5 Hal Penting Misi dan Visi Dalam Bekerja

220
visi dalam bekerja
visi dalam bekerja

Bidhuan.id – Seberapa penting misi dan visi dalam bekerja? Setiap perusahaan, instansi, organisasi, maupun institusi pun pasti hadir dengan visi dan misinya masing-masing. Visi atau tujuan yang mereka miliki tersebut biasanya dibagi menjadi dua atau tiga, ada yang tujuannya untuk jangka pendek, menengah, sampai ada perusahaan yang memiliki tujuan jangka panjang.

Namun inti dari tujuan atau visi dalam bekerja adalah agar supaya pekerjaan yang kita jalani atau perusahaan tempat kita bekerja mampu mencapai apa yang sudah dicita-citakan sebelumnya. Maka dari itu, dalam setiap kegiatan atau aktivitasnya, perusahaan mempunyai sebuah dasar atau pegangan yang mana setiap kegiatan tersebut harus berdasarkan dengan dasar yang dimiliki perusahaan.

Baca: RS Mata Undaan: Alamat, Visi, Misi, Pelayanan, dan Jadwal Dokter

Pengertian Visi dan Misi

Pengertian Visi dan Misi
Pengertian Visi dan Misi

Mungkin kita sudah menyadari tidak sedikit orang yang masih bingung dengan dua istilah ini. Terkadang ada orang yang ingin menulis sebuah misi namun pada dasarnya yang dia tulis tersebut merupakan visi. Sebaliknya, orang hendak menulis visi namun yang ada malah menulis misi. Maka dari itu, kami akan memberikan penjelasan tentang dua hal ini agar tidak sampai menimbulkann kebingungan lagi.

Visi berasal dari kata vision yang artinya sebuah pandangan ke depan dalam jangka waktu tertentu. Artinya, visi berarti sebuah tujuan jangka panjang yang hendak dicapai oleh perusahaan. Secara umum, visi akan ditulis secara singkat, jelas, akan tetapi dapat mencakup semua hal yang menjadi cita-cita atau tujuan dari perusahaan tersebut.

Lalu bagaimana dengan misi? Misi merupakan kegiatan atau aktivitas yang dilakukan perushaaan sebagai cara untuk mencapai tujuan tersebut. Dengan kata lain, visi merupakan kegiatan atau cara yang dilakukan agar perushaaan mampu mencapai apa yang menjadi tujuan atau visinya.

Dengan menciptakan atau membuat misi, itu berarti perusahaan memiliki dukungan dari para karyawannya. Selain itu, hal ini menandakan bahwa perusahaan tersebut mempunyai arah yang akan dilakukan agar supaya bisa meraih apa yang dicita-citakan perusahaan tersebut.

Seberapa Penting Visi dan Misi bagi Perusahaan?

Seberapa Penting Visi dan Misi bagi Perusahaan
Seberapa Penting Visi dan Misi bagi Perusahaan

Terkadang orang-orang juga bertanya kira-kira seberapa penting misi dan visi bagi perusahaan? Bagaimana jika ternyata perusahaan tersebut malah tidak memiliki visi dan misi? Apakah masih tetap bisa berjalan dan berproduksi? Perlu anda tahu bahwa setiap perusahaan, organisasi, instansi, atau institusi pasti memiliki visi dan misinya masing-masing.

Baca juga: RSUD Kota Tangerang: Visi, Misi, Fasilitas, dan Jadwal Poli

Hanya saja mungkin mereka tidak sadar jika selama ini mereka memiliki dua hal tersebut karena mungkin tidak pernah dituliskan di papan. Di bawah ini akan kami terangkan kira-kira seberapa penting visi dan juga misi bagi perusahaan.

1. Memberi standar kerja

Bagi anda yang memiliki karyawan, penting untuk menanyai karyawan tersebut tentang apa tujuannya dalam bekerja. Apakah dia memiliki cita-cita yang sama dengan perusahaan? Dengan menanyakan hal tersebut, maka karyawan tersebut mulai sadar bahwa dalam bekerja, ia harus memiliki tujuan atau cita-cita yang sama dengan perusahaan tempat dia bekerja.

Dengan begitu, maka akan terbentuk sebuah standar kerja yang optimal yang membuat kinerja perusahaan menjadi lebih baik. Bayangkan saja jika yang ada malah karyawan tersbeut memiliki cita-cita atau pemikiran yang tidak sejalan dengan perusahaan. Akibatnya, perusahaan tidak dapat menjalankan setiap aktivitasnya dengan baik karena adanya perbedaan pandangan antara karyawan dengan perusahaan.

2. Pekerjaan karyawan akan lebih bermakna

Sebenarnya, seorang yang bekerja bukan hanya bertujuan untuk memenuhi kebutuhan fisiknya. Yang mereka lakukan tersebut sebenarnya juga bertujua memenuhi kebutuhan rohaninya. Bekerja juga tentang bagaimana cara membangun hubungan yang baik antara atasan dengan karyawan maupun sesama karyawan. Oleh sebab itu, ketika perusahaan atau seseorang memiliki visi dalam bekerja, maka pekerjaan yang dilakukannya akan lebh bermakna karena ada suatu hal yang harus dicapai oleh orang tersebut.

3. Meningkatkan komitmen dan semangat kerja

Pentingnya visi dan misi dalam bekerja yang ketiga adalah untuk meningkatkan komitmen dan juga semangat kerja para karyawan. Kita tahu bahwa pegawai atau karyawan perusahaan merupakan manusia dan bukan robot yang hanya bekerja secara terus-menerus tanpa memperdulian tujuan perusahaan.

Ketika karyawan tersebut memiliki visi dan misi, maka pekerjaan yang dijalankannya akan membuatnya lebih bersemangat dan juga dia bisa berkomitmen dengan pekerjaannya tersebut. Para karyawan tidak segan akan melakukan yang terbaik agar perusahaan tempatnya bekerja mampu menghasilkan produk atau output yang baik pula.

4. Menjadi tujuan dasar perusahaan

Seperti yang kami jelaskan sebelumnya bahwa visi merupakan tujuan yang akan dicapai. Sementara misi merupakan langkah-langkah yang dilakukan untuk mencapai visi. Dikarenakan visi merupakan tujuan, maka visi tersebut dapat berperan sebagai tujuan dasar perusahaan.

Dengan adanya visi dan misi, maka perusahaan akan memiliki peta yang sangat jelas mengenai apa saja dasar yang harus dipegang teguh dalam menjalankan setiap kegiatan perusahaan. Dengan begitu, maka hal ini bisa menjadi sebuah penyebab atau pemicu perusahaan tersebut mendapatkan keuntungan yang signifikan.

5. Menjadi acuan dalam mengembangkan bisnis

Pentingnya misi dan visi dalam bekerja yang kelima adalah perusahaan bisa menjadikan dua hal ini sebagai acuan ketika hendak mengembangkan bisnis. Perusahaan memerlukan sebuah acuan yang berperan sebagai dasar atau tonggak dalam penentuan perencanaan bisnis yang hendak dikembangkan agar dapat mencapai apa yang menjadi tujuan perusahaan.

Ketika perusahaan sudah memiliki visi dan misi, maka perusahaan tersebut sudah tidak perlu lagi mencari acuan lain untuk mengembangkan usaha atau bisnisnya. Hal inilah yang juga kamu temukan pada visi dan misi RS Harapan Bunda.