5 Makanan Yang Mengandung Asam Folat Untuk Ibu Hamil

307
5 Makanan Yang Mengandung Asam Folat Untuk Ibu Hamil
5 Makanan Yang Mengandung Asam Folat Untuk Ibu Hamil

Bidhuan.id – Apakah anda tahu apa saja makanan yang mengandung asam folat? Asam folat merupakan sebuah unsur yang penting bagi wanita hamil karena akan membantu mengurangi resiko bayi mengalami kecacatan, baik berupa kecacatan fisik maupun mental. Hal ini dikarenakan asam folat mengandung zat yang akan berperan sebagai pencegah anensefalus yakni sebuah kondisi dimana bayi mengalami permasalahan terhadap tengkorak atau juga otak.

Selain itu, asam folat juga berfungsi sebagai pencegah spina bifida atau sebuah kondisi dimana seseorang mengalami kecacatan pada bagian syaraf tulang belakang. Maka dari itu, kami ingin memberikan penjelasan kepada anda mengenai apa saja makanan yang mengandung asam folat.

Asam Folat
Asam Folat

Mengenal Tentang Asam Folat

Selain berfungsi untuk ibu hamil agar bayinya bisa lahir tanpa masalah apapun, ternyata asam folat juga merupakan sebuah unsur yang sangat diperlukan bagi mereka yang ingin merencanakan program kehamilan. Bahkan ada sebuah penelitian yang membuktikan bahwa seseorang yang tercukupi kebutuhan asam folatnya, baik sebelum masa kehamilan maupun pada waktu tiga bulan pertama kehamilan akan mengurangi resiko bayi mengalami cacat sampai 70%.

Beberapa fungsi yang ada pada asam folat antara lain untuk memperbaiki DNA, membantu di dalam pembentukan sel, dan juga digunakan untuk membantu menjaga bayi selama masa perkembangan di dalam janin.

Asam folat harus dikonsumsi ibu hamil maupun yang sedang program hamil dengan jumlah kurang lebih 600 mikrogram. Maka dari itu, biasanya ibu hamil akan diberikan suplemen yang memang di dalamnya mengandung asam folat.

Akan tetapi, kami sarankan agar anda lebih baik mengkonsumsi makanan yang akan kami jelaskan di bawah ini. Selain aman, makanan tersebut juga bisa anda dapatkan dengan harga yang terjangkau.

Baca: Hati-hati! Konsumsi Obat dengan 5 Jenis Makanan Ini Bisa Membahayakan

1. Asam folat di dalam sayur berdaun hijau

Mungkin banyak yang belum tahu bahwa asal kata folat itu sendiri berasal dari foliage yang jika diterjemahkan ke Bahasa Indonesia berarti dedaunan, dimana hal ini tentu saja merujuk pada sayuran yang memiliki daun berwarna hijau.

Sayuran hijau memang di dalamnya mengandung kadar asam folat yang lumayan tinggi. Dan salah satu sayuran tersebut adalah bayam. Selain mengandung vitamin B, bayam juga terkenal merupakan sayuran yang mengandung kadar asam folat yang cukup tinggi kurang lebih sebesar 218 mikrogram di dalam setiap dua penyajian.

Adapun sayuran jenis lain yang mungkin juga bisa anda jadikan sebagai penyuplai kebutuhan asam folat yakni sawi, katuk, dan juga kale, dan bahkan sayuran tersebut setidaknya menyumbagn 50 sampai dengan 90 mikrogram.

2. Asam folat di dalam buah jeruk

Asam folat di dalam buah jeruk
Asam folat di dalam buah jeruk

Jeruk merupakan salah satu jenis buah yang banyak digemari oleh semua usia karena memang khasiat di dalamnya banyak sekali, seperti menyembuhkan sariawan, mulut kering, atau juga bibir pecah-pecah.

Namun apakah anda tahu bahwa ternyata jeruk juga mengandung asam folat? Jeruk mampu menghasilkan asam folat sebanyak kurang lebih 55 mikrogram sampai dengan 75 mikrogram. Tentu saja hal ini akan memberikan anda kemudahan untuk mencukupi kebutuhan asam folat karena jeruk sangat mudah ditemukan dan bisa anda daptkan dengan harga yang terjangkau.

Biasanya jeruk juga akan disajikan dengan buah-buahan yang lainnya atau biasanya disediakan sebagai makanan penutup yang dicampur dengan bahan yang lainnya.

3. Asam folat di dalam asparagus

Asparagus memang salah satu sayuran yang jarang ditemukan, kecuali jika anda langsung membelinya di toko sayuran, padahal kandungan asam folat yang terdapat pada asparagus cukup tinggi sehingga tidak heran jika sayuran yang satu ini sering dijadikan sebagai jenis sayuran untuk memenuhi kebutuhan asam folat setiap hari.

Maka dari itu, jika anda menemukan asparagus, baik di pasar tradisional maupun juga pasar modern, seperti swalayan, maka kami sarankan agar anda jangan sampai melewatkannya. Bahkan di beberapa restoran, sayuran yang satu ini banyak disajikan dan sering dimanfaatkan bagi mereka yang sedang diet.

Salah satu makanan yang sering menggunakan asparagus adalah cream soup. Selain itu, asparagus juga biasanya disajikan dengan cara ditumis seperti anda menumis kangkung maupun juga dijadikan sebagai bumbu tambahan sebagai tumis daging.

Baca: Produk makanan minuman di supermarket Jepang yang ada di Indonesia

4. Asam folat di dalam kacang merah

Asam folat di dalam kacang merah
Asam folat di dalam kacang merah

Kacang merah sering dijadikan sebagai bahan tambahan di berbagai makanan. Ternyata, kandungan asam folat yang ada pada kacang merah bisa dikatakan lebih tinggi dibandingkan dengan kacang atau buah-buahan lain yang sering anda temukan.

Kandungan asam folat di dalamnya bahkan mencapai 330 mikrogram untuk ukuran secangkir kacang merah. Adapun cara mengelolah kacang merah yang paling mudah adlah anda hanya perlu menjadikannya sebagai campuran sup daging maupun juga sup ayam.

Selain itu, kacang merah juga biasanya disajikan sebagai cream soup, seperti halnya ketika anda mengelola asam folat.

5. Asam folat di dalam brokoli

Seperti penjelasan di awal bahwasanya sayuran hijau memiliki kandungan asam folat yang cukup tinggi. Brokoli pun juga ternyata memiliki kandungan asam folat dan juga vitamin C, protein, maupun juga anti oksidan.

Beberapa zat lain yang terkandung di dalam brokoli antara lain seperti kalsium, serat, dan juga zat besi. Bahkan kandungan asam folat pada brokoli mencapai 104 mikrogarm untuk ukuran 1 cangkir.

Demikian penjelasan dari kami tentang makanan yang mengandung asam folat. Kami juga menyarankan agar anda mempelajari Makanan Pencegah Kehamilan dan Obat Cegah Hamil Pilihan serta Harganya. Semoga bermanfaat.