Mengapa Anda Ingin Bekerja di Perusahaan Kami? Ini Jawaban yang Tepat!

269
Mengapa Anda Ingin Bekerja di Perusahaan Kami
Mengapa Anda Ingin Bekerja di Perusahaan Kami

Bidhuan.id – Mengapa Anda Ingin Bekerja di Perusahaan Kami? Ini adalah salah satu pertanyaan yang biasanya selalu dilontarkan oleh seorang pewawancara. Wawancara atau interview merupakan bagian dari prosedur yang harus dilewati seorang pelamar kerja. Interview juga menjadi tes yang sangat penting bagi perusahaan dalam memilih calon karyawan. Lewat wawancara, pihak perusahaan akan bisa menilai apakah calon pekerjanya layak diterima atau tidak.

Jadi, jika kamu hendak melewati tes wawancara, ada baiknya mempersiapkan diri untuk menjawab berbagai pertanyaan yang akan diajukan saat interview. Berikanlah jawaban dengan hati-hati dan bijak agar ada kemungkinan untuk kamu akan lolos tes wawancara. Jangan menjawab setiap pertanyaan tanpa semangat seakan kamu bekerja karena terpaksa. Atau bekerja hanya karena menginginkan uang saja, hal ini akan membuat kamu tampak jadi seorang karyawan yang malas dan tidak produktif dan hanya akan merugikan perusahaan saja. Apa jawaban yang tepat untuk pertanyaan ‘mengapa anda ingin bekerja di perusahaan kami‘ ini? Berikut adalah contoh yang jawaban yang bisa kamu gunakan.

Contoh Jawaban Mengapa Anda Ingin Bekerja di Perusahaan Kami

Umumnya alasan orang bekerja adalah untuk mencari uang agar bisa memenuhi kebutuhan hidup. Ini adalah hal yang pasti! Tanpa dipertanyakan pun semua orang akan tahu jawabannya. Namun, jika memberikan jawaban ini untuk pertanyaan ‘contoh jawaban mengapa anda ingin bekerja di perusahaan kami‘, akan menjadi jawaban yang tidak tepat. Kamu akan terlihat sebagai seorang calon karyawan yang pasif yang hanya berfokus pada gaji yang di dapat saja.

Sementara tujuan perusahaan mempekerjakan karyawan adalah untuk bisa mencapai visi dan misi perusahaan. Kalau perusahaan merekrut karyawan yang pasif dan tidak ada inisiatif dan semangat dalam bekerja dan memperbaiki kinerja, maka itu bisa merugikan perusahaan itu sendiri. Jadi, besar kemungkinan kamu tidak akan lolos tes wawancara jika hanya mengatakan kamu bekerja untuk bisa memenuhi kebutuhan hidup.

Berikanlah jawaban yang membuat kamu terlihat sebagai seorang calon karyawan yang produktif, rajin, bersemangat dan bisa bertanggung jawab dengan peran kamu di perusahaan. Jawaban yang membuat pihak HRD mempertimbangkan kamu untuk diterima bekerja dengan mereka. Berikut adalah beberapa jawaban yang bisa kamu gunakan untuk menjawab pertanyaan ‘mengapa anda ingin bekerja di perusahaan kami‘.

1. Ingin Bekerja di Perusahaan Ini karena Perusahaan Memiliki Kepemimpinan dan Manajemen yang Baik

Ingin Bekerja di Perusahaan Ini karena Perusahaan Memiliki Kepemimpinan dan Manajemen yang Baik
Ingin Bekerja di Perusahaan Ini karena Perusahaan Memiliki Kepemimpinan dan Manajemen yang Baik

Setiap perusahaan memiliki sistem kepemimpinan dan manajemen yang berbeda dalam mempekerjakan karyawannya. Perusahaan dengan gaya kepemimpinan dan manajemen yang buruk membuat banyak karyawannya menjadi tidak betah. Hal ini jugalah yang kerap dijadikan alasan seorang karyawan memutuskan untuk pindah kerja. Saat interview, kamu bisa mengatakan bahwa kamu ingin bekerja di perusahaan ini karena perusahaan memiliki kepemimpinan dan manajemen yang baik. Di mana perusahaan memiliki manajemen kerja yang jelas dan beraturan dan yang pastinya tidak merugikan karyawan. Memberikan banyak peluang dan kesempatan untuk karyawan yang ingin berkembang.

2. Ingin Bekerja di Perusahaan Ini karena Ingin Lebih Produktif untuk Menggapai Masa Depan

Jawaban kedua yang bisa kamu berikan untuk pertanyaan ‘mengapa anda ingin bekerja di perusahaan kami‘ adalah dengan mengatakan bahwa kamu ingin bekerja di perusahaan ini karena ingin lebih produktif lagi agar bisa menggapai masa depan yang cerah. Jawaban ini akan membuat kamu terlihat sebagai seorang karyawan yang penuh semangat dan berkemauan keras untuk mencapai kesuksesan. Tipe karyawan seperti inilah yang dibutuhkan oleh banyak perusahaan agar visi dan misinya bisa tercapai. Yang mana seorang karyawan tidak hanya mengharapkan gaji tanpa mau bekerja keras untuk perusahaan.

