8 Tips dan Cara Mengirim Lamaran Lewat Email Sesuai Ketentuan

0
1524
Cara Mengirim Lamaran Lewat Email
Cara Mengirim Lamaran Lewat Email

Bidhuan.id – Bagaimana cara mengirim lamaran lewat email? Sekarang kemajuan teknologi sudah semakin canggih. Banyak kemudahan yang bisa kita peroleh karena teknologi yang sudah semakin berkembang. Salah satu manfaat tersebut adalah berkaitan dengan dunia kerja. Tidak sedikit perusahaan yang tidak bisa lepas dari teknologi. Contohnya seperti ketika perusahaan hendak merekrut karyawan.

Sebelumnya ketika perusahaan hendak merekrut karyawan baru, maka mereka menginformasikan bahwa surat lamaran tersebut harus dikirim langsung ke alamat tujuan. Itu artinya ada dua kemungkinan. Yang pertama, seseorang yang melamar pekerjaan harus datang langsung ke tempat kerja dan menyerahkan surat lamarannya. Yang kedua adalah perusahaan bisa datang ke kantor pos dan mengirimkan surat lamarannya melalui pos.

Akan tetapi, semua itu tentu memerlukan waktu yang tidak sebentar. Maka dari itu, perusahaan memilik cara yang paling mudah dan cepat dimana karyawan bisa mengirimkan surat lamarannya melalui email. Kemudian bagaimana cara mengirim lamaran lewat email? Untuk mengetahui jawaban tersebut silahkan anda simak penjelasan yang akan kami berikan secara lengkap di bawah ini.

Baca: Mengapa Anda Ingin Bekerja di Perusahaan Kami? Ini Jawaban yang Tepat!

Tips Mengirim Lamaran Lewat Email dengan Benar

Tips Mengirim Lamaran Lewat Email dengan Benar
Tips Mengirim Lamaran Lewat Email dengan Benar

Dalam mengirim surat lamaran, anda tidak bisa langsung mengirim surat lamaran kerja tesebut secara sembarangan. Anda tidak bisa langsung membuka email dan langsung mengetik di sana bahwa anda ingin melamar pekerjaan. Ada serangkaian ketentuan dan prosedur yang harus diperhatikan agar supaya surat lamaran anda sesuai dengan ketentuan.

Maka dari itu, di bawah ini kami sudah memiliki informasi menarik mengenai tips dalam mengirim surat lamaran pekerjaan melalui email. Dengan begitu, anda tidak akan kesulitan ketika perusahaan meminta agar calon pelamar mengirimkan surat lamaranya secara online atau lewat email.

1. Menyiapkan semua dokumen

Tips pertama yang perlu anda perhatikan adalah siapkan semua dokumen yang diperlukan. Ingat, karena anda harus mengirimkan lamaran pekerjaan via email, maka dokumen yang harus anda lampirkan sudah anda scan. Kami sarankan agar anda tidak melakukan pengeditan terhadap dokumen tersebut.

Selain itu, perhatikan ukuran file dari masing-masing dokumen. Jangan sampai ukuran file-nya terlalu besar. Biasanya perusahaan sudah memiliki ketentuan sendiri tentang berapa maksimal kapasitas file yang boleh dikirim dan apa saja format file tersebut, apakah menggunakan doc, pdf, JPG, JPEG, dan lain-lain.

2. Menggunakan nama email yang benar

Maksud menggunakan alamat email yang benar adalah anda harus menggunakan alamat email berupa nama asli. Jangan menggunakan nama samaran atau nama julukan. Gunakanlah nama asli anda, misalnya [email protected]. Menggunakan alamat email dengan nama samaran hanya akan mempengaruhi peluang anda diterima di perusahaan tersebut.

3. Perhatikan kapan anda mengirimkan lamaran pekerjaan

Meskipun perusahaan sudah menjelaskan bahwa anda bisa mengirimkan lamarannya selama 24 jam, namun anda tetap harus melihat kapan surat lamaran anda akan dikirimkan. Jangan mengirimkan surat lamaran jam 12 malam. Maka dari itu, lebih baik anda mengirimkannya di jam kerja perusahaan agar perusahaan bisa langsung mengecek jika ada email yang masuk.

Cara Mengirim Lamaran Lewat Email Dengan Benar

Cara Mengirim Lamaran Lewat Email Dengan Benar
Cara Mengirim Lamaran Lewat Email Dengan Benar

1. Mengisi alamat email perusahaan

Cara mengirim lamaran lewat email yang pertama harus anda lakukan adalah menulis alamat perusahaan. Hal pertama yang harus dilakukan adalah mengetahui alamat email perusahaan. Biasanya pada profil perusahaan maupun pengumuman lowongan kerja alamat ini sudah disertakan.

Anda tinggal menulisnya di kolom alamat yang ada di email. Jangan lupa untuk melakukan pengecekan sebelum anda melakukan tahap selanjutnya. Pastikan bahwa alamat email tersebut benar milik perusahaan yang anda lamar. Dengan begitu, maka lamaran anda tidak sampai salah alamat yang berakibat anda tidak bisa bekerja di sana.

2. Mengisi judul atau subjek email

Jika anda sudah menulsi alamat perusahaan dengan benar, maka langkah kedua adalah anda harus menulis judul atau subjek email. Memang ada perusahaan yang tidak memberikan ketentuan khusus terkait penulisan judul maupun subjek email. Namun ada juga perusahaan yang memberikan ketentuan dalam menuliskan judul email. Jika anda melamar pekerjaan yang tidak memberikan ketentuan khusus dalam penulisan subjek email, bukan berarti anda mengosongkan kolom ini.

Kami sarankan agar anda tetap menulis subjek email. Tujuannya adalah agar perusahaan bisa langsung mendapatkan informasi tentang lamaran anda. Bagian subjek atau judul email ini biasanya ditulis jabatan atau posisi yang dilamar dan juga nama. Misalnya, Lamaran Staff Purchasing – Andi Nugroho.

3. Mengisi badan atau body email

Sama halnya dengan penjelasan di poin kedua, ada perusahaan yang memiliki ketentuan khusus dalam penulisan body email dan ada perusahaan yang tidak menjelaskan atau memiliki ketentuan tersebut. Secara umum, body email biasanya berisi tentang salam pembuka dan juga sedikit memperkenalkan identitas anda.

Kemudian anda teruskan dengan mengisi lowongan pekerjaan anda dapat darimana. Setelah itu, barulah anda cantumkan informasi tentang posis yang anda lamar. Ingat, jangan terlalu panjang dalam menuliskan body email agar lamaran anda tidak diabaikan.

4. Melampirkan semua persyaratan

Persyaratan merupakan hal yang sangat penting dan tidak boleh anda abaikan. Cara mengirim lamaran lewat email agar bisa diterima adalah dengan melampirkan semua persyaratan yang dibutuhkan. Selain itu, persyaratan tersebut harus anda lampirkan sesuai dengan format yang diinginkan perusahaan. Anda juga bisa melampirkan persyaratan pendukung atau tambahan lainnya untuk memperbesar peluang anda diterima kerja.

5. Lamaran siap dikirim

Cara mengirim lamaran lewat email yang terakhir adalah cek semua persyaratan dan ketentuan surat lamaran anda. Jika sudah benar dan tidak ada kesalahan sedikit pun, maka anda tinggal mengklik tombol Kirim atau tombol Send.

 

BACA JUGA