Perbedaan Tumor dan Kanker : Penjelasan dan Contoh

152

Bidhuan.id – Apa perbedaan tumor dan kanker? Hingga saat ini, masih banyak orang yang belum tahu apa sih perbedaan tumor dan kanker emang sekilas terlihat sama. Sebenarnya tumor dan kanker itu mempunyai perbedaan tetapi perbedaan itu masih belum di ketahui oleh orang awam. Waspadai dan Kenali Sejak Dini Penyakit adalah solusi paling tepat untuk mendapatkan kesembuhan.

Perbedaan Tumor dan Kanker

Perlu anda ketahui kanker adalah tumor yang bersifat ganas yang dapat menyebar keseluruh tubuh dalam waktu yang singkat sedangkan tumor adalah benjolan jaringan yang tumbuh secara tidak normal yang bersifat ganas maupun jinak. Untuk mengetahui lebih jelas yuk kita simak apa sih itu kanker dan tumor.

Kanker itu sendiri adalah suatu penyakit yang disebabkan oleh sel-sel dalam tubuh manusia yang tidak normal, sel-sel tersebut akan berkembang secara tidak normal atau memisahkan diri. Selanjutnya sel-sel tersebut akan menyusup ke sel jaringan invansive dan terus menyebar melalui jaringan ikat, darah dan menyerang organ yang ada di dalam tubuh.

Dalam keadaan normal sel-sel tersebut akan mbelah diri jika ada sel-sel yang rusak sebaliknya jika sel kanker akan membelah meskipun tubuh kita tidak membutuhkanya sel tetsebut tetap akan membelah dengan sendirinya sehingga sel tetsebut akan menumpuk menjadi tumor ganas.

Sedangkan kanker dan tumor itu sendiri mempunyai definisi yang sama yaitu pertumbuhan sel yang tidak normal dan menyebar ke seluruh tubuh,  namun dari persamaan tersebut sebernanya kanker dan tumor mempunyai perbedaan hal ini dapat dilihat dari keduanya.

Tumor dan kanker itu sendiri dibedakan berdasarkan Kecepatan pertumbuhan hinga cara pengobatannya, pertama dari kecepatanya kanker memiliki pertumbuhan yang lambat.

Kedua, jika dilihat dari proses penyebaran sel kanker, penyerangan pada organ lain terjadi relatif cepat. Namun untuk sel tumor, tidak menyerang organ lain dan hanya berdiam di satu tempat saja.

Selanjutnya, Kedua penyakit ini memiliki perbedaan lokasi kekambuhan. Untuk sel kanker jika sudah kambuh biasa terjadi di bagian tubuh manapun. Sementara sel tumor kekambuhan akan terjadi pada bagian tubuh yang sama seperti sebelumnya.

Perbedaan lainya yakni pada pengobatannya pada kasus sel kanker, pengobatan yang dilakukan dengan mematikan sel utama atau dengan kemotrapi dan radiasi. Kemudian, sel kanker tersebut dapat di operasi dan di angkat sel-sel sisanya. Sementara tumor jinak umumnya sel-sel bisa di hilangkan dengan cara operasi dan diambil semua jaringan yang tersebut.

Sedangkan tumor di bagi menjadi dua yaitu tumor jinak dan tumor ganas. Tumor jinak hanya mengalami pertumbuhan menjadi ukuran yang lebih besar dalam kurun waktu tertentut. Dalam banyak kasus, tumor jinak tidak memerlukan pengobatan. Hanya saja dokter tetap akan melakukan tindakan pemantauan secara intensif. Namun, jika gejala masalah mulai serius  kemungkinan besar  akan di  perlukan tindakan operasi guna mengangkat jaringan sel-sel tumor

Contoh Kanker

Setelah kita mengetahui apa itu tumor jinak dan selanjutnya kita akan membahas tumor ganas. Nah tumor ganas itu sendiri disebut juga dengan kanker. Kanker,  kata itu sudah tidak mengherankan bagi kita karena penyakit itu sebagai momok penyakit yang menakutkan bagi kita semua, berikut ini jenis-jenis tumor ganas atau kanker yang paling umum terjadi.

