10 Obat Kurap Herbal Dan Yang Ada Di Apotek

586
Canesten untuk pengobatan kurap disertai nanah
Canesten untuk pengobatan kurap disertai nanah

Bidhuan.id – Apa anda tahu apa saja obat kurap yang terbukti ampuh dan sudah digunakan sejak dulu? Kurap merupakan sebuah penyakit yang diakibatkan oleh serangan jamur. Penyakit ini juga disebut sebagai kadas. Penyakit kurap merupakan salah satu penyakit yang akan sangat menggangu bila tidak segera diobati, apalagi jika penyakit tersebut berada di daerah kulit yang tidak tertutupi oleh pakaian.

Biasanya, seseorang yang menderita kurap kulitnya akan menderita kemerahan, bersisik, dan yang paling mengganggu yakni gatal. Jika anda garuk, maka rasa gatal yang anda alami akan semakin parah dan bahkan malah bisa merambat dan menyebar ke bagian tubuh yang lainnya. Maka dari itu, penting bagi anda untuk mengetahui apa saja obat kurap yang sudah terbukti ampuh sedari dulu.

Mengenal Lebih Jauh Tentang Kurap

Seseorang yang terkena penyakit kurap kebanyakan diserang pada saat kondisi tubuhnya sedang menurun. Hal ini disebabkan karena sistem imun-lah yang berperan penting untuk mengusir jamur tersebut dan membunuhnya agar tidak sampai menyebar ke seluruh tubuh.

Sementara itu, ada banyak obat untuk mengobati salep yang bisa anda gunakan. Obat-obatan tersebut ada yang dibuat dari bahan-bahan herbal yang bisa anda buat sendiri maupun juga anda bisa membelinya di apotek. Bahkan, ada obat salep yang hanya bisa anda peroleh setelah anda mendapatkan resep dokter.

Dari kesemua obat tersebut, yang terpenting adalah penggunaannya harus secara rutin karena meskipun anda mengkonsumsi atau menggunakan obat salep terbaik pun, namun tidak anda gunakan rutin, maka hasilnya akan sama saja. Di bawah ini beberapa obat salep yang bisa menjadi pilihan untuk anda, baik obat herbal maupun obat yang ada di apotek.

1. Obat kurap dan panu

Obat kurap dan panu
Obat kurap dan panu

Obat kurap yang bisa untuk panu adalah cuka apel. Cuka apel merupakan obat tradisional yang sudah digunakan sejak dahulu. Banyak orang yang meyakini dan membuktikan sendiri bahwa ternyata cuka apel merupakan obat salep yang terbukti khasiatnya. Hal ini disebabkan oleh kandungan dari cuka apel yang berperan sebagai anti jamur.

Kandungan dalam cuka apel tersebut yang akan membunuh penyebaran jamur agar tidak sampai menyebar ke seluruh tubuh. Jika anda ingin menggunakan cuka apel sebagai pengobatan herbal, maka anda hanya perlu menyiapkan kapas dan kemudian anda masukkan ke campuran cuka apel tersebut.

Setelah itu, anda usapkan pada kulit yang mengalami kadar atau kurap. Pengobatan ini disarankan agar anda lakukan minimal 2 sampai 3 kali dalam sehari. Gunakan pengobatan tersebut secara rutin untuk hasil yang lebih baik. DIjamin setelah beberapa hari, maka kurap yang anda alami akan lama-lama menghilang.

2. Obat kurap paling ampuh

Siapa yang menyangka bahwa lidah buaya ternyata bukan hanya digunakan sebagai obat bisul alami, karena ternyata lidah buaya merupakan obat yang terbukti ampuh untuk mengatasi kadar atau kurap yang membandel tak kunjung menghilang. Lidah buaya mengandung aloevera yang memang identik untuk bisul dan juga kecantikan maupun untuk memanjangkan rambut. Padahal, kandungan yang ada di dalam lidah buaya tersebut juga berfungsi membunuh jamur.

Bukan hanya itu saja, lidah buaya mengandung zat yang juga akan berperan sebagai anti bakteri dan virus sehingga banyak yang mengatakan bahwa lidah buaya termasuk tanaman seribu fungsi. Selain itu, ketika anda menggunakan lidah buaya untuk pengobatan kurap, maka anda akan mendapatkan sensasi sejuk dan dingin yang tentu saja akan membuat kulit anda semakin lega.

