10 Cara Mencegah Kehamilan Yang Bisa Anda Coba Dan Terbukti Ampuh

204
Coitus interuptus untuk pencegah kehamilan awal
Coitus interuptus untuk pencegah kehamilan awal

Bidhuan.id – Sebenarnya untuk bisa mencari cara mencegah kehamiilan yang benar-benar ampuh tidak semudah yang dipikirkan. Banyak metode yang terkadang banyak orang mengatakan bahwa metode itu terbaik, namun ternyata tidak bisa diterapkan kepada kita. Namun anda jangan khawatir karena kali ini kami akan menjelaskan kepada anda secara lengkap mengenai apa saja yang harus anda lakukan untuk bisa mencegah anda dari mengalami kehamilan.

Cara mencegah kehamilan yang akan kami bagikan kali ini memang ada yang bersifat umum, namun tidak sedikit juga beberapa cara yang akan kami jelaskan tersebut mungkin anda baru pertama kali mendengarnya. Termasuk juga, kami akan memberikan penjelasan mengenai makanan pencegah kehamilan yang memang sudah terbukti dan dipercaya oleh banyak masyarakat.

Beragam Cara Pencegahan Kehamilan

Bagi pasangan yang sudah lama menikah, memiliki momongan menjadi salah satu cara yang sangat mereka dambakan. Dengan adanya momongan, maka suasana rumah akan lebih berwarna dan lebih ramai. Tidak jarang mereka melakukan berbagai cara agar bisa hamil, seperti mengkonsumsi makanan yang mengandung kalisum tinggi yang memang cocok bagi anda yang sedang ingin hamil maupun yang sedang hamil. Namun, mengkonsumsi makanan tersebut juga harus ada takarannya sehingga tidak boleh berlebihan.

Sementara itu, bagi pasangan yang baru menikah, kebanyakan mereka ingin menunda kehamilan terlebih dahulu. Alasannya yaitu mereka berpendapat masih ingin berpacaran lebih lama atau masih ingin menikmati masa-masa indahnya menikah dan meraskan kebersamaan hanya berdua. Dengan begitu, mereka akan berusaha untuk mencari cara agar tidak hamil terlebih dahulu sebelum mereka benar-benar siap.

Maka dari itu, di bawah ini akan kami jelaskan mengenai beberapa cara mencegah kehamilan yang bisa anda terapkan. Mempelajari cara-cara tersebut akan menambah wawasan anda untuk bisa mencegah atau menunda kehamilan sampai anda dan pasangan benar-benar siap.

1. Memperhatikan kapan masa ovulasi sebagai pencegahan kehamilan dini

Memperhatikan kapan masa ovulasi sebagai pencegahan kehamilan dini
Memperhatikan kapan masa ovulasi sebagai pencegahan kehamilan dini

Cara pertama yang bisa anda lakukan agar bisa terhindar dari kehamilan adalah dengan mengetahui kapan waktunya anda ovulasi. Banyak yang sudah membuktikan bahwasanya berhubungan badan ketika tidak sedang dalam masa ovulasi bisa menjadi salah satu cara untuk mencegah kehamilan. Hal ini dikarenakan rahim tidak dalam kondisi melepaskan sel-sel telur yang matang.

Baca: 13 Makanan Pencegah Kehamilan dan Obat Cegah Hamil Pilihan serta Harganya

Biasanya, waktu tersebut terjadi dalam waktu 14 hari pada saat setelah menstruasi atau setelah haid. Sementara itu, masa ovulasi yang dialami wanita umumnya terjadi dalam waktu 2 sampai dengan 5 hari. Maka dari itu, dengan menghindari saat-saat ovulasi, maka bisa menjadi salah satu cara agar anda tidak hamil duluan.

2. Coitus interuptus untuk pencegah kehamilan awal

Untuk cara kedua ini sebenarnya merupakan sebuah cara yang cukup mudah. Jika pada penjelasan di poin pertama yang memiliki peran adalah wanita, maka untuk cara kedua yang akan kami jelaskan berikut adalah cara yang hanya bisa dilakukan oleh pria. Coitus interuptus merupakan sebuah cara untuk mencegah kehamilan dengan mengeluarkan sperma di luar rahim.

Dengan kata lain, ketika sedang berhubungan badan, pria harus tahu dan bisa merasakan kapan saat-saat ia akan mulai ejakulasi. Ketika dia sudah merasa, maka cepat-cepatlah ia mencabutnya dari alat kelamin wanita dan langsung mengeluarkannya di luar. Metode seperti ini bahkan sudah dilakukan sejak ribuan tahun yang lalu dan dikenal dengan istilah “Azl” atau “Azal”.