3. Ingin Bekerja di Perusahaan Ini karena Budaya Kerja yang Baik dalam Perusahaan

Ingin Bekerja di Perusahaan Ini karena Budaya Kerja yang Baik dalam Perusahaan
Ingin Bekerja di Perusahaan Ini karena Budaya Kerja yang Baik dalam Perusahaan

Semua orang berharap bisa bekerja dengan nyaman di tempat mereka bekerja. Lingkungan dan budaya kerja yang bersahabat dan menjaga hak-hak karyawan. Karena tidak semua tempat kerja atau perusahaan yang bisa membelikan lingkungan dan budaya kerja yang nyaman dan menguntungkan karyawannya. Nah, jika memang pada perusahaan tempat kamu melamar memiliki budaya kerja yang baik, maka ini bisa kamu jadikan juga sebagai jawabannya. Yakni kamu ingin bekerja di perusahaan ini karena budaya kerja yang baik dan nyaman bagi karyawan. Tidak ada budaya di mana atasan selalu benar, namun menghadirkan lingkungan kerja yang sportif dan kekeluargaan.

4. Ingin Bekerja di Perusahaan Ini karena Posisi yang Ditawarkan Sesuai dengan Keahlian

Cukup banyak terjadi, yang mana seseorang bekerja di bidang yang tidak sesuai dengan latar pendidikan dan keahlian yang dimilikinya. Hal ini tentu akan membuat ilmu yang kamu dapatkan selama ini menjadi sia-sia. Juga, ilmu jika tidak terus diasah perlahan juga akan memudar. Maka dari itu, jika kamu melamar posisi kerja yang sesuai dengan keahlian yang kamu miliki, berikanlah jawaban yang tepat. Kamu bisa mengatakan dengan jujur bahwa kamu ingin bekerja di perusahaan ini karena posisi yang ditawarkan sesuai dengan keahlian yang kamu miliki. Jawaban yang kamu berikan akan bisa jadi pertimbangan pihak HRD dalam menentukan penilaian untuk kamu. Nilai plusnya adalah, kamu menjadi kandidat tepat untuk mengisi posisi yang ditawarkan tersebut.

5. Ingin Bekerja di Perusahaan Ini karena Perusahaan Memiliki Reputasi yang Baik

Tidak ada salahnya untuk mengatakan bahwa kamu ingin bekerja di perusahaan ini karena perusahaan memiliki reputasi yang baik. Hal yang wajar jika kamu ingin bekerja di perusahaan yang jelas dan bereputasi baik. Jawaban ini menunjukkan bahwa kamu bangga bisa menjadi bagian dari perusahaan tersebut dan artinya kamu siap untuk bekerja dengan baik. Dan juga, artiya kamu melamar pekerjaan tidak hanya untuk main-main dan asal dapat kerja saja. Yang mana kamu ingin bekerja serius dan ikut berpartisipasi dalam membantu jalannya perusahaan.

Itu adalah contoh jawaban yang bisa kamu gunakan. Kamu juga bisa menggunakan alasan lain yang sesuai dengan posisi yang ditawarkan dan apa yang diharapkan oleh perusahaan tersebut dari karyawannya. Yang terpenting adalah kamu bisa memberikan jawaban yang bernilai positif dan menguntungkan bagi perusahaan. Dalam wawancara masih ada banyak pertanyaan lainnya yang diajukan yang harus dijawab dengan benar dan tepat sesuai harapan pewawancara. Berikut adalah beberapa contoh pertanyaan senada yang diajukan saat interview.

Contoh Alasan Interview Kenapa Anda Ingin Bekerja Disini?

Contoh Alasan Interview Kenapa Anda Ingin Bekerja Disini
Contoh Alasan Interview Kenapa Anda Ingin Bekerja Disini

Contoh alasan interview kenapa Anda ingin bekerja disini sebenarnya tidaklah jauh berbeda dengan jawaban dari pertanyaan mengapa anda ingin bekerja di perusahaan kami. Seperti yang telah digambarkan di atas, kamu bisa menyampaikan tujuan kamu melamar ke perusahaan tersebut. Pertimbangkan jawaban yang tepat dan bisa jadi nilai plus. Seperti mengatakan bahwa:

  • Kamu ingin bekerja di sini karena kamu memiliki kemampuan dan skill yang baik untuk bidang pekerjaan yang ditawarkan.
  • Ingin bisa mengembangkan potensi diri dan kemampuan yang dimiliki karena perusahaan memiliki reputasi yang baik dan sangat berkembang pesat. Sehingga banyak pula peluang untuk mengembangkan kemampuanmu.
  • Ingin punya kesempatan untuk membangun karir yang cemerlang jika bekerja di perusahaan yang tepat, seperti perusahaan ini yang siap membuka kesempatan itu.

