4 Manfaat Sirih Merah Yang Terbukti Manjur untuk Kesehatan

166
4 Manfaat Sirih Merah Yang Terbukti Manjur untuk Kesehatan
4 Manfaat Sirih Merah Yang Terbukti Manjur untuk Kesehatan

Bidhuan.id – Apakah anda tahu apa saja manfaat sirih merah? Tidak bisa dipungkiri lagi bahwa memang sirih merupakan salah satu tanaman herbal yang memiliki banyak kegunaan di bidang kesehatan. Tanaman jenis ini memiliki daun dengan bentuk lebar yang mana di dalamnya mengandung beberapa zat aktif seperti egunalo, saponin, dan juga tannin.

Tanaman jenis ini juga memiliki banyak jenis, salah satunya adalah sirih merah yang kami akan jelaskan kepada anda mengenai apa saja manfaat sirih merah agar supaya nanti bisa anda jadikan sebagai bahan referensi untuk kemudian anda gunakan di dalam mengobati masalah atau penyakit yang anda alami.

Manfaat Sirih Merah
Manfaat Sirih Merah

Mengenal Tentang Sirih Merah

Seperti yang telah kami jelaskan sebelumnya bahwasanya daun sirih memiliki banyak manfaat untuk kesehatan yang bahkan masih tetap digunakan sampai sekarang. Daun sirih memang memiliki sifat anti septik dan juga anti peradangan atau anti inflamasi. Khasiatnya pun bukan hanya terbatas untuk mengobati masalah yang berada pada permukaan tubuh, karena ternyata daun sirih memiliki manfaat lainnya yakni digunakan untuk pengobatan organ dalam.

Salah satu jenis dari daun sirih adalah daun sirih merah yang bisa anda dapatkan dengan mudah, terlebih lagi jika anda saat ini tinggal di daerah pedesaan maka tentu anda tidak perlu jauh-jauh untuk mendapatkan daun sirih merah tersebut.

Baca: 5 Obat Bisul Alami Yang Paling Mujarab yang mudah Didapat

Salah satu hal yang membedakan antara daun sirih merah dan daun sirih hijauh adalah di dalam daun sirih merah terkandung flavonoid sehingga ada yang mengatakan bahwa daun sirih merah memiliki kandungan yang lebih banyak dibandingkan daun sirih hijau.

Bagi anda yang penasaran ingin mengetahui apa saja manfaat yang terkandung di dalam daun sirih merah, maka silahkan anda simak baik-baik penjelasan yang akan kami berikan di bawah ini.

1. Manfaat daun sirih merah untuk mimisan

Manfaat pertama yang bisa anda dapatkan dari daun sirih merah adalah ia sangat bermanfaat untuk membantu menghentikan mimisan. Kandungan zat aktif berupa terpene dan fenin poppies memang memiliki kegunaan di dalam menghentikan pendarahan yang terdapat pada hidung.

Cara yang harus anda lakukan tidak terlalu sulit dimana anda hanya perlu menggulung satu lembar daun sirih merah dan kemudian anda harus memasukkannya ke dalam lubang hidung yang mengalami mimisan.

Dengan begitu, pendarahan yang terdapat pada lubang hidung anda akan cepat berhenti dan tidak akan mengalir kembali.

2. Manfaat daun sirih merah untuk tukak lambung

Manfaat daun sirih merah untuk tukak lambung
Manfaat daun sirih merah untuk tukak lambung

Manfaat kedua yang terkandung di dalam daun sirih adalah ia sangat bermanfaat untuk pengobatan tukak lambung. Perlu anda ketahui bahwasanya di dalam daun sirih merah terkandung vitamin C dan juga berfungsi sebagai anti septik yang memiliki banyak manfaat, salah satunya mengobati tukak lambung.

Kedua zat tersebut nantinya akan bekerja dengan cara melawan kuman yang menjadi sebab anda mengalami tukak lambung. Yang harus anda lakukan adalah dengan mengunyah 1 sampai dengan 2 lembar daun sirih merah dalam waktu kurang lebih 10 menit dan lalu anda buang.

Anda harus melakukannya secara rutin minimal dua kali dalam sehari agar supaya pengobatan yang anda jalani dapat memberikan hasil yang positif untuk kesehatan anda.

3. Manfaat daun sirih merah untuk luka bakar ringan

Beberapa zat aktif seperti vitamin C, alkaloid, dan juga antioksidan merupakan zat-zat yang akan berguna di dalam meredakan luka bakar. Memang baik daun sirih hijau maupun merah berfungsi sebagai anti inflamasi atau anti peradangan yang akan membantu di dalam mengatasi peradangan yang terdapat pada kulit, seperti ketika mengalami luka bakar.

Bagaimana cara penggunaannya? Anda harus menyiapkan kurang lebih 3 sampai dengan 5 lembar daun sirih merah yang sebelumnya sudah anda cuci. Kemudian, anda hancurkan daun sirih merah tersebut sampai halus yang selanjutnya anda campurkan dengan madu sebanyak kurang lebih 2 sendok teh.

Langkah terakhir, anda hanya perlu meletakkan daun sirih yang sudah anda hancurkan tersebut ke bagian kulit yang mengalami luka bakar. Lakukan cara ini kurang lebih 2 kali sehari jika anda ingin memperoleh hasil yang maksimal demi kesembuhan anda.

4. Manfaat daun sirih merah untuk gusi berdarah

Manfaat daun sirih merah untuk gusi berdarah
Manfaat daun sirih merah untuk gusi berdarah

Gusi berdarah merupakan salah satu masalah yang terkadang banyak orang meremehkannya karena memang biasanya kondisi ini bisa sembuh dengan sendirinya. Namun tidak jarang gusi berdarah yang dialami tidak kunjung sembuh dan malah dikhawatirkan akan semakin parah.

Oleh sebab itu, anda harus mengobatinya dengan menggunakan daun sirih merah yang mana kandungan kalsium, tanin, mineral fosfor, dan juga saponin memiliki peran penting di dalam mengobati gusi berdarah.

Adapun langkah-langkah yang harus anda lakukan adalah sebagai berikut:

  • Siapkan beberapa lembar daun sirih merah minimal 3 lembar dan kemudian anda cuci bersih.
  • Panaskan air dan kemudian tunggu hingga akan mendidih.
  • Masukkan daun sirih merah yang sudah anda siapkan sebelumnya dan kemudian anda aduk secara perlahan-lahan.
  • Yang terakhir, anda hanya perlu menggunakan air rebusan daun sirih tersebut untuk berkumur-kumur selama kurang lebih 30 detik.
  • Lakukan cara ini kurang lebih 3 kali sehari guna memperoleh hasil yang maksimal.

Demikian penjelasan yang bisa kami berikan kepada anda mengenai apa saja manfaat sirih merah. Kami juga ingin menyarankan agar anda mempelajari informasi lainnya dari kami yaitu Cara Menghilangkan Bau Badan Dan Ketiak Mudah Dan Alami dan juga Obat Batuk Kering Dan Tenggorokan Gatal. Semoga bermanfaat.

ARTIKEL TERKAIT