Cara ini memang terbukti ampuh untuk mencegah kehamilan. Namun, pria juga harus berhati-hati dan memastikan bahwa tidak ada satu tetes sperma pun yang masuk ke rahim pada saat melakukan coitus interuptus tersebut.

3. Ramuan ajamoda sebagai cara mencegah kehamilan bila sudah terlanjur

Ramuan ajamoda sebagai cara mencegah kehamilan bila sudah terlanjur
Ramuan ajamoda sebagai cara mencegah kehamilan bila sudah terlanjur

Apakah anda tahu jika ramuan ajamoda merupakan salah satu cara mencegah kehamilan? Kami yakin anda mungkin masih belum mendapatkan informasi mengenai hal tersebut. Ramuan ajamoda atau yang juga dinamakan sebagai ramuan paterseli memang merupakan salah satu cara yang ampuh mencegah kehamilan.

Anda bahkan bisa membuat ramuan tersebut di rumah karena bahan-bahannya tidak sulit untuk ditemukan. Biasanya, ramuan ajamoda ini akan disajikan sebagai teh herbal. Karena ramuan ini bersifat alami, maka tidak akan menimbulkan efek samping, kecuali jika sebelumnya anda memiliki riwayat masalah saluran pencernaan.

4. Makan pepaya sebagai tindakan pencegah kehamilan secara alami

 Makan pepaya sebagai tindakan pencegah kehamilan secara alami
Makan pepaya sebagai tindakan pencegah kehamilan secara alami

Selain memiliki banyak manfaat untuk kesehatan dan kecantikan, pepaya ternyata salah satu buah yang bisa digunakan untuk mencegah kehamilan. Siapa yang menyangka bahwa buang yang memiliki rasa manis serta daunnya yang bisa dijadikan sebagai lauk tersebut menjadi salah satu buah untuk mencegah agar wanita tidak hamil.

Anda disarankan langsung makan pepaya pada saat selesai berhubungan seksual. Adapun kadar atau banyaknya pepaya yang harus anda makan adalah 2 kali dalam sehari. Lakukan pengkomsumsian pepaya tersebut dalam kurun waktu minimal 3 hari. Dengan begitu, maka anda bisa terhindar dari kehamilan.

Sekedar informasi bahwa pepaya merupakan salah satu buah yang menjadi pantangan ibu hamil, khususnya mereka yang sedang hamil muda. Alasannya karena memang buah ini cenderung lebih bermanfaat untuk mencegah kehamilan meskipun sebenarnya kandungan di dalamnya bermanfaat bagi tubuh.

Baca: 15 Makanan Ibu Hamil agar Bayi Berkulit Putih Bersih

5. Cara mencegah kehamilan untuk yang belum menikah dengan ramuan Akar jahe

Cara mencegah kehamilan untuk yang belum menikah dengan ramuan Akar jahe
Cara mencegah kehamilan untuk yang belum menikah dengan ramuan Akar jahe

Selain pepaya, jahe juga bisa menjadi salah satu cara yang bisa anda pilih untuk membuat anda tidak hamil. Jahe memang memiliki banyak manfaat bagi kesehatan, seperti sebagai obat batuk alami maupun digunaka sebagai obat yang lainnya. Namun ternyata, akar jahe bisa menjadi salah satu metode alami dan aman untuk mencegah kehamilan.

Ramuan ini tidak sulit anda lakukan, terlebih lagi jahe merupakan bumbu dapur yang sudah pasti anda miliki. Di bawah ini akan kami berikan langkah-langkah membuat ramuan akar jahe:

  • Siapkan kurang lebih 2 jahe yang kemudian anda bersihkan.
  • Kemudian anda mulailah memarut jahe tersebut dan lalu mulailah untuk memanaskan air.
  • Setelah itu, anda rebus jahe yang sudah anda parut kurang lebih 10 menit dan biarkan mendidih terus sampai kurang lebih 5 menit.
  • Langkah selanjutnya yaitu anda harus menyaring air rebusan jahe tersebut dan anda harus meminumnya selagi masih panas.
  • Minum ramuan tersebut kurang lebih 2 kali dalam sehari untuk hasil yang lebih memuaskan.

6. Cara mencegah secara tradisional dengan aprikot kering

Cara mencegah secara tradisional dengan aprikot kering
Cara mencegah secara tradisional dengan aprikot kering

Aprikot kering juga bisa menjadi salah satu metode terbaik untuk anda yang ingin mencegah kehamilan. Aprikot kering akan mencegah kehamilan dengan cara menghindari proses pembuahan. Namun, anda tidak boleh dan harus menghentikan penggunaan aprikot kering jika ternyata sudah diketahui bahwa anda sedang hamil muda.

