Apa itu ASMR? Simak Pengertian, Sejarah, Beserta Manfaatnya

84
apa itu ASMR

Bidhuan.id – Apa itu ASMR? Kenapa bisa ASMR bisa viral? Kali ini kami akan mengajak anda semuanya untuk berkenalan dengan ASMR yang mana kita mungkin masih belum mengetahui lebih detail tentang istilah tersebut atau mungkin kita malah belum mengetahui sama sekali.

Jika ada yang bertanya tentang apa itu ASMR, maka jawaban anda adalah ASMR berasal dari Autonomous Sensory Meridian Response. ASMR merupakan bunyi-bunyi yang dianggap oleh banyak orang sebagai bunyi yang menenangkan. ASMR juga bisa berasal dari sebuah bunyi yang berasal dari benda yang dipukul terus-menerus secara konstan. Bisa juga ASMR berasal dari gesekan antara pena dengan kertas ketika seseorang sedang menulis.

Selain itu, ASMR juga bisa anda dapatkan dari suara gemercik air atau mungkin bisa berasal dari orang yang makan. Namun yang memberikan keunikan tersendiri adalah bunyi-bunyian tersebut malah bisa mengakibatkan orang merasa tenang, rileks. Bahkan tidak sedikit orang yang berpandangan bahwa suara dari ASMR inilah yang bisa membantu anda mengatasi solusi masalah sulit tidur atau yang juga kita kenal dengan insomia.

Baca: Begini Pelayanan Kesehatan Berbasis Teknologi di Masa Depan

Mengenal Lebih Dalam Tentang ASMR

Berikut ini kami akan memberikan informasi yang lebih lengkap mengenai apa itu ASMR. Informasi ini bisa berupa manfaat, sejarah, dan hal-hal lainnya yang penting untuk anda ketahui.

1. Sejarah ASMR

apa itu ASMR

Perlu dipahami bahwa istilah ASMR merupakan istilah yang pertama kali diperkenalkan oleh seseorang yang bernama Jeniffer Allen. Ia merupakan pakar keamanan siber yang berhasil memperkenalkan sekaligus mempopulerkan ASMR di tahun 2010. Istilah ini mengacu pada sebuah sensasi yang menggelitik yang terjadi pada otak, leher, kulit, atau bagian tubuh yang lainnya.

Sensasi tersebut berasal dari respon yang dialami oleh tubuh ketika mendengar suara yang berasal dari ASMR maupun video. Sementara itu, jika dikaitkan dengan dunia ilmiah maka ASMR sebenarnya memiliki kemiripan dengan sinestesi atau penggabungan indera yang bisa memiliki rasa, contohnya adalah suara yang bisa menghasilkan efek visual.

Baik ASMR maupun sinestesia merupakan dua hal yang bisa memberikan sensasi kepada orang-orang yang mengalaminya. Meskipun tidak semua dapat merasakan sensasi ini karena kembali lagi bahwa manusia memiliki tingkat rangsangan dan ciri khas yang berbeda-beda antara satu dengan yang lainnya.

Namun, sudah bertahun-tahun lamanya dan mungkin sampai sekarang di beberapa daerah atau negara baik ASMR maupun sinestesia masih kurang begitu diperhatikan. Alasannya mungkin karena dua hal ini lebih kepada imaginatif sehingga tidak perlu dilakukan penelitian karena buat apa meneliti suatu yang abstrak. Mereka lebih memilih untuk melakukan penelitian terhadap hal-hal yang bersifat sensorik yang bersifat konkret.

Akan tetapi, dengan perkembangan dunia teknologi dan internet yang sudah semakin maju. Semua orang bisa mendapatkan dan berbagai informasi apapun dengan mudah dan cepat. Anda bisa dengan mudah mendapatkan banyak contoh dari ASMR yang terdapat di Youtube atau media sosial.

ASMR tersebut juga bisa bermacam-macam. Ada yang merupakan ASMR makanan, berbisik, mengetuk pintu, dan lain sebagainya. Jika anda ingin tahu sendiri maka silahkan anda buka Youtube dan kemudian anda tinggal mengetikkan ASMR. Di sana ada banyak video yang bisa anda amati dan mungkin anda bisa menarik kesimpulan atau belajar melalui video tersebut.

Baca juga: Mata Panda Hilang Seketika dengan 5 Cara Menghilangkan yang Jitu

2. Apa Saja Manfaat ASMR?

apa itu ASMR

Setelah anda mempelajari informasi tentang pengertian dan juga sejarah yang berkaitan dengan ASMR. Maka berikut ini kami akan menjelaskan kepada anda tentang manfaat yang bisa anda dapatkan dari ASMR. Namun yang harus diperhatikan bahwa tidak semua orang dapat mendapatkan efek dari mendengar rekaman suara atau mendengar video.

Namun tidak sedikit juga orang yang sudah mencoba menggunakan ASMR ini dan ternyata berhasil. Anda bisa cek sendiri beberapa Youtuber seperti Spirit Rayton yang menggunakann ASMR makanan dan Maria yang menggunakan ASMR bisikan. Mereka menggunakan ASMR ini dikarenakan memiliki pengalaman depresi yang membuat aktivitasnya terganggu sehingga mereka ingin menghilangkannya.

Mereka yang sudah menggunakan ASMR tidak memungkiri bahwa dengan mendengarkan bunyi-bunyian tersebut membuat mereka bisa lebih rileks. Bahkan ada yang sampai tertidur karena mungkin saking nyamannya mereka selama menggunakan ASMR. Hal ini juga dipertegas dengan penjelasan yang dipaparkan oleh seorang profesor yang ahli di bidang neurologi.

Profesor tersebut berasal dari Columbia Medical Center dan berdasarkan keterangan dari seseorang yang menjabat sebagai Direktur Sleep Disorders Center yang berasal dari Brazil bahwa visual yang memanfaatkan suara ASMR mampu menjadi sebuah ruang istirahat otak bagi siapapun yang mendengarkannya.

Baca: Senam Yoga dan 19 Manfaatnya serta Fungsinya Untuk Kesehatan dan Kecantikan

Dengan begitu, otak mereka memiliki waktu atau ruang untuk melakukan imaginasi, hipnotis, relaksasi, dan juga meditasi. Hal-hal inilah yang sangat dibutuhkan oleh seseorang yang diketahui sedang mengalami depresi, sulit tidur atau insomnia dan gangguan-gangguan lainnya.

Kesimpulan dari penjelasan apa itu ASMR adalah ia merupakan suara yang bisa berasal dari makanan, bisikan, atau suara-suara lainnya yang memberikan efek menenangkan dan membuat siapapun merasa nyaman ketika mendengarnya. ASMR ini bisa digunakan sebagai metode untuk mengobati insomnia muapun depresi.

Memang tidak semua orang mampu merasakan rangsangan dan kenyamanan yang diperoleh dari ASMR. Akan tetapi, mayoritas orang sudah membuktikan sendiri bahwa ASMR memang ampu membuat pikiran mereka menjadi lebih rileks, tenang, dan santai sehingga membuat mereka bisa mulai berimaginasi karena pikirannya sudah tenang.