Sensasi dingin inilah yang juga akan membuat peradangan dan juga pembengkakan pada kulit anda bisa cepat mereda alias sembuh. Anda harus mengoleskan gel lidah buaya yang sudah anda keluarkan ke kulit. Pengobatan ini disarankan untuk digunakan minimal sebanyak 2 kali dalam sehari, yaitu di pagi dan sore hari.

Baca: Kumpulan Obat Panu Paling Ampuh (Salep dan Tablet) dengan Harga Terjangkau

3. Minyak kelapa untuk obat kurap salep

Minyak kelapa untuk obat kurap salep
Minyak kelapa untuk obat kurap salep

Minyak kelapa juga merupakan salah satu pengobatan herbal yang dipercaya mampu mengobati kurap. Kandungan dalam minyak kelapa agar berfungsi sebagai antimikroba dan juga antijamur yang akan membunuh penyebaran jamur. Tidak sedikit penelitian yang sudah menunjukkan bahwa penggunaan minyak kepala terbukti ampuh mengatasi kurap maupun infeksi kulit lainnya.

Bagaimana cara anda menggunakannya? Tentu caranya sangat mudah. Anda cukup menghangatkan minyak kelapa terlebih dahulu dan biarkan sampai mencair. Selanjutnya, tunggu agak hangat atau bisa tunggu sampai dingin dan anda oleskan ke bagian kulit yang mengalami infeksi atau peradangan. Ulangi pengobatan tersebut kurang lebih 3 kali dalam sehari, jika anda menginginkan hasil yang lebih memuaskan.

4. Kunyit sebagai obat kurap cair

Sebagai salah satu bumbu dapur, kunyit merupakan bahan yang memang memiliki banyak khasiat. Kunyit bukan hanya digunakan sebagai salah satu bumbu masakan, rempah-rempah khas Indonesia ini juga bisa digunakan sebagai obat kurap herbal yang terbukti manjur.

Selain itu, kunyit juga bisa menjadi salah satu obat panu membandel yang sudah dipercaya dan digunakan berpuluh tahun yang lalu. Hal ini karena kunyit yang mengandung sebuah zat bernama kurkumin yang memang berperan sebagai anti bakteri, anti jamur, dan juga anti inflamasi.

Untuk cara penggunaannya yaitu seperti di bawah ini:

  • Siapkan kunyit secukupnya yang sudah anda cuci sampai bersih.
  • Kemudian anda kupas kunyit tersebut dan langsung haluskan. Anda bisa menghaluskannya dengan diblender atau dengan cara tradisional.
  • Tambahkan air untuk membuat kunyit tersebut mirip seperti pasta.
  • Selanjutnya. oleskan kunyit yang sudah anda haluskan ke bagian kulit yang terkena kerap. Nanti anda akan sedikit merasakan panas, namun hal ini tidak perlu dikhawatirkan.
  • Setelah anda merasa bahwa kunyit sudah kering, bilas menggunakan air sampai bersih.
  • Jangan lupa untuk melakukan pengobatan ini secara rutin.

5. Menggunakan minyak pohon teh sebagai obat kurap alami

Minyak pohon teh atau yang juga bernama tea tree oil merupakan salah satu bahan yang terbukti ampuh mengatasi kadas maupun infeksi kulit lainnya yang disebabkan baik oleh jamur, bakteri, dan lain sebagainya. Hal ini dikarenakan kandungan yang terdapat pada minyak pohon teh yang akan berperan sebagai anti bakteri, anti inflamasi, maupun juga anti jamur.

Cara pengobatan kadas atau kurap dengan menggunakan minyak pohon teh pun tidaklah sulit. Anda harus mengoleskan minyak pohon teh secukupnya ke bagian kulit yang terkena kurap. Oleskan secara perlahan dan pastikan anda mengoleskannya secara merata. Anda juga bisa menyiapkan kapas dan kemudian anda masukkan ke dalam minyak pohon teh, lalu anda tempelkan ke kulit.

Sekedar informasi, bagi anda yang memiliki kulit sensitif, maka anda bisa melakukan penambahan atau pencampuran minyak pohon teh tersebut dengan menggunakan minyak pembawa.

6. Pagoda Salep Ekstra sebagai pengobatan kurap

Pagoda Salep Ekstra sebagai pengobatan kurap
Pagoda Salep Ekstra sebagai pengobatan kurap

Obat kurap di apotek yaitu Pagoda Salep EkstraUntuk obat salep yang tersedia di apotek salah satunya adalah Pagoda Salep Ekstra. Berdasarkan nama dari merk obat tersebut, anda sudah bisa mengira bahwa obat ini berbentuk salep. Memang obat untuk penyakit kulit kebanyakan berbentuk salep, kecuali jika penyakit tersebut sudah sangat parah, maka dokter akan lebih memilih untuk menggunakan obat tablet.

