Pengertian, Materi Pramuka Siaga, dan Permainannya

109
materi pramuka siaga

Bidhuan.id – Apakah Anda tahu apa saja materi pramuka siaga? Penjelasan yang akan kami berikan kali ini berhubungan dengan pengertian, rangkuman, permainan, dan lain sebagianya yang masih ada kaitannya dengan topik yang akan kami bahas. Kita tahu bahwa pramuka merupakan salah satu ekstrakurikuler yang ada di sekolah. Ekstrakurikuler pramuka mulai diadakan di jenjang SD sampai SMA/MA/SMK.

Bahkan di beberapa sekolah telah menjadikan pramuka sebagai ekskul wajib yang harus diikuti oleh seluruh siswa-siswi di sekolah tersebut, kecuali untuk yang kelas 9. Di dlam pramuka, ada materi yang dinamakan sebagai pramuka siaga yang akan kami jelaskna kepada Anda pada artikel kali ini. Dengan mempelajari informasi ini diharapkan Anda paham apa saja yang masuk ke dalam materi pramuka siaga yang mungkin tidak sedikit orang yang masih belum mengetahuinya.

Pengertian dan Materi Pramuka Siaga?

1. Pengertian pramuka siaga

Siaga adalah sebutan yang diberikan kepada para anggota pramuka yang memiliki usia antara 7 sampai dengan 10 tahun. Dinamakan pramuka siaga karena memang sesuai dengan kisaran perjuangan Indonesia dalam mencapai kemerdekannya. Maksudnya, pada masa itu rakyat Indonesia sudah mensiagakan dirinya agar bisa meraih kemerdekannya dengan berdirinya organisasi bernama Boedi Oetomo di tahun 1908.

Baca: Setelah Bekukan PSSI, Menpora Mencoba Ambil Alih Pramuka! Adhyaksa Melawan!

Organisasi tersebut merupakan tonggak awal perjuangan bangsa Indonesia secara nasional alias tidak bersifat kedaerahan. Sementara untuk satuan kecil dalam pramuka siaga disebut sebagai burung. Kemudian satuan beberapa burung dinamakan Perindukan. Setiap burung memiliki anggota kurang lebih 5 sampai 10 orang. Anggota tersebut dipimpin oleh seseorang yang diberi julukan Pemimpin Burung.

Masing-masing dari para pemimpin burung tersebut nantinya akan dinobatkan sebagai Pemimpin Burung Utama atau yang dinamakan sebagai Sulung. Adapun perindukan memiliki beberapa burung yang nantinya dipimpin oleh seorang Sulung.

Setidaknya terdapat 3 tingkat di dalam pramuka siaga, yakni Mula, Bantu, dan juga Tata. Bagi setiap anggota yang sudah berhasil menyelesaikan Syarakat Kecakapan Umum atau SKU, mereka berhak untuk mengenakan Tanda Kecakapan Umum atau TKU dengan menyesuaikan yang nantinya akan dikenakan di lengan baju sebelah kiri dan berada di bawah tanda burung yang memiliki warna dasar hijau.

2. Kode kehormatan pada pramuka siaga

Pramuka siaga memiliki kode yang dinamakan sebagai kode kehormatan. Kode kehormatan tersebtu akan kami jelaskan seperti di bawah ini:

  • Janji Diwasatya yang berbunyi sebagai berikut:
    • Demi kehormatanku, akau akan berjanji bersungguh-sungguh di dalam menjalankan kewajiban Tuhan dan Negara Repubik Indonesia dan juga menurut pada aturan negara.
    • Setiap hari akan selalu berbuat kebaikan.
  • Ketentuan moral atau yang dinamakan sebagai Dwidarma, dengan bunyi sebagai berikut:
    • Siaga dan patuh pada ayah ibunya.
    • Siaga berani serta tidak putus asa.

Baca juga: Sejak 2010 Pasar Pramuka jadi Tempat Dokter Beli Vaksin Palsu

2. Materi Pramuka Siaga

Adapun mengenai materi yang dilakukan pada pramuka siaga adalah kumpulan dari standar kompetensi yang harus diselesaikan atau dipenuhi bagi seluruh anggota yang tergabung dalam pramuka siaga. Semua materi tersebut nantinya akan disiapkan pada latihan yang kemudian diolah menjadi sebuah permainan.

Materi yang dikombinasikan dengan permainan ini nantinya mengandung unsur nyanyian dan pendidikan yang menyenangkan dan tentu saja akan menarik perhatian dan minat para anggota dari pramuka siaga. Materi latihan tersebut nantinya diharapkan bermanfaat, bersifat modern, serta masih berada dalam naungan asas-asas yang berlaku

Adapun jumlah materi yang terdapat di dalam pramuka siaga terbagi menjadi beberapa bagian, diantaranya:

  • Area Pengembangan Sosial

Area pengembangan sosial ini masih dibagi menjadi 3 bagian yang akan kami jelaskan selengkapnya kepada Anda.

    • Pramuka Siaga (Mula): Materi ini berkaitan dengan pengenalan terhadap anggota keluarga, teman yang tergabung dalam satu burung, dan juga pengenalan pada teman yang masuk ke dalam satu perindukan.
    • Pramuka Siaga (Bantu): Materi ini berkaitan dengan pengenalan lingkungan dan juga untuk mengetahui hal-hal yang berkaitan dengan aturan sosial yang ada atau berlaku di dalam lingkungan tersebut.
    • Pramuka Siaga (Tata): Materi yang berhubungan dengan peraturan sosial di lingkungan tersebut. Selain itu, materi ini juga mengajarkan bagaimana melaksanakan tugas yang sudah dibebankan dengan sikap penuh tanggung jawab dan juga paham akan wawasan kebangsaan.
  • Area Pengembangan Intelektual

Beberapa materi yang masuk ke dalam area pengembangan intelektual antara lain:

    • Mula: Berkaitan dengan pengenalan teknologi, pengetahuan, dan juga keterampilan yang berhubungan dengan kepramukaan.
    • Bantu: Dapat melaksanakan pengetahuan yang berkaitan dengan keterampilan dan teknologi mengenai kepramukaan dan juga bisa memanfaatkannya.
    • Tata: Materi yang berhubungan dengan menceritakan teknologi, pengetahuan, dan keterampilan kepramukaan pada perindukan maupun juga burung.

3. Permainan Pramuka Siaga

Ada beberapa permainan yang diterapkan di dalam pramuka siaga yang akan kami jelaskan di bawah ini:

Baca: Investigasi Oknum Pedagang Obat Palsu di Pasar Pramuka

  • Permianan rebut dan rampas
    • Nama permainan ini adalah rebus dan juga rampas. Di sini Anda harus menyiapkan berbagai perlengkapan, termasuk juga tongkat maupun sapi lidi yang nantinya akan disebarkan ke masing-masing anggota yang ada dalam regu.
    • Peserta membentu lingkaran dengan jarak masing-masing orang sekitar 1 meter. Setiap peserta harus memegang tongkat agar supaya bisa berdiri tegak di atas lantai.
    • Ketika mendapatkan kode instruksi ‘Ya’, maka tongkat harus segera dilepas dan peserta lain harus secepat mungkin tongkat tersebut yakni tongkat teman sebelahnya.
    • Jika tongkat jatuh terlebih dahulu, maka peserta akan didiskualifikasi.

materi pramuka siaga

materi pramuka siaga

Itulah penjelasan mengenai pengertian, materi pramuka siaga, dan juga apa saja permainan yang ada di dalam pramuka siaga. Semoga bermanfaat.