3 Resep Brownies Kukus Lembut dan Enak di Rumah

0
2303
3 Resep Brownies Kukus Lembut dan Enak di Rumah
3 Resep Brownies Kukus Lembut dan Enak di Rumah

Bidhuan.id – Siapa disini yang tidak suka dengan brownies kukus? Kebanyakan orang ternasuk Anda mungkin akan sangat menyukai brownies yang satu ini. Rasanya yang manis dan lembut akan memeleh di mulut. Siapapun tak akan menolak jika diberi brownies, bagi Anda yang menyukai brownies mungkin akan sering sekali pergi ke luar untuk membeli camilan yang satu ini. Namun jika ternyata membuat brownies itu lebih mudah mengapa Anda tak mencobanya saja di rumah? Sesekali sambil mengisi waktu luang ya. Nah pada kesempatan kali ini kami akan membagikan informasi penting kepada Anda mengenai cara pembuatan brownies yang dikukus. Bagaimana caranya? Simak ulasan lengkapnya!

Cara membuat brownies kukus sederhana dan enak

cara membuat brownies kukus sederhana
cara membuat brownies kukus sederhana

Karena banyak sekali yang menyukai brownies, entah itu brownies kukus atau brownies yang di oven sekalipun maka pada kesempatan kali ini kami akan memberikan informasi mengenai bahan apa saja yang diperlukan untuk membuat brownies dan juga bagaimana caranya. Karena jika Anda tidak tahu bahan untuk membuatnya dan juga tidak tahu caranya maka mungkin akan kesulitan ya. Untuk bisa membuat brownies kukus maka Anda bisa mencoba membuatnya dengan berbagai kreasi. Berikut adalah beberapa resep yang bisa Anda ikuti dan praktekkan di rumah!

1.Resep brownies kukus chocolatos

brownies kukus chocolatos
brownies kukus chocolatos

Anda semua tahu kan chocolatos? Serbuk minuman rasa coklat yang banyak disukai orang. Nah tak hanya bisa dijadikan sebagai minuman saja, ternyata chocolatos ini juga bisa kita buat menjadi bahan brownies lho. Nyatanya banyak sekali orang yang belajar untuk membuat bronkus dari chocolatos dan rasanya enak, jika punya stok chocolatos di rumah dan sedang ingin makan brownies maka coba perhatikan beberapa bahan dan langkahnya di bawah ini! Anda bisa saja menggunakan chocolatos yang rasa coklat ataupun green tea jika ingin mencoba cara baru. Untuk chocolatos bubuk bisa dibeli di berbagai toko dan swalayan ya! Selamat mencoba resep dari kami!

Bahan :

  • 2 bungkus susu coklat kental manis
  • 2 bungkus chocolatos
  • 2 buah telur
  • Minyak goreng
  • Gula
  • Soda kue
  • Air hangat

Cara membuat :

  1. Jika ingin membuat brownies ini caranya sangatlah mudah ya. Langkah pertama yang harus kita lakukan adalah dengan memecahkan dua butir telur kemudian mengocoknya bersama gula pasir. Bisa dikocok menggunakan garpu biasa atau menggunakan mixer, kocok sampai adonan menjadi berbuih ya.
  2. Langkah yang selanjutnya adalah mencampurkan terigu, dua sachet chocolatos, dan juga soda kue ke dalam wadah yang berbeda. Aduk bahan-bahan ini hingga semuanya tercampur ya.
  3. Langkah selanjutnya adalah dengan menuangkan adonan campuran tepung terigu tadi sedikit demi sedikit ke mangkuk yang berisi telur dan gula tadi. Untuk memasukkannya sembari diaduk sehingga semua bahannya tercampur dengan merata ya.
  4. Tambahkan sedikit minyak goreng sehingga adonan menjadi tidak menggumpal ya. Setelah itu aduk kembali adonan sampai benar-benar merata sehingga bisa mendapatkan bentuk adonan yang halus.
  5. Langkah yang larutkan susu kental manis menggunakan air hangat yang tadi telah kita siapkan. Lalu masukkanlah ke dalam adonan tepung terigu tadi dan aduk sampai merata.
  6. Oleskan minyak goreng atau mentega di loyang kemudian masukannlah adonan ke dalam loyang perlahan. Kukus selama 30 menit dan voila, brownies dari chocolatos yang mudah dan enak ini bisa kita coba!

2. Resep brownies kukus coklat lembut

brownies kukus coklat lembut
brownies kukus coklat lembut

Siapa yang disini tidak suka dengan brownies? Kebanyakan orang pasti akan menyukai brownies coklat ya. Nah jika Anda merupakan seorang penggemar brownies dan ingin membuat sendiri di rumah brownies kukus maka kami akan memberikan informasi penting kepada Anda bagaimana sih cara yang mudah untuk membuat brownies kukus rasa coklat. Karena banyak sekali orang yang menyukai brownies namun ternyata lebih memilih untuk membeli. Padahal membuat sendiri di rumah sangatlah mudah. Jika Anda ingin membuat brownies kukus maka simak informasi berikut ini :

Bahan :

  • Tepung terigu 200 gram
  • Coklat batang
  • Coklat bubuk
  • Susu segar
  • Mentega
  • Telur ayam
  • Gula pasir
  • Garam
  • Baking Powder

Cara membuat :

