Apa Saja Beda Resume dan CV? Ini Dia Penjelasan Selengkapnya

290
pengertian dan beda resume dan CV
pengertian dan beda resume dan CV

Bidhuan.id – Apakah anda tahu beda resume dan CV seperti apa? Bagi seseorang yang sedang mencari pekerjaan atau jobseeker pasti dua istilah ini sudah tidak asing lagi. Akan tetapi, tidak sedikit orang yang beranggapan bahwa resume dan CV merupakan dokumen yang sama. Yang membedakan hanya namanya saja sehingga ketika melamar pekerjaan tidak perlu mengirimkan keduanya karena cukup salah satunya saja.

Namun jika diperhatikan beda resume dan CV cukup signifikan. Itu artinya kedua hal ini tidak bisa dikatakan sama karena memang pada dasarnya sudah berbeda. Meskipun berbeda, namun baik resume maupun CV merupakan dokumen yang saling berhubungan antara satu dengan yang lainnya. Lalu kira-kira apa saja yang menjadi perbedaan antara resume dengan CV?

Untuk menjawab pertanyaan anda tersebut, kami sarankan anda menyimak dengan baik-baik informasi yang akan kami berikan di bawah ini. Informasi awal yang akan kami bagikan adalah menerangkan tentang pengertian dari CV dan juga resume.

Baca: Mengapa Anda Ingin Bekerja di Perusahaan Kami? Ini Jawaban yang Tepat!

Apa itu Resume?

apa itu resume
apa itu resume

Berdasarkan keterangan yang diambil dari KBBI atau Kamus Besar Bahasa Indonesia, resume memiliki arti yaitu ringkasan. Kemudian jika kita mengaitkan resume dengan dunia kerja, maka pengertian dari resume adalah sebuah dokumen formal yang di dalamnya menjelaskan secara singkat mengenai pengalaman, pendidikan, keahlilan dari seseorang. Perlu diperhatikan bahwa dikarenakan resume merupakan sebuah rangkuman, itu berarti anda tidak bisa menulisnya lebih dari 2 lembar.

Seseorang yang ingin menyertakan informasi seputar kelebihan, pendidikan, maupun pengalamannya harus menuangkannya secara terstuktur dan rapi. Tujuan pembuatan resume secara singkat adalah agar pembaca tidak bingung membaca dan memahami apa yang ingin anda jelaskan dalam resume anda tersebut.

Apa it CV?

CV merupakan singkatn dari Curriculum Vitae atau jika diterjemahkan ke bahasa Indonesia berarti daftar riwayat hidup. Ada juga yang menerjemahkan CV sebagai cerita kehidupan. Di dalam dunia kerja, CV diartikan sebagai sebuah dokumen yang di dalamnya menerangkan informasi mengenai pelamar secara lebih lenggkap.

Dikarenakan CV merupakan cerita kehidupan, maka seseorang yang membuat CV harus menuangkan pengalaman, kualifikasi, dan juga prestasi yang pernah diraih, terutama pencapaian atau pengalaman yang sesuai dengan yang dibutuhkan oleh perusahaan. Selain itu, ketika ingin menulis CV, maka biasanya CV akan ditulis secara kronologi yang tentunya isi dari CV lebih mendalam dan bukan informasi singkat saja.

Meskipun informasi yang disampaikan dalam CV cukup banyak dan lengkap, akan tetapi perlu diperhatikan bahwa seseorang juga harus memperhatikan bagaimana cara menyusunnya. CV wajib disusun secara sistematis dan juga terstuktur. Selain itu, anda tidak perlu lagi khawatir mengenai batas maksimal berapa banyak CV yang anda tulis. Jadi anda bisa menuangkan apapun yang ingin anda masukkan ke dalam CV anda.

Apa Beda Resume dengan Curriculum Vitae (CV)?

apa beda resume dengan curriculum vitae
apa beda resume dengan curriculum vitae

Setelah anda memahami pengertian dari CV dan resume, maka sekarang anda juga harus mengetahui kira-kira apa saja hal-hal yang membedakan antara resume dengan CV. Dengan begitu, anda tidak bingung lagi ketika ditanya apa saja yang menjadi beda resume dan CV.

Baca juga: Mau Sukses? Baca 8 Kunci Sukses Ala Jack Ma si Pendiri Alibaba

1. Resume lebih ringkas dari CV

Perbedaan resume dengan Curriculum Vitae yang pertama adalah resume merupakan dokumen yang lebih ringkas. Seperti yang sudah kami terangkan di atas bahwa resume merupakan sebuah dokumen lamaran kerja yang dibuat seringkas mungkin. Resume harus dibuat tidak lebih dari dua halaman. Meskipun cenderung singkat, namun seseorang yang menulis resume harus tetap menyertaka informasi yang sangat penting.

Informasi yang disajikan dalam resume biasanya seperti pengalaman, keahlian, dan juga pendidikannya. Tujuan menulis resume yang singkat tidak lain agar dapat memberikan informasi sesingkat mungkin namun informasi tersebut sangat bermanfaat dan tidak membuat pembaca bertanya-tanya tentang anda.

Selain itu, informasi singkat yang disajikan tersebut harus benar-benar rapi. Artinya, seorang pelamar pekerjaan harus memperhatikan kerapian dan struktur dari resume yang dibuatnya. Meskipun seseorang tersebut memiliki pendidikan dan pengalaman yang dibutuhkan perusahaan, namun ketika menulis resume tidak memperhatikan ketentuannya, maka kemungkinan besar orang tersebut akan langsung ditolak oleh perusahaan.

Kemudian bagaimana dengan CV? CV harus ditulis secara lengkap sehingga memang bentuknya lebih kompleks dan detail dibandingkan resume. Dikarenakan CV juga merupakan cerita hidup, maka penulis juga harus menuliskan cerita hidupnya secara lengkap. Tidak ada batasan halaman untuk menulis CV.

2. CV memiliki urutan-urutannya tersendiri

Perbedaan CV dan resume dalam bahasa Inggris maupun Indonesia adalah mengenai urutannya. Ketika seseorang menulis CV, maka dia harus mengetahui seperti apa urutan dalam penyusunan CV yang benar. Urutan tersebut sudah ada dan pelamar pekerjaan tinggal menyesuaikannya agar CV-nya diterima.

Lalu bagaimana dengan resume? Dalam menulis resume, pelamar pekerjaan bisa mengotak-atik susunan resume yang dibuatnya. Ketika membuat resume, pelamar pekerjaan bisa langsung meloncat ke bagian atau informasi tentang kemampuan seseorang. Pembaca atau pihak HRD tidak akan menyalahkan anda karena memang yang anda tulis bukan CV, melainkan resume.

3. Penulisan resume dapat diubah, CV tidak

Beda resume dan CVyang terakhir adalah mengenai bentuk dari keduanya. Ketika membuat resume, pelamar bisa mengedit dan kemudian ditulis sedimikian rupa dengan penjelasan yang singkat, padat, serta jelas. Kemudian untuk CV, anda tidak bisa mengubah aturan penulisan CV secara sembarangan. Aturannya tersebut sudah bersifat paten alias pasti sehingga pelamar tinggal mengikuti alur penulisannya saja.