini.

Baca juga: Obat Flu Demacolin: Komposisi, Dosis, Efek Samping dan Harga

  • Alpara bisa menyebabkan seseorang yang mengkonsumsinya mengalami permasalahan yang ada kaitannya dengan saluran pencernaan. Beberapa efek samping tersebut seperti muntah, mual-mual, atau mengalami permasalahan lainnya yang terjadi di area perut, seperti lambung.
  • Alpara ternyata bisa menyebabkan orang yang mengkonsumsinya menderita diare. Terutama jika digunakan dalam waktu yang lama atau ketika digunakan dalam dosis yang tinggi.
  • Penggunaan obat ini, khususnya dalam waktu yang panjang bisa mengakibatkan seseorang yang minum obat tersebut mengalami mulut kering. Bahkan, ada yang sampai mengalami jantung berdebar-debar, terutama untuk penggunaan dengan dosis yang tinggi.
  • Sementara itu, penggunaan Alpara juga terkadang bisa menimbulkan reaksi alergi terhadap seseorang yang mengkonsumsinya. Beberapa efek samping tersebut misalnya seperti gatal maupun juga ruam kulit. Selain itu, kemungkinan penggunaan Alpara bisa menyebabkan urtikaria meskipun kondisi seperti ini benar-benar sangat jarang terjadi.
  • Ada efek samping lainnya yang juga tidak boleh anda abaikan ketika anda mengkonsumsi Alpara. Obat ini bisa menjadi sebab anda mengalami retensi urin. Retensi urin adalah sebuah kondisi yang menyebabkan ketika anda kencing maka seolah-olah terasa ada yang menahan kencing anda.

8. Bagaimana cara penyimpanan Alpara?

Di bawah ini informasi seputar cara penyimpanan obat Alpara dengan benar.

  • Obat yang satu ini harus benar-benar anda disimpan di dalam tempat yang tidak terlalu lembab dan juga tidak terlalu kering.
  • Jangan pernah anda menyimpan obat Alpara pada tempat yang dingin, seperti lemari es atau bahkan anda sampai membekukannya.
  • Dianjurkan agar anda menyimpan obat ini tidak menjadi satu dengan obat-obatan yang lain.
  • Jauhkan obat alpara dari tempat yang biasanya dibuat mainan anak-anak.