Cataflam Obat Sakit Gigi: Indikasi, Dosis Dan Efek Samping Di Dalamnya

1139
Cataflam Obat Sakit Gigi - Indikasi Dosis Dan Efek Samping Di Dalamnya
Cataflam Obat Sakit Gigi - Indikasi Dosis Dan Efek Samping Di Dalamnya

Bidhuan.id – Apakah anda sudah tahu tentang cataflam obat sakit gigi ? Memang merk obat yang satu ini sudah cukup terkenal karena sejak dahulu khasiatnya sudah banyak memberikan manfaat di dalam kesembuhan gigi. Kandungan zat aktif berupa asam diklofenak yang memiliki peran untuk mengatasi nyeri ringan sampai dengan sedang itulah yang akan berguna di dalam meringankan nyeri yang terjadi atau dialami oleh pasien yang menderita sakit gigi.

Cataflam obat sakit gigi termasuk jenis obat yang tergolong OAINS yang merupakan singkatan dari obat anti-inflamasi nonsteroid. Memang secara umum obat ini memiliki fungsi utama di dalam mengatasi sakit gigi, namun ternyata indikasi dari obat tersebut ternyata masih banyak yang akan kami bagikan kepada anda.

Cataflam Obat Sakit Gigi
Cataflam Obat Sakit Gigi

Mengenal tentang Cataflam

Seperti yang telah kami jelaskan sebelumnya bahwa obat ini bukan hanya berguna untuk menghilangkan nyeri pada seseorang yang menderita sakit gigi, namun juga digunakan untuk mengatasi berbagai nyeri ringan sampai dengan nyeri sedang yang mana kondisi ini tentu saja akan sangat mengganggu kegiatan anda.

Bagi anda yang ingin mengkonsumsi cataflam, maka anda harus pergi ke dokter terlebih dahulu karena memang obat yang satu ini tergolong salah satu obat resep sehingga anda tidak bisa mendapatkannya di apotek tanpa harus membawa resep dokter.

Informasi lebih lengkap mengenai cataflam akan kami ulas di bawah ini, namun sebelumnya silahkan anda simak informasi berikut ini Obat Nyeri Sendi Oste Forte dan juga Feminax: Obat Untuk Mengatasi Nyeri.

1. Indikasi Cataflam

Indikasi Cataflam
Indikasi Cataflam

Beberapa indikasi yang terkandung di dalam cataflam antara lain:

  • Obat yang sangat ampuh untuk membantu mengatasi sakit kepala yang tak kunjung sembuh.
  • Obat ini juga menjadi salah satu pilihan utama di dalam mengatasi radang sendi maupun juga pengapuran yang terjadi pada sendi atau yang lebih kita kenal dengan istilah osteoarthritis.
  • Fungsi lain yang terkandung di dalam cataflam adalah untuk membantu di dalam meringankan nyeri yang terjadi pada area punggung.
  • Sakit yang disebabkan oleh patah tulang maupun juga sakit kepala sebelah atau migrain juga bisa disembuhkan dengan mengkonsumsi cataflam.
  • Indikasi lain yang juga ada di dalam cataflam adalah meringankan rasa nyeri dan sakit yang dialami oleh pasien yang baru selesai menjalani operasi gigi.
  • Pada beberapa kasus ternyata cataflam juga merupakan obat yang terbukti ampuh mengatasi nyeri pada saat menstruasi atau yang lebih dikenal dengan istilah dismenore.

2. Kontraindikasi Cataflam Obat Sakit Gigi

  • Perlu anda tahu bahwa pasien yang sebelumnya sudah terindikasi mengalami alergi terhadap zat yang terkandung di dalam cataflam tidak dianjurkan untuk mengkonsumsinya karena dikhawatirkan bisa menimbulkan masalah yang tidak diinginkan.
  • Pasien yang sebelumnya sudah pernah mengalami hipresensitifitas seharunya tidak menggunakan obat ini sebagai pilihan pertama, kecuali memang sudah mendapatkan penjelasan dan instruksi dokter.
  • Sementara bagi seseorang dengan penyakit tukak lambung maupun tukak usus, agar supaya berkomunikasi dengan dokter mengenai keamanan jika obat ini dikonsumsinya.
  • Dan bagi pasien dengan masalah gagal jantung kongesif ataupun CHF, maupun kondisi lainnya seperti penyakit jantung, penyakit perifer, dianjurkan juga untuk berbicara kepada dokter sebelum memutuskan untuk mengkonsumsi obat cataflam.

3. Dosis Cataflam Obat Sakit Gigi

Dosis Cataflam Obat Sakit Gigi
Dosis Cataflam Obat Sakit Gigi

Anda harus selalu memperhatikan dan menggunakan dosis cataflam maupun obat-obatan resep lainnya sesuai dengan yang telah ditentukan oleh dokter karena di dalam pemberian dosis biasanya dokter akan melihat kondisi tubuh anda terhadap obat yang nantinya akan anda konsumsi.

  • Dosis yang diberikan bagi penderita dismenore adalah sebanyak 50 mg dan dikonsumsi selama 3 kali dalam sehari. Biasanya dokter nantinya akan memberikan dosis awal sebanyak 100 mg dan kemudian secara bertahap akan diturunkan menjadi 50 mg.
  • Bagi pasien yang ingin menghilangkan pengapuran pada tulang, maka dosis yang diberikan adalah sebanyak 100 sampai dengan 150 mg per hari. Dosis tersebut juga bisa dibagi menjadi 50 mg dan dikonsumsi sebanyak 2 kali dalam sehari.
  • Sementara itu, pasien yang menderita rheumatoid yang ingin mengkonsumsi cataflam adalah diberikan dosis sebanyak 150 sampai dengan 200 mg. Dosis tersebut juga bisa diberikan dalam tiga atau bahkan dosis terbagi yang masing-masing sebanyak 50 mg.
  • Dosis untuk penyembuhan nyeri pada gigi adalah sebanyak 150 sampai dengan 200 mg per hari dan bisa diberikan dalam 3 dosis terbagi yakni masing-masing 50 mg.

Jika anda ingin mengetahui informasi yang lebih lengkap berkenaan dosis dosis cataflam, maka anda bisa bertanya kepada dokter karena dokter akan senang hati memberikan informasi tersebut kepada anda.

Baca: Voltadex Tablet : Obat Keras Dewasa untuk Meredakan Nyeri dan Peradangan

4. Efek Samping Cataflam Obat Sakit Gigi

  • Efek samping mengkonsumsi cataflam terhadap saluran pencernaan antara lain mual, muntah, atau juga bisa menyebabkan konstipasi.
  • Obat ini ternyata mampu memberikan efek samping berupa diare, terutama jika cataflam diberikan pada pasien yang sebelumnya telah memiliki riwayat alergi.
  • Sementara efek samping yang berhubungan dengan sistem saraf adalah bisa mengakibatkan sakit kepala, pusing, maupun kondisi-kondisi lainnya.
  • Cataflam merupakan obat yang bisa menyebabkan kantuk. Sehingga selama mengkonsumsinya anda dilarang mengemudikan kendaraan atau melakukan aktivitas yang menguras tenaga.
  • Sementara efek samping yang masuk kedalam golongan jarang terjadi adalah seperti gatal, ruam kulit, atau juga biduran. Namun jika misalnya anda mengalami hal tersebut, maka segeralah menghubungi dokter guna mendapatkan perawatan secepatnya.

Demikian informasi yang bisa kami sampaikan kepada anda mengenai cataflam obat sakit gigi. Semoga bermanfaat bagi anda semuanya.