4 Makanan Untuk Penderita Asam Urat Yang Harus Dihindari

272
4 Makanan Untuk Penderita Asam Urat Yang Harus Dihindari
4 Makanan Untuk Penderita Asam Urat Yang Harus Dihindari

Bidhuan.id – Seperti apa makanan untuk penderita asam urat yang harus dihindari agar penyakit yang dialami tidak semakin parah? Asam urat adalah jenis penyakit yang menyerang persendian yang diakibatkan oleh uric acid atau yang disebut juga dengan asam urat yang terjadi karena asam urat tersebut menumpuk pada area persendian.

Meskipun memang pada dasarnya asam urat itu sendiri akan hilang sendirinya dan larut bersamaan dengan urin, namun jika lama kelamaan menumpuk, maka akan menyebabkan terjadinya penyakit asam urat. Dan anda selama menderita penyakit ini harus menghindari beberapa makanan untuk penderita asam urat agar supaya penyakit yang sedang anda alami tidak semakin parah.

Namun sebelum itu, ada beberapa informasi penting yang ingin kami bagikan kepada anda, yakni Ramuan Tradisional untuk Asam Urat Rematik Turun Alami dan juga Fakta Ilmiah : Melinjo tidak menyebabkan kadar asam urat meningkat.

Makanan Untuk Penderita Asam Urat

Bagi anda yang saat ini menderita asam urat, anda jangan sekali-kali melanggar pantangan beberapa makanan agar penyakit asam urat yang dialami tidak semakin parah. Meskipun memang terdapat beberapa menu makanan yang bisa anda konsumsi, walaupun tidak dengan porsi atau jumlah yang besar.

Jika anda tetap memaksakan diri untuk mengkonsumsi makanan tersebut, maka tentu nyeri yang anda alami akan semakin parah dan bahkan sudah tidak tertahankan lagi sampai anda harus memeriksakan kondisi anda kepada dokter.

Maka dari itu, silahkan anda cermati baik-baik apa saja makanan yang tidak boleh anda konsumsi selama menderita asam urat.

1. Makanan yang dihindari penderita asam urat: Daging

Makanan yang dihindari penderita asam urat Daging
Makanan yang dihindari penderita asam urat Daging

Daging merupakan makanan pertama yang akan kami jelaskan yang harus dihindari oleh para penderita asam urat. Kenapa daging tidak boleh dikonsumsi oleh penderita asam urat? Alsannya adalah karena di dalam daging mengandung kadar purin dan juga kolesterol yang tinggi sehinga karena itulah daging tidak dianjurkan untuk dikonsumsi oleh mereka yang menderita asam urat.

Namun, bagi anda yang tetap ingin mengkonsumsi daging, maka kami sarankan agar anda tidak mengkonsumsinya dengan jumlah yang berlebih dan sebelumnya anda harus membuang lemak yang ada pada daging tersebut. Memang hal ini terkesan ribet, namun itulah cara yang bisa anda lakukan jika anda tidak ingin asam urat anda kambuh yang bisa merugikan diri anda sendiri.

Selain itu, daging tersebut tidak boleh anda masak dengan cara digoreng maupun juga dimasak, melainkan harus dengan cara direbus.

2. Makanan yang menderita penderita asam urat: Durian

Durian merupakan salah satu jenis buah yang memiliki banyak manfaat bagi kesehatan karena kandungan zat yang ada di dalamnya. Akan tetapi, ternyata durian merupakan salah satu jenis buah yang tidak dianjurkan untuk dikonsumsi oleh mereka yang menderita asam urat. Alasannya pun tidak jauh berbeda dengan pelarangan terhadap daging karena durian diketahui memiliki kadar kolesterol yang tinggi.

Selain itu, di dalam durian terkandung ethanol, senyawa sulfur, dan juga ethyl yang ternyata akan menimbulkan dampak buruk jika tetap dikonsumsi. Akan tetapi, bagi anda yang benar-benar tidak bisa menahan untuk tidak makan durian, maka kami sarankan agar anda hanya perlu makan satu sampai dengan dua biji saja dengan berharap asam urat anda tidak sampai kambuh.

Kemudian, anda harus langsung minum air putih secara banyak agar supaya lemak yang berasal dari durian tersebut bisa langsung larut sehingga bisa langsung dinetralisir dan dikeluarkan melalui urin tanpa harus diserap oleh tubuh anda.

3. Makanan yang dihindari penderita asam urat: Sayur Bayam

Makanan yang dihindari penderita asam urat Sayur Bayam
Makanan yang dihindari penderita asam urat Sayur Bayam

Sayur bayam merupakan jenis sayuran hijau yang memiliki banyak kandungan zat bermanfaat untuk tubuh, salah satunya adalah vitamin B yang tentu saja memiliki kegunaan di dalam meningkatkan stamina anda dan juga sangat bermanfaat di dalam membantu pertumbuhan tulang anak-anak. Sayur bayam banyak diolah, baik sebagai kuah maupun disajikan bersamaan dengan sambal.

Baca: Allopurinol, Obat Untuk Mengatasi Asam Urat

Namun tahukah anda bahwasanya sayur bayam tidak boleh dikonsumsi oleh penderita asam urat? Di dalam sayur bayam mengandung purin yang memang merupakan sebuah zat yang harus dihindari oleh para penderita asam urat karena jika tetap dikonsumsi, maka akan menimbulkan rasa sakit yang tak tertahankan.

Maka dari itu, anda harus menghindari untuk tidak mengkonsumsi sayur bayam meskipun sebenarnya anda menginginkannya. Pilihlah sayuran jenis lain yang juga memiliki manfaat yang tak jauh berbeda dengan sayur bayam, namun tidak mengandung purin di dalamnya.

4. Makanan yang dihindari penderita asam urat: Seafood

Makanan yang dihindari penderita asam urat Seafood
Makanan yang dihindari penderita asam urat Seafood

Meskipun memiliki rasa yang lezat dan banyak dinikmati di restoran-restoran mahal di dunia dan bisa menambah nafsu makan jika mengkonsumsi makanan ini, namun makanan yang satu ini termasuk salah satu jenis makanan yang harus dihindari bagi mereka yang menderita asam urat.

Dan meskipun seafoon mengandung kadar omega3 yang cukup tinggi, namun ternyata makanan ini juga mengandung kadar kolesterol yang tinggi pula sehingga tidak heran jika yang satu ini menjadi salah satu jenis makanan yang harus dihindari agar supaya tidak membuat asam urat anda semakin parah.

Maka dari itu, sebaiknya anda hindari untuk tidak mengkonsumsi makanan ini agar supaya anda tidak sampai mengalami permasalahan pada asam urat anda.

Demikian penjelasan yang bisa kami berikan tentang apa saja makanan untuk penderita asam urat yang harus dihindari. Semoga informasi ini bermanfaat. Terimakasih.