6 Obat Kurap yang Mudah Ditemukan di Pasaran dan Bagus Saat Ini

187
6 Obat Kurap yang Mudah Ditemukan di Pasaran dan Bagus Saat Ini
6 Obat Kurap yang Mudah Ditemukan di Pasaran dan Bagus Saat Ini

Bidhuan.id – Obat kurap memang harus digunakan saat anda sedang terkena kurap agar tidak semakin bertambah parah. Kurap atau disebut juga kadas ialah penyakit kulit yang disebabkan oleh infeksi jamur. Kurap ditandai dengan bercak merah, sisik, dan gatal pada area kulit yang terinfeksi. Siapa saja baik anak anak hingga dewasa dapat terkena kurap terlebih jika kebersihan tubuh atau lingkungan kurang dan memiliki daya tahan tubuh yang lemah.

Baca juga : 5 obat kurap alami yang efektif dan ampuh digunakan

Kurap dapat disembuhkan dengan obat kurap alami yakni mengolesinya dengan cuka apel, lidah buaya, minyak kelapa, kunyit, atau minyak oregano. Dalam penggunaan, harus dipastikan pengolahan dilakukan dengan tepat dan bersih agar tidak terpapar kuman yang dapat memperparah penyakit kurap.

Di jaman yang serba modern ini, banyak orang yang merasa repot jika menggunakan bahan alami untuk pengobatan kurap, sebab harus mengolah dan menyiapkan bahan terlebih dahulu untuk dapat digunakan.

Solusinya tentu dengan menggunakan obat kimia yang dapat dibeli di Apotek dan langsung digunakan tanpa harus mengolah, jauh lebih praktis dan bersih karena obat kimia diproses dengan teknologi modern dan pengawasan yang ketat. Berikut obat kurap ampuh yang dapat dijadikan sebagai alternatif.

Obat Kurap Ketoconazole

Obat Kurap Ketoconazole
Obat Kurap Ketoconazole

Ketoconazole ialah obat kurap anti jamur yang bekerja dengan cara menghambat kerja enzim pada sel membran jamur penyebab kurap pada lapisan kulit bagian dalam. Ketoconazole akan merusak membran sel jamur tersebut sehingga efektif untuk menyembuhkan kurap dengan cepat.

Ketoconazole memiliki merk dagang beragam diantaranya nizoral dan mycoral. Obat digunakan dengan cara oral atau melalui mulut dengan air putih dan memiliki sediaan yang beragam seperti tablet dan kapsul.

Dosis yang disarankan dalam penggunaannya ialah :

  • 200 mg satu kali sehari untuk orang dewasa atau maksimal 400 mg sehari jika kurap berada di area kulit yang luas atau lebih dari satu area.
  • Untuk anak anak dengan badan di bawah 15 kg dapat diberikan dosis 20 mg 1 kali sehari, dikonsumsi ketika makan.
  • Anak anak dengan berat badan 5 sd 30 kg dapat diberikan sesuai dengan dosis orang dewasa.
  • Pengobatan dilakukan maksimal 1 minggu, jika tidak terdapat kesembuhan maka harus dilakukan tindakan medis oleh dokter kulit.

Obat Kurap Miconazole

Miconazole merupakan obat kurap yang memiliki cara kerja dengan merusak membran sel pada jamur sehingga jamur melemah dan infeksi terhenti. Miconazole digunakan dalam berbagai obat kurap di pasaran seperti Daktarin dan Kalpanax.

Obat Kurap Miconazole
Obat Kurap Miconazole

Miconazole memiliki sediaan dalam bentuk cream, salep, orak gel, dan tablet. Dalam bentuk yang diberikan pada permukaan kulit, umumnya mengandung 2% Miconazole nitrat, sedangkan pada bentuk tablet yang diminum memiliki kandungan 50 mg Miconazole nitrat.

Cara penggunaannya ialah :

  • Miconazole salep atau cream digunakan dengan cara dioleskan di kulit tipis tipis sebanyak 2 sd 3 kali sehari.
  • Miconazole oral gel dioleskan pada bagian yang terkena kurap 4 kali sehari sedangkan tablet dikonsumsi sekali sehari dengan air putih.

Miconazole dapat menyebabkan beberapa efek samping seperti sensasi rasa gatal, sakit kepala, mult kering, sakit gigi, bengkak, mual, dan diare. Efek samping dapat diminimalisir dengan cara penggunaan dan dosis yang tepat.

Obat Kurap Terbinafine

Terbinafine ialah obat kurap yang hanya boleh digunakan untuk orang yang berusia di atas 16 tahun. Obat kurap ini tersedia dalam bentuk salep dan tablet dan hanya boleh digunakan 1 kali sehari. Adapun durasi maksimal pengobatannya ialah :

Obat Kurap Terbinafine
Obat Kurap Terbinafine
  • Kurap di kuku, penggunaan selama 1,5 sd 3 bulan.
  • Kurap di kaki, pengunaan selama 2 minggu sd 1,5 bulan.
  • Kurap di selangkangan, penggunaan selama 2 minggu sd 1 bulan.
  • Kurap di tubuh bagian atas, penggunaan selama 1 bulan.

Jika tidak terdapat kesembuhan maka wajib dilakukan konsultasi pada dokter kulit dan dilarang menggunakan melebihi jangka waktu maksimal pengobatan agar tidak menimbulkan efek samping atau resiko penyakit kulit yang lebih parah.

Obat Kurap Fungiderm

Fungiderm merupakan salep obat kurap yang paling dikenal di pasaran karena sering ditayangkan di televisi. Fungiderm mengandung clotrimazole yang ampuh melemahkan jamur dan membasmi hingga ke akarnya sehingga memberikan kesembuhan secara total.

Penggunaannya ialah dengan dioles tipis pada area kulit yang terkena kurap sebanyak 3 sd 4 kali sehari. Dianjurkan untuk memaksimalkan efektifitas obat dengan cara menjaga kebersihan tubuh dan tidak menggaruk bagian kulit yang terkena kurap agar infeksi tidak meluas.

Obat Kurap Neo Ultrasiline

Ialah obat kurap yang dapat digunakan oleh semua orang kecuali bagi penderita hipertensi atau tekanan darah tinggi. Khasiat dan cara kerjanya hampir sama dengan jenis obat kurap lainnya yakni dengan menghancurkan sel sel pada membran jamur.

Neo Ultrasiline ampuh untuk menyembuhkan kurap di area lipatan kulit seperti lipatan paha dan dapat menyerap ke dalam kulit dengan mudah tanpa meninggalkan rasa lengket. Penggunaan harus mengikuti dosis dan aturan pakai yang tertera dalam kemasan atau dengan resep dari dokter kulit.

Obat Kurap Canesten

Canesten merupakan obat kurap yang mengandung Hydrocortisone yang mampu dengan cepat menghentikan dan mematikan pertumbuhan jamur penyebab kurap pada kulit. Hydrocortisone juga memiliki efek mengurangi rasa gatal dan bercak kemerahan sehingga lebih nyaman selama pengobatan dan tidak menimbulkan bekas di kulit.

Canesten dapat dibeli dengan bebas dan digunakan sesuai aturan pakai, dosis dan penggunaan berbeda sesuai dengan umur. Umumnya kurap akan sembuh dalam waktu sekitar satu minggu, jika tidak terdapat kesembuhan maka wajib dilakukan konsultasi ke dokter kulit.

Baca juga : cara menghilangkan kurap serta bekasnya disertai 6 nama obat topikal dan oral

ARTIKEL TERKAIT