Obat Sakit Gigi Cataflam: Kegunaan, Dosis, dan Efek Samping

1809
Obat Sakit Gigi Cataflam - Kegunaan Dosis dan Efek Samping
Obat Sakit Gigi Cataflam - Kegunaan Dosis dan Efek Samping

Bidhuan.id – Obat sakit gigi cataflam adalah salah satu jenis obat sakit gigi yang berfungsi untuk menghilangkan rasa sakit dan nyeri pada bagian gigi yang sakit. Sakit gigi sendiri bisa diakibatkan oleh adanya banyak faktor. Salah satu faktor penyebab sakit gigi yang paling sederhana adalah gigi yang berlubang untuk faktor ini ketahuilah 4 obat sakit gigi berlubang dan cenat cenut paling ampuh dan cepat mengobati sakit gigi.

Pada obat ini, terkandung zat aktif bernama Diclofenac potassium yang memiliki fungsi untuk meredakan peradangan dan pembengkakan yang terjadi disekitar gigi yang sakit. Obat ini dijual dengan harga sekitar Rp 7.000,- per tabletnya. Dalam satu box obat Cataflam terdapat 5 blister dengan isi 10 tablet per blister.

Obat sakit gigi cataflam

Kegunaan, Dosis, dan Efek Samping Obat Cataflam

Tentunya suatu obat tertentu akan memiliki kegunaan, dosis pemakaian, dan efek samping yang bisa muncul sesaat sesudah konsumsi obat. Sama seperti halnya dengan obat lain yang memiliki beberapa efek tersebut, maka berikut ini adalah informasi yang akan saya bagikan mengenai obat sakit gigi cataflam untuk Anda.

Manfaat Cataflam untuk Sakit Gigi

Manfaat Cataflam untuk Sakit Gigi

Manfaat Cataflam sendiri adalah untuk membantu mengurangi rasa sakit pada gigi yang diakibatkan oleh kondisi gigi yang meradang dan bengkak. Kemampuan obat ini untuk mengobati gigi yang meradang dan bengkak ini disebabkan oleh adanya zat aktif berupa Kalium Diklofenak dan Natrium Diklofenak dosis, kegunaan, efek samping dan harga di apotik.

Kalium Diklofenak yang berada didalam obat Cataflam ini akan bekerja dengan cara menghambar produksi enzim siklooksigenase. Enzim siklooksigenase inilah yang bertanggung jawab atas adanya rasa sakit dan nyeri pada gigi karena enzim ini menjadi salah satu zat yang mendukung pembentukan zat prostaglandin yang menyebabkan rasa sakit. Ketika produksi enzim siklooksigenase ini dihambat, maka rasa sakit yang adapun bisa berkurang karena produksi zat prostaglandin juga ikut berkurang.

Dosis Cataflam untuk Sakit Gigi

Dosis Cataflam untuk Sakit Gigi

Memperhatikan dosis penggunaan obat apapun tentunya adalah hal yang sangat penting untuk diperhatikan. Hal ini dianjurkan untuk dilakukan agar kita bisa menyesuaikan dosis obat tertentu dengan kondisi yang kita perlukan. Mungkin kita pernah berpikir bahwa dengan mengkonsumsi dosis yang terlalu tinggi atau lebih tingggi dari anjuran penggunaan obat mampu membantu kita untuk terbebas dari rasa sakit lebih cepat. Sayangnya, hal ini hanya membahayakan keselamatan kita sendiri.

Konsumsi obat dengan dosis yang tinggi bisa meningkatkan resistensi tubuh terhadap suatu obat tertentu bahkan bisa menyebabkan kematian karena tubuh yang tidak bisa menerima obat dengan dosis yang terlalu tinggi. Dan oleh karena dampak – dampak buruk yang bisa terjadi, maka ada aturan penggunaan obat dengan dosis tertentu sesuai dengan usia penderita.

Untuk mengkonsumsi obat Cataflam sendiri akan dianjurkan apabila orang dewasa mengkonsumsi obat ini membatasi dosis konsumsi obat ini di angka 150 mg saja. Apabila tablet obat Cataflam memiliki dosis sebesar 50 mg, maka obat ini bisa dikonsumsi sebanyak 2 – 3 kali dalam sehari.

Dosis yang berbeda akan diterapkan pada anak – anak. Untuk anak – anak yang berusia diatas 14 tahun maka jumlah dosis obat ini akan dibatasi sampai 100 mg. Dengan obat tablet yang memiliki dosis 25 mg maka obat ini hanya bisa dikonsumsi sebanyak 3 – 4 kali dalam sehari.

Karena Cataflam, obat nyeri dan pereda rasa sakit yang ampuh sendiri bisa dikonsumsi untuk membantu menyembuhkan kondisi lain disamping sakit gigi, maka dosis yang berbeda juga bisa diterapkan berdasarkan kondisi dan usia penderita.

Efek Samping Cataflam Obat Sakit Gigi

Sama seperti jenis obat lainnya, Cataflam juga bisa memiliki efek samping terhadap penderita sesudah mengkonsumsi obat ini. Oleh karena itu, maka saya akan memberikan beberapa infromasi seputar efek samping Cataflam obat sakit gigi agar Anda bisa menyesuaikan penggunaan obat ini sesuai dengan kondisi Anda dan bisa terhindar dari efek samping yang buruk.

Efek samping dari penggunaan obat sendiri terbai menjadi dua. Yaitu efek samping ringan dan efek samping yang berat atau lebih serius. Untuk efek samping ringan akibat mengkonsumsi Cataflam sendiri bisa meliputi rasa kantuk, pusing, mual, sakit kepala, dan hidung yang tersumbat. Sedangkan untuk efek samping yang berat atau lebih serius bisa meliputi kondisi alergi yang menyebabkan pembengkakan, anemia, gangguan pernapasan, dan gangguan emosi yang menjadi tidak stabil.

Apabila ada salah satu dari beberapa efek samping yang berat ini terjadi dan dirasakan dalam kurun waktu yang cukup lama, maka jangan segan – segan untuk segera memeriksakan diri ke dokter. adanya beberapa efek samping yang berat ini bisa diakibatkan oleh tubuh kita yang ternyata alergi obat sakit gigi Cataflam.

Alergi obat adalah salah satu hal yang cukup sering terjadi. Oleh karena itu, biasanya seseorang yang sedang dirawat inap akan menjalani berbagai tes termasuk tes alergi obat karena adanya alergi pada obat tertentu terutama apabila dibutuhkan dalam dosis besar bisa menyebabkan komplikasi dan mengancam nyawa seseorang.

Ketahui juga adanya mekanisme kerja antibiotik itu bagaimana untuk membantu kita tahu lebih banyak mengenai efek samping yang bisa timbul dari konsumsi obat – obatan tertentu.

Baca: Penjelasan Lengkap Cataflam Obat Apa? Indikasi, Kegunaan dan Gambar

Itulah informasi yang bisa saya bagikan mengenai obat sakit gigi cataflam. Semoga informasi ini bisa berguna bagi kita semua untuk mengetahui lebih jauh mengenai salah satu jenis obat sakit gigi.

Karena sakit gigi bisa memberikan dampak pada kondisi kesehatan lainya maka jangan segan- segan untuk memeriksakan diri ke dokter gigi apabila ditemukan kondisi yang tidak baik dalam jangka waktu yang cukup lama dan mulai membuat Anda resah. Selain mengetahui beberapa informasi mengenai obat cataflam, temukan juga artikel yang masih berkaitan dengan kesehatan gigi lainnya pada website ini seperti tips ampuh cara memutihkan gigi alami.