Cara Menghilangkan Tahi Lalat Hidup Alami Paling Mudah dan Wajib Dicoba

719
Cara Menghilangkan Tahi Lalat Hidup Alami Paling Mudah dan Wajib Dicoba
Cara Menghilangkan Tahi Lalat Hidup Alami Paling Mudah dan Wajib Dicoba

Bidhuan.id – Cara menghilangkan tahi lalat hidup seringkali diinginkan ya sobat. Tahi lalat ialah bercak atau benjolan kecil pada permukaan kulit yang berwarna cokelat atau hitam. Tahi lalat bisa muncul di area tubuh bagian mana saja, baik satu atau lebih, umumnya muncul sebelum usia 20 tahun atau dapat juga muncul sejak lahir. Tahi lalat yang normal pada tubuh manusia ialah sebanyak 10 sd 40 buah.

Baca juga : 5 cara menghilangkan kutu rambut dan telurnya sampai bersih

Memiliki tahi lalat di bagian tubuh tertentu seringkali dianggap sebagai penghias atau sebagai pemanis, terlebih jika memiliki ukuran yang kecil dan tidak mengganggu aktifitas. Namun, ada pula tahi lalat yang hidup yakni yang terus membesar dan mengganggu.

Cara Menghilangkan Tahi Lalat Hidup
Cara Menghilangkan Tahi Lalat Hidup

Jika berada di area penting tubuh seperti dekat dengan hidung susah hilang, mata, atau telinga dikhawatirkan akan mengganggu kerja normal dari organ tubuh. Sebab itu, tahi lalat hidup dapat disingkirkan dengan cara yang aman dan tepat.

Cara menghilangkan tahi lalat hidup didasari pada perhatian dan kenyamanan pada pemilik tahi lalat hidup tersebut, apakah terdapat penambahan ukuran atau perubahan yang terjadi, seperti perubahan dalam bentuk, ketebalan, ukuran, dan warna. Hal lain yang harus diperhatikan ialah ada atau tidaknya rasa nyeri dan perdarahan.

Untuk menghilangkan tahi lalat hidup, sebelumnya harus dikonsultasikan dengan dokter terlebih dahulu, dibutuhkan waktu yang relatif singkat atau operasi kecil dan tak perlu menjalani rawat inap. Beberapa cara menghilangkan tahi lalat berikut bisa dijadikan sebagai pilihan.

Cara Menghilangkan Tahi Lalat Hidup dengan Tindakan Bedah

Cara menghilangkan tahi lalat hidup yang pertama ialah dengan tindakan bedah, tindakan ini dilakukan untuk tahi lalat hidup dengan ukuran yang besar. Tindakan dilakukan dengan cara pembiusan di sekitar area tahi lalat hidup, kemudian dipotong beserta jaringan kulit di dalamnya dengan menggunakan pisau bedah, selanjutnya luka ditutup dengan jahitan.

Untuk tahi lalat hidup yang berukuran kecil, tindakan bedah dilakukan dengan pengikisan jaringan dan tidak perlu menggunakan jahitan setelahnya. Hanya diperlukan perawatan sebagaimana luka pada umumnya untuk mengembalikan kondisi permukaan kulit sehat kembali seperti ketika belum dibedah.

Cara Menghilangkan Tahi Lalat Hidup dengan Pembekuan

Cara Menghilangkan Tahi Lalat Hidup dengan Pembekuan
Cara Menghilangkan Tahi Lalat Hidup dengan Pembekuan

Dalam istilah kesehatan disebut dengan Cryosurgery atau bedah beku cairan nitrogen. Tahi lalat hidup disemprot dengan menggunakan salah satu gas yang bernama nitrogen dan suhunya dalam kondisi sangat dingin, kemudian tahi lalat hidup akan diambil dengan alat tersebut dan dibuang bersama dengan jaringan kulitnya agar tidak tumbuh lagi. Tindakan hanya menghasilkan luka lepuh sementara yang akan hilang dengan sendirinya.

Cara Menghilangkan Tahi Lalat Hidup dengan Kauterisasi

Ialah bedah listrik pada tahi lalat hidup dengan cara membakar lapisan pada tahi lalat hidup yang hendak disingkirkan. Dokter akan memberi obat bius terlebih dahulu di area sekitar bedah, kemudian aliran listrik dialirkan melalui alat logam khusus dan ditempelkan pada tahi lalat hidup. Tindakan ini lebih minim perdarahan namun dibutuhkan lebih dari satu kali pengerjaan untuk menghilangkan tahi lalat hidup secara total.