Contoh Alasan Mengapa Perusahaan Harus Menerima Anda

Untuk contoh alasan mengapa perusahaan harus menerima Anda yang bisa kamu berikan saat interview adalah bisa dengan mengatakan bahwa kamu ingin untuk bisa mengembangkan kemampuan yang kamu miliki jika bekerja di perusahaan tersebut. Yang mana skill yang kamu miliki bisa terasah jika bergabung dengan tim bagian perusahaan. Berikan jawaban yang sesuai dan sewajarnya.

Jangan pula memuji kelebihan diri sendiri atau pun kemampuan yang kamu miliki secara berlebihan dengan harapan kamu akan lolos tes ini. Terlebih jika kamu membandingkan diri dengan orang lain, sikap ini akan terlihat seperti kamu meremehkan orang lain. Pewawancara umumnya adalah orang-orang dengan latar belakang psikologi yang bisa membaca karakter orang lain. Jadi tidak ada gunakannya berlebihan dalam memuji kelebihan diri sendiri.

Apa Tujuan Anda Melamar di Perusahaan Kami?

Sama halnya dengan jawaban pertanyaan ‘mengapa anda ingin bekerja di perusahaan kami saat interview’, pertanyaan untuk ‘apa tujuan Anda melamar di perusahaan kami‘ juga tidak jauh berbeda dengan yang telah dicontohkan. Akuilah bahwa kamu melamar karena gaji yang ditawarkan cukup tinggi atau boleh terbilang besar karena semua orang pun akan beralasan sama. Namun kamu juga harus memberikan jawaban lain yang harus menjadi nilai plusnya. Jangan hanya membicarakan hak kamu sebagai karyawan, tapi berikan juga jawaban berupa tanggung jawab kamu terhadap pekerjaan dan perusahaan tersebut. Seperti:

  • Ingin ikut berperan dalam mewujudkan visi dan misi perusahaan.
  • Ingin ikut berkontribusi dalam mengembangkan perusahaan karena kamu memiliki keahlian di bidang yang dibutuhkan.
  • Ingin terus mengembangkan karir dan perusahaan ini memiliki jenjang karir yang jelas dan pasti untuk karyawannya yang gigih dan bersungguh-sungguh dalam bekerja.

Apa yang Mendorong Anda Ingin Bekerja?

Apa Tujuan Anda Melamar di Perusahaan Kami
Apa yang Mendorong Anda Ingin Bekerja

Beberapa jawaban untuk pertanyaan apa yang mendorong Anda ingin bekerja, kamu bisa memberikan jawaban yang jujur sesuai dengan motivasi yang mendorong kamu untuk bekerja. Mendapatkan gaji tentu sudah jadi jawaban pasti, maka dari itu berikan juga jawab lain yang lebih menarik atau menyentuh. Seperti:

Dan berbagai alasan lainnya yang tepat dan bijak dan bisa menjadi pertimbangan tim wawancara untuk menerima lamaranmu. Yang penting jawaban yang memperlihatkan keinginan kuat dari dalam diri kamu untuk sungguh-sungguh dalam bekerja. Hindari memberikan jawaban pribadi yang seharusnya tidak kamu ungkapkan selama wawancara, seperti:

  • Bekerja karena dorongan dari orang tua yang ingin melihat kamu mandiri. Jawaban ini akan membuat kamu terlihat tidak niat bekerja dan terpaksa untuk bekerja. Untuk pada perusahaan merekrut karyawan yang seperti ini?
  • Bosan dengan status pengangguran dan ingin mengisi waktu luang. Ini akan membuat kamu terlihat seperti hanya ingin main-main dalam bekerja. Tidak sungguh-sungguh dalam bekerja dan tidak memiliki motivasi kerja.
  • Bekerja karena keadaan yang memaksa, seperti harus menghidupi keluarga. Bekerja karena terpaksa keadaan? Ini bukanlah jawaban yang bisa diterima perusahaan dari pelamar. Walau tujuannya mulia untuk membiayai keluarga, namun perusahaan juga membutuhkan orang yang siap bekerja dengan niat dan kesungguhan untuk maju bersama.

Demikianlah contoh jawaban untuk pertanyaan ‘mengapa anda ingin bekerja di perusahaan kami’ dan pertanyaan lainnya yang biasa diajukan saat interview. Setidaknya sebelum berangkat interview, kamu harus mempersiapkan jawaban yang tepat. Jangan lupa untuk mempelajari lebih banyak tentang perusahaan tempat kamu mengajukan lamaran kerja. Karena biasanya pertanyaan tentang pengetahuan kamu terhadap perusahaan tersebut juga jadi bagian dari pertanyaan interview. Juga, siapkan pertanyaan untuk kamu ajukan pada pewawancara sebagai nilai tambah yang memperlihatkan bahwa kamu sangat antusias dengan pekerjaan ini.