Cara pembuatannya tidaklah sulit dan bisa anda lakukan di rumah. Anda harus mencampur kurang lebih 100 gram aprikot kering dan juga madu sebanyak 2 sendok makan. Kemudian anda harus merebus dua bahan tersebut secara bersamaan sampai kurang lebih 30 menit. Setelah itu, anda harus segera meminumnya. Namun jangan lupa untuk menyaringnya terlebih dahulu.

7. Akar kapas pencegah kehamilan secara cepat

Cara alami untuk pencegahan kehamilan yang juga bisa anda lakukan adalah dengan memanfaatkan ramuan akar kapas. Cara kerja dari akar kapas adalah dengan melakukan perangsangan pelepasan hormon oksitosin. Perlu anda ketahui bahwasanya hormon tersebut memiliki peran terpenting untuk dalam membuat anda hamil.

Kemudian bagaimana cara pembuatan ramuan ini? Tentu saja tidak sulit. Anda harus memotong akar kapas yang sudah anda cuci dan kemudian anda tambahkan atau campurkan ke dalam satu cangkir teh. Anda juga bisa langsung menyeduh akar kapas tersebut dengan air panas. Anda harus meminum ramuan ini setidaknya dua kali dalam sehari. Minum secara rutin untuk memperoleh hasil yang memuaskan.

8. Cara mencegah di minggu pertama dengan memanfaatkan benih wortel

biji wortel juga menjadi salah satu tanaman herbal yang bermanfaat untuk mencegah kehamilan. Bahkan, cara yang juga disebut sebagai Queen anne’s lace telah dilakukan sejak zama kuno dan memang terbukti mampu mencegah kehamilan. Cara kerja dari biji wortel liar tersebut adalah akan mengontrol atau mengendalikan kehamilan anda.

Dengan mengkonsumsi biji wortel liar, maka anda akan tercegah dari kehamilan. Cara tersebut bersifat alami alias herbal jadi anda jangan khawatir akan menderita efek samping karena hal tersebut. Cara termudah untuk menggunakan metode ini adalah dengan langsung mengunyahnya.

Namun, jika anda ingin menggunakan cara yang lebih nikmat adalah dengan menggilingnya dan kemudian anda harus merendamnya ke dalam air sebanyak kurang lebih 1 sendok teh. Anda harus mengkonsumsinya dengan air yang banyak untuk dua kali dalam sehari. Ingat, ramuan yang anda buat tersebut tidak dianjurkan untuk diminum bagi yang sedang hamil muda.

9. Ubi liar untuk pencegah kehamilan setelah ejakulasi di dalam

Ubi memang merupakan salah satu makanan yang nikmat. Makanan ini sering disajikan ketika sedang berkumpul yang biasanya juga akan disajikan bersamaan dengan gorengan dan kopi. Ubi liar atau wild yam merupakan salah satu metode alami bagi anda yang tidak ingin hamil dulu.

Baca: 5 Makanan Yang Mengandung Asam Folat Untuk Ibu Hamil

Anda perlu memakannya minimal 2 kali dalam sehari jika ingin lebih merasakan khasiatnya. Jangan lupa untuk memakan ubi liar secara teratur agar metode yang anda lakukan atau jalani tersebut benar-benar menghasilkan hal yang memuaskan. Namun, ramuan ubi liar ini ternyata baru berlaku selama 1 sampai dengan 2 bulan sehingga waktunya memang cenderung lebih lama. Maka dari itulah anda harus memakannya secara rutin.

10. Cara mencegah kehamilan tanpa KB

Untuk cara mencegah kehamilan yang terakhir kami jelaskan ini bisa dikatakan sebagai cara yang paling umum dan memang juga menjadi cara yang aman untuk mencegah kehamilan tanpa menggunakan KB. Saat ini memang sudah banyak berbagai macam merk kondom yang bisa anda dapatkan, baik di apotek maupun juga di mini market. Kondom-kondom tersebut dijual dengan berbagai macam harga.

Kami sarankan agar supaya anda membeli kondom yang memang sudah terbukti ampuh mencegah kehamilan. Meskipun ada banyak merk kondom, namun biasanya kondom yang direkomendasikan adalah seperti fiesta, durex, okomoto, sagami, vivo, dan lain sebagainya. Selain itu, masih ada banyak merk kondom lainnya yang mungkin menjadi salah satu yang paling anda ketahui, yakni kondom sutra.

ARTIKEL TERKAIT