1.Kanker Payudara

Gejala Penyakit yang Tidak Boleh Diabaikan Wanita kebanyakan justru tidak dipahami oleh para wanita. Suatu kanker yang terbetuk di sel-sel payudara. Gejala yang ditimbulkan pada penderita kanker payudara adalah terdapat benjolan pada bagian payudara disertai dengan munculnya cairan yang ada darahnya melalui puting, kemudian terdapat perubahan pada payudara.

2.Kanker Prostat

Kanker yang biasanya menyerang seorang pria ialah kelenjar kencing berukuran kenari yang menghasilkan cairan sperma dan tanda – tanda awal yang dirasakan yakni terdapat gangguan pada saat sedang melakuan buang air kecil. Kanker prostat sendiri umumnya menyerang pria dewasa yang berumur lebih dari 65 tahun. Kanker ini mempunyai sifat agresif dan juga mengalami perkembangan yang lambat atau perlahan – lahan.

3.Kanker Paru Paru

Penyebat utama kanker paru paru adalah  merokok, kanker ini Jenis paling banyak menyerang orang yang berusia 55-65 tahun,Selain di sebapkan perokok aktif perokok pasif pun bisa mengalaminya meskipun dampak perokok pasif tidak di timbulkan langsung. Sebaiknya anda berhenti merokok dan jauhilah asap rokok.

4.Kanker Hati

Kanker hati lebih sering terjadi pada mereka yang memiliki penyakit hati kronis, kanker ini di sebapkan oleh infeksi kronis dengan penyakit seoerti hepatitis b dan c, cacat lahir atau sering meminum minuman alkohol secara berlebihan selain itu memakan makan yang mengandung yang mengandung lemak secara berlebihan juga dapat menimbulkan kanker hati.

5.Kanker Serviks

Kanker serviks adalah kanker yang menyerang sel-sel dinding rahim, umumnya kanker serviks pada tahap awal tidak mengalami gejala apapun. Meski belum tahu penyebab pastinya kanker serviks namun terdapat faktor utama penyebab kanker serviks yaitu hpv ( human papiloma virus). Penyebab laimya yaitu mengkonsumsi pil kb selama 5 tahun atau lebih, konsumsi obat yang di gunakan untuk menggugurkan kandungan.

6.Kanker Lambung

Jenis kanker ini dapat diidap berbagai jenis golongan umur, meskipun banyak menyerang penderitanya berusia 55 tahun ke atas. Secara umum kanker ini terjadi ketika sel sel lambung berkembang secara tidak normal, akibat pertbumbuhan sel sel tersebut tidak normal jusrtu terakumulasi menjadi tumor, jika tidak di tangani segera maka akan menjadi tumor ganas atau kanker.

7.Kanker Pankreas

Tumbuhnya tumor dalam pankreas mengakibatkan terjadinya kanker, pada umumnya Kanker pankreas menyerang mereka yang berusia lanjut. Terdapat penyebab Kanker pankreas  yaitu diabetes, hepatitis kronis dan pernah menderita peradangan pankreas. Selain faktor-faktor di atas terdapat faktor lainya yaitu seringnya meminum minuman berakohol secara berlebihan dan penderita hepatitis kronis.

Nah, itulah apa perbedaan kanker dan tumor dari definisinya, jenis – jenisnya juga penyebabya terjdi kanker atau tumor oleh karena itu waspadalah terhadap penyebab terjadinya kanker maupun tumor. Kalau anda mengalami gejala gejala seperti di atas segera anda periksakan di anda ke dokter.karena kesehatan sangat penting bagi kita, semoga informasi ini berguna untuk anda.