Cara Menghilangkan Tahi Lalat Hidup dengan Laser

Ialah cara menghilangkan tahi lalat hidup dengan menggunakan teknologi canggih dari sinar laser. pelayanan kesehatan berbasis teknologi ini bisa anda coba. Keuntungannya ialah tidak menimbulkan bekas apapun di permukaan kulit, tidak menimbulkan rasa sakit atau nyeri setelah tindakan, dan dapat dilakukan dengan cepat dalam satu kali pengerjaan.

Cara Menghilangkan Tahi Lalat Hidup dengan Eksisi Elips

Ialah tindakan operasi yang dilakukan untuk tahi lalat hidup yang dicurigai terdapat gejala tumor atau kanker di dalamnya. Dapat juga dilakukan pada pasien yang tidak cocok dengan jenis tindakan penghilangan tahi lalat hidup lainnya karena riwayat alergi atau penyakit tertentu.

Cara Menghilangkan Tahi Lalat Hidup
Cara Menghilangkan Tahi Lalat Hidup

Tindakan Eksisi elips dilakukan dengan cara membius area sekitar tahi lalat hidup terlebih dahulu, kemudian dokter akan mencongkelnya dengan alat khusus dengan cepat hingga ke seluruh akarnya, luka akan ditutup dengan jahitan dan perban. Proses hanya memakan waktu maksimal 20 menit. Pada masa penyembuhan, akan timbul jaringan parut yang lama kelamaan akan menghilang meninggalkan garis aau titik putih kecil yang tipis.

Cara Menghilangkan Tahi Lalat Hidup dengan Krim Penghiilang Tahi Lalat

Ialah alternatif cara menghilangkan tahi lalat hidup dengan biaya yang terjangkau atau untuk pasien yang memiliki trauma terhadap tindakan bedah. Krim harus digunakan dengan resep dari dokter kulit. Sebelumnya dokter akan menggores ringan tahi lalat hidup terlebih dahulu, kemudian krim dioleskan melalui luka terbuka tersebut.

Krim bekerja dengan cara membakar kulit dari dalam sehingga meninggalkan bekas luka seperti koreng, lama kelamaan tahi lalat hidup akan rontok dan terlepas. Krim seperti ini memiliki efek samping berupa lubang kecil di kulit dan beresiko infeksi jika penggunaan kurang memaksimalkan aspek kebersihan. Krim juga tidak efektif pada semua orang sebab tergantung pada berapa lama tahi lalat itu hidup.

Dari sekian pilihan cara menghilangkan tahi lalat hidup, Anda dapat memilih cara terbaik sesuai kebutuhan dan jangan lupa konsultasi terlebih dahulu dengan dokter.

Hal hal yang harus diperhatikan dalam cara penghilangan tahi lalat hidup

Setiap tindakan tentu memiliki perawatan khusus sebelum, selama, dan setelah dilakukannya tindakan. Diperlukan pengetahuan dan pemahaman tentang efek samping atau kondisi normal yang terjadi setelah tindakan dan pertolongan pertamanya. Berikut beberapa hal yang dapat terjadi.

  • infeksi bakteri di kulit, alergi terhadap obat bius, atau kerusakan jaringan syaraf. Terjadi jika kebersihan dan perawatan luka setelah tindakan kurang maksimal sehingga menyebabkan kuan mudah masuk pada jaringan kulit yang masih terbuka.
  • Tidak dianjurkan untuk menghilangkan tahi lalat hidup secara mandiri di rumah sebab beresiko menimbulkan infeksi, perdarahan, hingga kerusakan struktur jaringan kulit. Tindakan harus dilakukan oleh dokter spesialis kulit atau dokter bedah.
  • Patuhi dan ikuti segala perawatan sebelum dan sesudah tindakan yang dianjurkan oleh dokter agar proses tindakan berjalan lancar dan proses kesembuhan setelah tindakan pun tidak menyebabkan rasa tidak nyaman.

Demikian yang bisa penulis jelaskan pada kesempatan kali ini mengenai cara menghilangkan tahi lalat hidup. Terima kasih sudah berkunjung dan membaca artikel yang sudah dijelaskan di atas. Sampai jumpa dan terima kasih.

Baca juga : 6 cara ampuh menghilangkan tahi lalat tanpa operasi