Telinga Kanan Berdenging: Ini 20 Makna dan Penyebabnya

0
5616
Telinga Kanan Berdenging - Ini 20 Makna dan Penyebabnya
Telinga Kanan Berdenging - Ini 20 Makna dan Penyebabnya

Bidhuan.id – Telinga kanan berdenging tanda apa? Banyak orang salah mengartikan mengenai masalah telinga berdenging (tinnitus) secara tiba-tiba. Padahal dalam dunia medis, hal tersebut terjadi karena ada beberapa penyebab, seperti telinga kanan berdenging karena tersumbat. Serta masih ada banyak lagi penyebabnya.

Dalam artikel ini akan membahas lengkap mengenai penyebab serta arti telinga kanan berdengung terus yang akan diterangkan menurut pandangan dunia medis. Untuk penyebab yang parah, bisa anda langsung periksakan saja ke dokter spesialis THT untuk mendapatkan penanganan lebih lanjut agar tidak terjadi infeksi.

20 Makna Telinga Kanan Berdenging, Serta Penyebabnya

  • Vertigo Penyebab Telinga Kanan Berdenging

Mengapa anda mengalami vertigo ? Karena ternyata ada ketidakseimbangan yang terjadi di telinga anda bagian dalam yang tidak anda ketahui. Vertigo menyebabkan telinga kanan terkadang berdenging secara tiba-tiba.

  • Cedera Menyebabkan Permasalahan Pada Telinga

Cedera ini bisa jadi karena anda telah mengalami kecelakaan yang tidak diduga, serta mengenai bagian kepala anda. Sehingga cedera tersebut menyebabkan adanya bunyi denging pada telinga.

  • Mendengar Bunyi Yang Sangat Keras

Suara tajam seperti dentuman bom, atau pistol dalam jarak dekat, bisa menyebabkan telinga anda mendengar bunyi denging. Maknanya karena ada kerusakan pada sel klokea dibagian dalam.

  • Kurangnya Asupan Zat Besi Dalam Tubuh

Apabila tubuh kekurangan zat besi, maka hal tersebut bisa mengganggu daya pendengaran dan menyebabkan telinga mendengar bunyi denging dalam beberapa saat.

  • Terserang Penyakit Lyme

Penyakit lyme disebabkan karena infeksi akibat gigitan kutu, dan membuat telinga anda berdering serta merasa tidak nyaman. Mengobati telinga berdengung secara alami bisa menyembuhkan penyebab tersebut.

  • Terjadi Infeksi Pada Saluran Telinga

Apabila telinga kanan berdenging terus maknanya telinga sudah terinfeksi sumbatan, saluran, sehingga fungsi saluran telinga tidak bekerja maksimal dan menghasilkan bunyi seperti denging didalam telinga kanan.

Baca: Bagian Bagian Telinga (Luar, Tengah, Dalam) Fungsi dan Kegunaan Masing-Masing

  • Insomnia Menyebabkan Telinga Berdenging

Bunyi dengin yang anda rasakan, bisa jadi disebabkan karena pola tidur anda yang kurang baik. Jika gangguan pada tidur (insomnia) anda semakin buruk, maka gejala bisa makin parah.

  • Naiknya Kadar Gula Dalam Darah (Diabetes)

Jika anda mengalami penyakit diabetes atau kenaikan kadar gula darah, maka hal itu juga menjadi faktor pemicu bunyi denging pada telinga kanan atau tinnitus.

  • Sedang Mengalami Cemas Atau Stress

Penyebab ini juga bisa memicu bunyi denging pada telinga kanan. Makna nya, anda tengah memikirkan permasalahan yang berat, sehingga mengakibatkan stress dan berakibat pada permasalahan pada telinga.

  • Penggunaan Earphone Terlalu Lama

Menyetel musik menggunakan earphone dengan volume lebih dari 60% juga bisa membuat telinga merasa kelelahan dan efeknya akan menimbulkan bunyi dengung pada salah satu telinga.

  • Faktor Pertambahan Usia

Jika umur anda sudah mencapai angka 60, dan mengalami telinga berdenging yang kanan maka masih bisa dikatakan wajar. Pada saat usia 60, akan terjadi penurunan pada pendengaran.

  • Tumbuh Tumor Pada Bagian Kepala

Tumor yang menyerang pada bagian kepala akan membuat tekanan pada pembuluh darah, sehingga mengakibatkan telinga berdenging secara terus-menerus.

  • Mengalami Cedera Karena Pukulan Atau Hantaman

Bagian kepala sangat sensitive maka ketika telinga berdenging bisa jadi itu pertanda bahwa pendengaran mengalami gangguan karena pukulan atau hantaman tersebut.

  • Telinga Kanan Berdenging Akibat Aterosklerosis

Aterosklerosis adalah keadaan dimana adanya penumpukan kolesterol dalam tubuh dan mengakibatkan penyempitan pembuluh darah. Pada keadaan seperti ini, pembuluh darah kehilangan elastisitasnya dan menyebabkan dengingan dalam kuping.

Baca: 4 Cara Mengeluarkan Air Dari Telinga dengan Cepat dan Aman

  • Disebabkan Tekanan Darah Tinggi

Apabila anda mendengar bunyi denging secara tiba-tiba, maknanya bisa jadi karena tubuh sedang dalam tekanan darah yang tinggi. Namun bunyi denging tersebut akan hilang dengan sendirinya.

  • Mengalami Gangguan Pada Sendi Rahang

TMD atau temporomandibular disorder atau yang biasa disebut dengan gangguan sendi rahang juga memicu timbulnya bunyi denging pada telinga kanan, dikarenakan terjadi serangan saraf di saluran telinga bagian dalam.

  • Disebabkan Karena Telinga Kotor

Terjadi penumpukan kotoran pada telinga juga bisa menyebabkan anda mendengan bunyi dengin secara tiba-tiba. Tidak hanya itu, kotoran telinga tersebut bisa membuat telinga bagian dalam anda menjadi gatal dan tidak enak.

  • Pasca Menjalani Operasi Disekitar Leher Atau Kepala

Jika anda telah melakukan beberapa operasi didaerah leher seperti operasi tonsil atau operasi di bagian kepala, kemungkinan besar anda mengalami gangguan pendengaran seperti telinga yang berdering bahkan akan terjadi tuli untuk sementara waktu.

  • Penggunaan Antibiotik Berlebih Menyebabkan Telinga Kanan Berdenging

Terkadang ada beberapa obat seperti antibiotic, aspirin dan jenis obat lainnya yang memiliki efek samping menyebabkan pasien mengalami gangguan pendengaran. Telinga berdengung normal dan hanya terjadi sementara waktu jika diakibatkan karena mengonsumsi obat.

  • Dikarenakan Tekanan Darah Tinggi

Pada saat kondisi tubuh sedang dalam tekanan darah yang tinggi, maka hal itu juga bisa mengakibatkan telinga anda berdenging secara teus-menerus. Namun bunyi denging tersebut akan hilang dengan sendirinya.

Beberapa penyebab diatas, bisa anda pahami agar anda terhindar dan tidak mengalami telinga kanan berdenging. Segera periksakan ke dokter, apabila gejala denging yang anda rasakan semakin parah. Semoga bermanfaat.

Baca: 10 Obat Tetes Telinga di Apotik untuk Anak, Dewasa dan Harganya

BACA JUGA