  1. Langkah pertama yang harus kita lakukan tentunya adalah dengan menyiapkan bahan-bahan apa saja yang dibutuhkan. Setelah itu ambillah coklat batang, coklat bubuk, dan juga mentega, tim kedua bahan ini pada panci yang sama. Setelah di tim hingga meleleh dan tercampur dengan rata kemudian masukkanlah garam.
  2. Selanjutnya siapkan wadah kemudian pecahkan telur ayam yang sudah Anda siapkan. Kocok telur, setelah itu campurkan gula pasir ke dalamnya hingga berbusa. Jika belum berbusa jangan berhenti ya karena kue tidak akan memiliki tekstur yang sempurna.
  3. Langkah yang selanjutnya adalah masukkan coklat dan juga mentega yang telah kita lelehkan tadi ke dalam wadah. Setelah itu masukkan susu segar dan aduk sampai benar-benar rata ya.
  4. Tambahkanlah sedikit demi sedikit tepung ke dalam campuran susu dan adonan tadi. Aduk sampai rata!
  5. Jika adonan sudah tercampur merata, langkah selanjutnya yang harus Anda lakukan adalah dengan menuangkan adonan ke dalam loyang yang sebelumnya telah diolesi menggunakan mentega. Anda bisa membagi dua adonan ke dua loyang ataupun menggunakan satu loyang besar.
  6. Kukus adonan tadi selama 20 menit sampai brownies coklat benar-benar matang. Setelah matang cobalah untuk mengangkat brownies kukus dengan perlahan sehingga tidak sampai pecah.
  7. Oles bagian bawah brownies menggunakan coklat batangan yang dilelehkan dan dicampur dengan mentega. Kemudian jika sudah dioleskan tumpuk dengan brownies kukus lainnya.
  8. Yang terakhir, potong-potong brownies sesuai dengan ukuran yang Anda inginkan ya!

Baca juga : 4 Resep Brownis Kukus Sederhana Dengan Cita Rasa Luar Biasa

3. Resep brownies kukus pandan

brownies kukus
brownies kukus

Tak hanya coklat saja yang menjadi banyak favorit masyarakat Indonesia. Brownies rasa pnadan adalah salah satu rasa yang paling banyak diminati. Nah jika Anda ingin membuat brownies kukus rasa pandan namun masih enggan karena mungkin takut gagal total atau gatot. Maka pada kesempatan kali ini kami akan memberikan informasi mengenai resep dari brownies pandan ini.

Untuk membuat brownnies pandan ini kita harus menggunakan pasta pandan yang bisa kita beli di toko bahan-bahan roti ya. Harganya cukup murah dan terjangkau ya. Kami hanya memberikan resep dasaran untuk brownies pandan saja. Jika ingin membuat variasi misalnya saja dengan brownies coklat maka tidak ada salahnya untuk mencoba ya! Jika ingin tahu bagaimanan cara mmebuatnya maka simak resep dari brownies pandan di bawah ini!

Bahan :

  • 3 telur
  • 100 gr tepung terigu
  • 1 sdm maizena
  • Minyak sayur
  • Coklat putih
  • Susu bubuk
  • SKM
  • Gula pasir secukupnya
  • Pasta pandan
  • Garam
  • Emulsifier ( 1 sdt)
  • Keju

Cara membuat :

brownies kukus pandan
brownies kukus pandan
  1. Langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah dengan melelehkan coklat putih yang dicampur dengan minyak dan juga SKM.
  2. Setelah itu ayaklah tepung terigu sehingga tepung menjadi lebih halus, kemudian campur dengan susu bubuk, garam, dan juga tepung maizena.
  3. Langkah yang ketiga, mix telur yang dicampur dengan gula dan juga emulsifier hingga berubah menjadi putih kental berbusa ya. Setelah itu tambahkanlah campuran tepung yang dan bahan lain yang tadinya diayak. Mixer kembali sampai semua adonan benar-benar tercampur dengan rata ya.
  4. Selanjutnya masukanlah coklat leleh serta pasta pandan, aduk sampai rata sehingga tidak ada adonan yang menggumpal di bawah.
  5. Selanjutnya tuanglah adonan di loyang yang telah Anda sediakan. Kemudian kukus selama 20 menit hingga kue matang.
  6. Langkah yang terakhir, angkatlah brownies kukus kemudian beri parutan keju di atasnya sehingga Anda bisa mendapatkan rasa gurihnya juga.

Ternyata cara membuat brownies kukus itu mudah ya. Selain 3 resep yang kami bagikan di atas sebenarnya masih banyak sekali resep lainnya. Bahkan resep dasar dari brownies kukus sebenarnya bisa dikombinasikan jika kita ingin. Kita bisa menggunakan tambahan rasa lain misalnya rasa strawberry atau mungkin apapun yang Anda inginkan.

Namun untuk membuat brownies kukus ini pastikan benar-benar memperhatikan bahan-bahannya serta langkah-langkahnya ya. Karena mungkin jika salah bahan dan langkah maka mungkin tidak akan bisa menjadi brownies kukus yang empuk. Dan untuk gula Anda bisa memasukkannya sesuai selera, karena selera orang berbeda-beda ada yang suka manis dan ada yang tak suka manis. Semoga artikel yang kami berikan kali ini bisa berguna dan juga bermanfaat bagi Anda semuanya ya!

BACA JUGA