Baca: 6 Obat Kurap yang Mudah Ditemukan di Pasaran dan Bagus Saat Ini

Pagoda salep bukan hanya sebagai obat kurap untuk orang dewasa, melainkan obat yang satu ini juga direkomendasikan sebagai salah satu obat untuk anak-anak. Namun, untuk anak-anak yang ingin menggunakan salep pagoda, maka pastikan usianya sudah benar-benar sesuai dengan usia minimun anak yang diperbolehkan menggunakan obat ini. Sama halnya dengan obat yang lain, cara penggunaan pagoda salep yaitu dengan mengoleskannya ke area kulit yang terinfeksi.

Oleskan pagoda salep kurang lebih 3 kali dalam sehari. Hal ini bertujuan untuk mendapatkan hasil yang lebih memuaskan. Adapun harga dari pagoda salep adalah sebesar Rp. 7000 per pcs. Harga yang sangat murah untuk sebuah penyakit infeksi kulit.

7. Canesten untuk pengobatan kurap disertai nanah

Tidak sedikit yang mengatakan bahwa canesten merupakan sebuah obat untuk pengobatan kurap terbaik. Alasannya adalah karena harga dari canestan terbilang mahal, yakni mencapai Rp. 50.000 untuk setiap tube. Dengan harga tersebut, tidak heran jika canesten menjadi obat dengan kualitas terbaik yang akan cepat menyembuhkan kurap.

Anda bisa mendapatkan canesten di mini market maupun juga di apotek. Dengan menggunakan canestan secara rutin, maka kurap yang anda alami akan cepat reda.

8. Daktarin Cream Untuk obat kurap di kaki

Daktarin Cream Untuk obat kurap di kaki
Daktarin Cream Untuk obat kurap di kaki

Mungkin anda sudah tidak asing dengan obat yang namanya daktarin cream. Obat ini sering anda temukan di televisi maupn media sosial karena tidak jarang daktarin cream diiklankan. Salah satu kandungan dari obat ini yang akan mengatasi jamur dan bakteri penyebab kurap adalah micronazole.

Baca: 17 Obat Panu Tablet di Apotik dan Harganya, Rekomendasi Para Dokter

Dan karena obat ini termasuk ke dalam obat krim, maka penggunaannya tinggal anda oleskan ke kulit anda yang terkena kurap atau infeksi kulit lainnya. Dosis yang harus anda gunakan adalah 2 kali dalam sehari. Gunakan daktarin cream secara rutin untuk semakin memperoleh khasiatnya secara maksimal.

Harga untuk obat salep yang cukup terkenal ini adalah Rp. 30.000 per 5 gram. Anda bisa membelinya di apotek dan tanpa harus melampirkan resep dokter.

9. Obat kurap exim menggunakan yaitu Fungiderm

Sama halnya dengan daktarin cream, fungiderm juga merupakan salah satu merk obat yang cukup terkenal karena sering muncul di televisi. Fungiderm bukan hanya merupakan obat kadas untuk orang dewasa, obat ini juga bisa digunakan oleh anak-anak dan sudah terbukti manfaatnya. Banyak yang mengatakan bahwa fungiderm memiliki khasiat yang tidak jauh berbeda dengan daktarin cream. Selain itu harga untuk fungiderm juga sama dengan daktarin, yakni Rp. 30.000 untuk setiap tube.

10. Kalpanak Cream sebagai salah satu obat kurap mujarab

Kalpanak Cream sebagai salah satu obat kurap mujarab
Kalpanak Cream sebagai salah satu obat kurap mujarab

Harga untuk obat yang satu ini adalah Rp. 10.000 per tube. Meskipun harganya murah, namun kalpanax cream merupakan salah satu obat kurap yang direkomendasikan. Bukan hanya itu saja, ternyata khasiat yang terkandung pada kalpanak cream juga efektif untuk mengobati panu, kadas, dan infeksi atau peradangan kulit yang lainnya.

Demikian informasi yang bisa kami sampaikan mengenai apa saja obat kurap atau kadas, baik yang merupakan obat herbal maupun obat yang ada di apotek. Semoga bermanfaat.