3 Cara Mengecilkan Ukuran File JPG dan PNG Online atau Offline

130
cara mengecilkan ukuran file jpg

Bidhuan.id – Bagaimana cara mengecilkan ukuran file jpg? Sebenarnya cara yang akan kami bagikan kali ini tidaklah sulit alias sangat mudah, asalkan Anda mengikuti semua perintah atau tutorial yang akan kami berikan. Selain itu, cara mengecilkan file ini bukan hanya bisa untuk file yang berformat jpg melainkan juga bisa digunakan untuk file yang berformat lain seperti png ataupun gif.

Seperti yang kita tahu bahwa terkadang ada situasi dimana kita diminta untuk mengecilkan file jpg. Alasannya bukan karena file yang sekarang memiliki kualitas yang jelek, melainkan untuk melengkapi persyaratan yang dibebankan. Biasanya file yang ukurannya dikecilkan tersebut karena menyesuaikan dengan persyaratan pendaftaran secara online. Maka dari itu Anda perlu mempelajari cara mengecilkan ukuran file jpg.

Baca: 4 Cara Memperbesar Ukuran File PDF Online dan Offline

Cara Mengecilkan Ukuran File JPG Online dan Offline

Mengecilkan ukuran file juga bisa disebabkan karena kebutuhan mengirim email agar supaya waktu dan proses pengiriman tidak membutuhkan waktu yang lama. Untuk mengecilkan ukuran file tersebut sebenarnya Anda bisa memilih dua cara. Anda bisa menggunakan cara online maupun offline.

Untuk hasil yang didapatkan sudah tentu akan berbeda. Maksudnya, hasil yang didapat ketika mengecilkan file secara online akan berbeda dengan hasil ketika Anda mengecilkannya secara offline. Berikut ini cara-cara yang bisa kami jelaskan untuk Anda jadikan sebagai pilihan terbaik agar memperoleh file yang berukuran sesuai dengan kebutuhan Anda.

1. Cara mengecilkan ukuran file jpg online

cara mengecilkan ukuran file jpg

Ketika Anda ingin mengecilkan ukuran file jpg secara online, maka yang harus dipikirkan pertama kali adalah koneksi internet. Sudah jelas bahwa yang harus Anda siapkan pertama kali adalah koneksi internet yang lancar karena jika tidak, maka Anda tidak akan bisa mengubah ukuran file Anda.

Jika sudah, maka Anda harus mengikuti langkah-langkah yang akan kami berikan di bawah ini:

  • Pertama Anda harus masuk ke situs http://optimizilla.com/id/. Situs inilah yang akan menyediakan fasilitas bagi Anda yang ingin mengecilkan file Anda.
  • Kedua Anda harus menentukan gambar mana yang akan Anda upload. Jika sudah, maka Anda tinggal mengklik OK, maka gambar atau file jpg yang sudah Anda tentukan bisa secara otomatis diubah ukurannya menjadi lebih kecil sesuai dengan apa yang Anda inginkan.
  • Sekedar informasi bahwa ketika ukuran file yang sudah dikecilkan masih dirasa belum cukup, maka Anda masih bisa memperbaikinya dengna cara masuk ke pengaturan. Di situ Anda bisa menurunkan file yang Anda inginkan tersebut. Selain itu, bagi Anda yang ingin mengecilkan file png, maka Anda cukup mengurangi nilai warnanya saja.
  • Ketiga, jika semua file Anda telah diupload dan proses pengkompresan file sudah selesai, maka langkah selanjutnya yang harus Anda lakukan adalah mendownload file tersebut. Anda harus mendownloadnya dan kemudian Anda save.

Baca juga: Cara Mengatasi BPS SPT Sebelumnya Belum Ada Pada E-Filing DJP Online

2. Cara mengecilkan ukuran file jpg dengan iloveimg.com

cara mengecilkan ukuran file jpg

Cara kedua yang akan kami jelaskan juga masih berhubungan dengan cara online. Kali ini Anda bisa mengecilkan file Anda melalui sebuah situs yang bernama iloveimg.com. Situs ini sudah menyediakan kemudahan bagi Anda yang ingin menurunkan file yang berformat jpg dengan mudah.

Bagi Anda yang ingin mengetahui lebih lanjut seperti apa langkah-langkah yang harus Anda lakukan, maka silahkan simak penjelasan di bawah ini dengan seksama:

  • Pertama, Anda harus membuka browser dan kemudian masuklah ke situs https://www.iloveimg.com/.
  • Kedua, jika Anda sudah masuk ke situs tersebut maka mulailah untuk mencari menu yang bernama compress image. Selanjutnya, Anda tinggal memilih file atau gambar mana yang ukurannya ingin Anda turunkan dengan memilih select image.
  • Ketiga, jika Anda sudah selesai menentukan file mana yang ingin Anda kecilkan, maka tahap selanjutnya yang harus Anda lakukan adalah memilih menu compress image. Tunggulah proses pengkompresan selesai dan tidak membutuhkan waktu yang lama, file Anda sudah memiliki ukuran yang lebih kecil dibandingkan sebelumnya.

Adapun file yang sebelumnya sudah selesai Anda kecilkan ukurannya, maka Anda bisa langsung mendownload dan menyimpannya di komputer Anda. Selain itu, Anda juga bisa langsung membagikannya ke teman Anda dengan melalui link yang sudah disediakan di bagian bawah. Akan tetapi, cara ini hanya bertahan selama 60 menit sebelum file tersebut akan secara otomatis terhapus.

Baca: 5 Cara Memperkecil Ukuran File PDF Offline dengan Mudah

3. Cara mengecilkan ukuran file jpg secara offline

Sebenarnya masih ada cara lain yang juga bisa Anda coba untuk membantu mengecilkan file jpg agar memperoleh ukuran seperti yang diinginkan. Cara mengecilkan ukuran file jpg ini tidak membutuhkan koneksi internet alias offline. Cara yang sangat bermanfaat bagi Anda yang sedang tidak terhubung dengan internet.

Cara ini dengan menggunakan sebuah aplikasi yang sudah tersedia di PC atau laptop yang menggunakan sistem operasi Windows. Aplikasi tersebut bernama Paint. Di bawah ini langkah-langkah yang harus Anda lakukan.

  • Pertama, Anda harus membuka aplikasi Paint. Caranya, Anda tinggal mengetiknya di menu pencarian yang ada di Windows. Jika sudah ketemu, Anda klik sampai nanti masuk ke tampilan Paint.
  • Kedua, Anda harus memasukkan foto yang ingin Anda kecilkan ukurannya. Anda klik Open kemudian Anda tinggal mencari foto tersebut. Namun jika ingin yang lebih cepat, Anda bisa menggunakan tombol kombinasi berupa CTRL-O.
  • Ketiga, ketika gambar sudah ditentukan maka Anda tinggal mengklik menu resize. Di sini Anda perlu memilih pixels dan ubahlah ukuran vertikal atau horizontalnya. Jangan sampai terlalu rendah karena akan pecah ketika dibesarkan. Jika sudah, maka Anda tinggal save file gambar tersebut.