6 Makanan Yang Mengandung Kalsium Tinggi

713
6 Makanan Yang Mengandung Kalsium Tinggi
6 Makanan Yang Mengandung Kalsium Tinggi

Bidhuan.id – Apa saja jenis makanan yang mengandung kalsium? Kalsium termasuk mineral yang memiliki kadar paling banyak yang ada di dalam tubuh dimana kalsium memiliki kegunaan antara lain membantu dalam proses pertumbuhan, mencegah terjadinya tulang keropos, dan juga kalsium sangat bermanfaat untuk menjaga struktur tulang agar tetap kuat.

Ada banyak jenis makanan yang mengandung kalsium yang sangat disarankan untuk dikonsumsi, khsususnya bagi ibu hamil karena memang ibu hamil harus memiliki asupan kalsium dan zat lainnya demi kesehatan buah hatinya. Maka dari itu, kali ini kami akan mengulas tuntas tentang apa saja jenis makanan yang di dalamnya mengandung kalsium yang bisa anda temukan dengan mudah karena beberapa makanan tersebut bahkan bisa anda buat sendiri secara simpel.

Namun sebelum itu, kami ingin menyarankan agar anda menyimak penjelasan yang sudah kami siapkan sebelumnya yaitu Hindari Makanan Ini Saat Buka Puasa dan juga Manfaat Susu Beruang Untuk Janin dan Kesehatan Tubuh Ibu Hamil.

Makanan Yang Mengandung Kalsium
Makanan Yang Mengandung Kalsium

Makanan Yang Mengandung Kalsium

Sebenarnya kebutuhan kalsium berbeda karena disesuaikan dengan usia dan kondsii tubuh dari orang tersebut. Adapun orang yang berusia antara 52 sampai degnan 71 tahun, maka ia membutuhkan asupan kalsium yang mencapai kurang lebih 1200 mg setiap harinya. Alasannya adalah karena semakin tua usia seseorang, maka kandungan kalsium di dalam tubuhnya juga semakin berkurang sehingga ia harus mengkonsumsi makanan yang mengandung kalsium yang cukup tinggi guna menghindarkannya dari terkena berbagai permasalahan akibat kekurangan kalsium.

Lalu apa saja makanan yang harus dikonsumsi? Untuk mendapatkan jawaban tersebut, silahkan anda simak baik-baik penjelasan yang akan kami berikan kepada anda.

1. Makanan yang mengandung kalsium : Produk olahan susu

Makanan yang mengandung kalsium Produk olahan susu
Makanan yang mengandung kalsium Produk olahan susu

Makanan yang di dalamnya mengandung kadar kalsium cukup tinggi yang harus anda konsumsi adalah produk olahan yang berasal dari susu. Memang produk olahan susu sudah banyak tersedia dan beredar di masyarakat. Salah satu yang paling populer adalah Yogurt.

Perlu anda tahu bahwa ternyata satu gelas susu mengandung setidaknya 270 mg. Karena itulah, seseoran disarankan untuk minum susu sebanyak kurang lebih 2 gelas setiap hari. Sementara bagi anda yang tidak memiliki waktu untuk membuat atau minum susu, anda bisa langsung membeli produk olahan yang berasal dari susu yang sudah tersedia banyak di toko atau supermarket di dekat daerah anda.

Dengan begitu, anda bisa terhindar dari berbagai masalah yang bisa menyerang anda kapan saja yang disebabkan oleh tubuh anda kekurangan asupan kalsium.

2. Makanan yang mengandung kalsium : Keju

Keju juga termasuk salah satu makanan yang memiliki kandungan kalsium yang cukup tinggi. Bahkan ada yang mengatakan bahwa kandungan kalsium di dalam keju tidak kalah jika dibandingkan dengan susu. Tentu hal ini sangat bermanfaat bagi beberapa orang yang ternyata memiliki alergi terhadap susu maupun produk olahan susu.

Anda bisa mencampurkan keju dengan beberapa menu makanan yang sering anda konsumsi, tentunya anda campurkan dengan makanan yang sehat dan tidak banyak mengandung kolesterol.

Banyak beragam menu makanan yang bisa anda campurkan dengan keju untuk memenuhi kebutuhan kalsium anda setiap hari sehingga bisa menghindarkan anda dari permasalahan yang berhubungan dengan tulang yang sering dialami karena kekurangan kalsium. Selain itu, anda juga bisa langsung mengkonsumsi keju sambil bersantai menonton TV.

Baca: 15 Vitamin Ibu Hamil untuk Menjaga Kesehatan Janin dan Bunda serta Harganya di Apotik

3. Makanan yang mengandung kalsium : Sumsus tulang sapi

Sumsum tuang sapi juga menjadi salah satu jenis makanan yang di dalamnya mengandung kadar kalsium yang cukup tinggi sehingga banyak yang menjadikan sumsum tulang sapi sebagai menu makanan favorit untuk mencukupi kebutuhan kalsium setiap hari.

Bedasarkan sebuah penelitian, sumsum tulang sapi ternyata mampu memberikan kadar kalsium yang lebih tinggi dibandingkan susu dan juga keju, bahkan hingga mencapai 40 kali lipat. Meskipun begitu, kami sarankan agar anda tidak berlebihan mengkonsumsi makanan tersebut karena dikhawatirkan malah bisa menimbulkan berbagai gangguan yang tidak diinginkan.

Dengan kata lain, meskipun kandungan kalsium pada sumsusm tulang sapi cukup tinggi, namun kami tetap menyarankan agar anda mengkonsumsi sewajarnya saja sesuai dengan kebutuhan anda.

4. Makanan yang mengandung kalsium : Bayam

Makanan yang mengandung kalsium Bayam
Makanan yang mengandung kalsium Bayam

Sekarang beralih ke sayuran. Ternyata bayam merupakan salah satu sayuran yang memiliki kandungan zat kalsium yang cukup tinggi dibandingkan jenis sayuran yang lain. Kalsium yang mampu dihasilkan dengan mengkonsumsi bayam adalah sebesar 200 mg yang tentu saja akan sangat membantu anda untuk mencukupi kadar kebutuhan kalsium setiap harinya.

Selain itu, memang bayam sudah memiliki banyak manfaat di dalamnya karena mengandung vitamin yang sangat bermanfaat untuk kesehatan tubuh.

5. Makanan yang mengandung kalsium : Lobak

Sama dengan bayam, kandungan kalsium yang terdapat pada lobak adalah sebanyak 200 mg yang menjadikan lobak sebagai salah satu sayuran yang wajib dikonsumsi bagi seseorang yang mengalami kekurangan kalsium di dalam tubuh.

Lobak memang merupakan jenis sayuran yang sangat mudah ditemukan dan sering dijadikan sebagai bahan campuran untuk acar maupun juga soto.

6. Makanan yang mengandung kalsium : Brokoli

Brokoli juga termasuk ke dalam makanan yang memiliki kandungan kalsium cukup tinggi yang bermanfaat untuk perkembangan tulang dan mencegah terjadinya pengroposan tulang.

Kandungan kalsium yang ada pada brokoli mencapai 180 mg, serta juga mengandung serat yang sangat bermanfaat memperlancar sistem pencernaan.

Demikian penjelasan yang bisa kami sampaikan kepada anda mengenai apa saja makanan yang mengandung kalsium. Semoga informasi ini bermanfaat.