Obat Batuk Silex : Indikasi, Dosis, Dan Efek Samping

130
Indikasi Silex
Indikasi Silex

Bidhuan.id – Apakah anda pernah tahu obat batuk silex yang menjadi salah satu obat rekomendasi para dokter? Indikasi atau kegunaan utama yang terdapat pada Silex adalah untuk mengatasi batuk basah atau batuk berdahak yang biasanya dialami oleh seseorang yang memiliki kebiasaan merokok. Adapun mengenai komposisi dari Silex, ia sebenarnya merupakan gabungan antara obat herbal dan juga obat kimiawi.

Obat batuk Silex sendiri memiliki komposisi utama yaitu guaifenesin yang mana zat tersebut termasuk ke dalam ekspektoran yang berfungsi untuk melancarkan penyumbatan yang diakibatkan oleh produksi dahak atau yang juga disebut dengan mucus yang terjadi pada hidung. Sementara itu, untuk komposisi herbal yang terkandung di dalam Silex adalah ekstrak pimula, thyme, dan juga berasal dari ekstrak tanaman marshmallow.

Untuk anda yang ingin membeli Silex, anda tidak perlu memperoleh resep dokter. Kenapa? Karena Silex termasuk ke dalam obat bebas sehingga anda bisa langsung menuju apotek dan membeli obat tersebut. Dan juga, beberapa mengatakan bahwasanya Silex aman untuk dikonsumsi ibu hamil sehingga tergolong ke dalam obat batuk ibu hamil yang aman digunakan saat hamil.

Informasi selengkapnya mengenai Silex akan kami jelaskan pada beberapa poin di bawah ini:

Obat Batuk Silex
Obat Batuk Silex

Mengenal Lebih Jauh Tentang Obat Silex

Seperti halnya yang telah kami jelaskan sebelumnya bahwasanya fungsi utama yang ada pada Silex adalah untuk mengobati batuk berdahak. Di dalam mengkonsumsi Silex, anda harus menyesuaikan takaran dosis yang ada pada obat tersebut dengan kebutuhan anda.

Hal ini bisa anda lihat lebih jelas pada kemasan yang sudah tersedia pada Silex dimana nanti anda bisa melihat tentang dosis yang harus digunakan oleh seseorang yang ingin meminum Silex.

Kegunaan Silex

Silex adalah obat untuk mengobati batuk berdahak yang mana kondisi tersebut bisa diakibatkan oleh beberapa hal seperti di bawah ini:

  • Bronkitis
  • Flu
  • Batuk rejan
  • Batuk yang disebabkan karena merokok
  • Dan juga bronkitis

Selain itu, dengan mengkonsusmi Silex secara rutin, maka pernapasan anda akan lebih lega dikarenakan sebelumnya anda mengalami gangguan pernapasan yang disebabkan oleh banyaknya dahak yang menumpuk di hidung serta saluran pernapasan.

Kontraindikasi Silex

  • Bagi anda yang pernah mengalami alergi terhadap apa yang terkandung di dalam Silex, maka kami sarankan untuk berhati-hati ketika menggunakan obat ini.
  • Adapun anda yang terindikasi pernah mengalami hipersensitifitas ketika menggunakan obat-obatan, maka kemungkinan dokter akan menyarankan anda untuk menggunakan obat yang lainnya.

Bagi anda yang ingin memperoleh informasi lebih lengkap yang berhubungan dengan kontraindiksi dari Silex, maka anda bisa bertanya kepada dokter.

Baca: 5 Merk Obat Batuk Untuk Ibu Hamil Yang Dijual Di Apotek

Dosis Silex

Dosis Silex
Dosis Silex

Berikut ini adalah informasi seputar dosis obat Silex yang sangat penting anda perhatikan sebelum anda menggunakan obat tersebut. Mengetahui dan memahami dosis pada suatu obat akan sangat berguna agar supaya anda tidak sampai mengalami kelebihan dosis yang malah akan merugikan diri anda sendiri.

  • Dosis yang harus diberikan kepada orang dewasa adalah sebanyak 15 ml yang mana nantinya dosis tersebut berupa 3 sendok makan yang akan diberikan dalam 3 atau 4 kali sehari.
  • Sementara untuk dosis yang diberikan kepada anak-anak yang berusia antara 2 sampai dengan 5 tahun dan ingin menggunakan Silex adalah sebanyak 5 ml atau 1 sendok makan dan juga harus diberikan dalam 3 sampai dengan 4 kali dalam sehari.

Pemberian dosis Silex tentu saja akan disesuaikan dengan kondisi tubuh anda serta seberapa parah batuk yang anda alami. Jika ternyata dosis yang selama ini anda gunakan masih belum menunjukkan tanda bahwa kondisi anda semakin membaik, maka anda bisa langsung menghubungi dokter dan memberitahu seputar kondisi anda tersebut.

Cara Penggunaan Silex

  • Obat Silex disarankan untuk digunakan setelah makan agar nantinya dapat dengan mudah diproses oleh tubuh.
  • Setelah anda selesai meminum Silex, maka anda disarankan untuk banyak-banyak minum air putih.
  • Jangan lupa untuk selalu mengikuti segala aturan yang sudah tertera pada kemasan obat Silex maupun juga berdasarkan instruksi yang telah diberikan oleh dokter anda.
  • Penggunaan antara dosis yang satu dengan dosis yang lainnya dianjurkan dengan jarak yang sama. Hal ini bertujuan agar supaya kinerja dari Silex bisa lebih maksimal untuk kesembuhan batuk berdahak yang anda alami.
  • Jika ternyata dosis Silex lupa atau anda tidak meminumnya, maka anda harus segera meminum obat tersebut pada saat anda mengingatnya nanti dengan catatan jika dosis setelahnya masih berjarak kurang lebih 5 jam maupun juga lebih.

Efek Samping Silex

Beberapa hal yang berhubungan dengan efek samping akibat menggunakan Silex antara lain seperti berikut:

  • Penggunaan Silex dapat menyebabkan beberapa gangguan kepada anda yang menggunakan obat ini. Beberapa gangguan tersebut seperti diare, mual, muntah, atau juga sakit kepala.
  • Penggunaan Silex juga bisa menimbulkan masalah kepada anda yaitu berupa sembelit, ruam kulit, dan juga galigata.
  • Untuk penggunaan Silex dalam jangka waktu yang lama juga kemungkinan bisa menyebabkan anda bisa terkena permasalahan pada ginjal, meskipun diketahui bahwasanya kondisi seperti ini masih mnim terjadi.

Baca juga: 5 Obat Batuk Alami Untuk Batuk Kering Dan Berdahak Tanpa Efek Samping

Peringatan dan Perhatian Penggunaan Silex

  • Jika anda juga sedang menggunakan obat-obatan yang lainnya, maka anda harus memberitahu dokter agar nanti dokter bisa memberikan dosis yang terbaik untuk kondisi anda tersebut.
  • Jangan menggunakan alat berat maupun juga mengemudikan kendaraan ketika anda sudah selesai menggunakan Silex.

Demikian penjelasan dari kami tentang obat batuk Silex. Semoga bermanfaat.