3 Cara Setting Remote TV Universal Segala Merk

131
cara setting remote tv universal

Bidhuan.id – Apakah Anda sudah tahu seperti apa cara setting remote tv universal? TV atau televisi di saat seperti ini telah menjadi salah satu barang elektronik yang wajib ada di setiap rumah. TV bukan lagi menjadi sebuah barang mewah yang hanya dimiliki oleh orang-orang tertentu saja. Berbeda dengan belasan atau puluhan tahun yang lalu dimana orang yang memiliki atau membeli televisi identik sebagai orang kaya. Namun sekarang anggapan tersebut sudah tidak berlaku lagi.

Perkembangan televisi juga semakin canggih. Dahulu tv tidak dilengkapi dengan remote control dimana Anda harus menekan tombolnya ketika ingin berpindah channel atau saluran. Sekarang sudah ada remote control yang sudah pasti akan memberikan kemudahan kepada Anda. Lalu bagaimana cara setting remote tv universal? Untuk mengetahui jawaban tersebut maka silahkan Anda simak baik-baik penjelasan kami di bawah ini.

Baca: Cara Menghitung Tetesan Infus Paling Mudah dan Akurat

Cara Setting Remote TV Universal

Ketika remote tv yang Anda beli mengalami kerusakan, tentu Anda tidak perlu datang ke toko televisi tersebut untuk meminta remote lagi. Hal ini karena jarang ada produsen televisi yang hanya menjual remote TV saja. Maka dari itu, Anda membutuhkan sebuah remote universal yang bisa digunakan untuk seluruh jenis atau merk televisi.

Namun sebelum Anda menggunakannya, Anda harus melakukan beberapa pengaturan agar supaya remote yang Anda beli tersebut bisa Anda gunakan untuk berganti channel sesuai dengan merk TV Anda. Maka dari itu, di bawah ini kami akan menjelaskan kepada Anda mengenai bagaimana cara setting remote TV universal mudah dan cepat.

1. Cara setting remote TV universal menggunakan kode remote

cara setting remote tv universal

Di bawah ini kami akan menjelaskan kepada Anda mengenai langkah-langkah yang harus Anda lakukan untuk mengatur remote TV universal agar supaya bisa Anda gunakan. Cara ini dengan memanfaatkan kode remote yang biasanya sudah tersedia sesuai dengan merk TV Anda.

Sebagai contoh, kami akan menjelaskan pengaturan remote TV merk Sharp. Berikut ini langkah-langkahnya:

  • Pertama, Anda harus mencari kode TV Sharp Anda. Kemudian Anda harus menyiapkan 3 kodenya. Berdasarkan buku manual, maka nanti Anda akan mendapatkan kode berupa: 003, 137, 025, 016, 136, 135.
  • Kedua, Anda harus menekan tombol set. Jangan langsung dilepas tapi Anda harus menahannya terlebih dahulu. Kemudian Anda harus menekan tombol power. Jangan dilepas dulu sampai nanti Anda akan mengetahui bahwa lampu remote menyala. Ketika sudah menyala, maka barulah Anda bisa melapaskannya.
  • Ketiga, Anda bisa mulai dengan menekan salah satu tombol Sharp. Misal Anda memilih kode 135. Yang harus Anda lakukan adalah dengan menekan 1 – 3 – 5.
  • Jika berhasil, maka lampu yang selamanya menyala akan mati. Dengan begitu, maka remote TV sudah bisa Anda gunakan.

Bagaimana? Tentu cara yang seperti ini tidak akan membuat Anda kesulitan menggunakannya. Anda sudah bisa menggunakan remote TV universal Anda tersebut selayaknya remote aslinya yang Anda dapakan ketika membeli TV Sharp.

Baca juga: Kisah Lengkap Kusrin Pembuat TV Rakitan, dari Dibui Hingga Bertemu Jokowi

2. Cara setting remote TV universal menggunakan tombol volume

cara setting remote tv universal

Berikut ini kami akan menjelaskan kepada Anda semuanya tentang bagaimana cara mensetting remote TV universal dengan memanfaatkan tombol volume. Cara ini merupakan sebuah pilihan alternatif yang bisa Anda ambil tanpa harus repot mencari dan memasukkan kode yang sudah Anda dapatkan sesuai dengan merk TV Anda.

  • Anda harus menyalakan TV terlebih dahulu
  • Setelah itu, mulailah untuk mendekatkan posisi remote dengan lampu indikator yang ada di TV Anda. Pastikan posisi remote sudah benar. Kemudian, Anda harus menekan tombol set sampai nanti lampu indikator yang ada pada remote TV Anda menyala dengan sendirinya.
  • Langkah selanjutnya yang harus Anda lakukan yakni dengan menekan tombol volume atas atau vol + berkali-kali sampai nanti akan muncul volume di layar TV.
  • Kemudian, Anda harus menekan tombol volume bawah atau volume –. Anda perhatikan, jika nanti volume TV menurun alias berkurang, maka setting yang Anda lakukan sudah berhasil. Namun jika masih belum, maka Anda harus mengulangi langkah ketiga.
  • Jika ternyata sudah berhasil, maka langkah terakhir yang harus Anda lakukan adalah dengan menekan set sampai nanti lampu remote mati.

3. Cara setting hp jadi remote TV

Sekarang hp pun sudah bisa digunakan sebagai remote TV. Namun bukan sembarang handphone. Hp yang bisa digunakan adalah hp android. Biasanya hp yang terkenal untuk bisa digunakan sebagai remote TV maupun remote yang lain adalah Xiaomi. Namun kali ini kami akan menjelaskan tentang cara mensetting hp android segala merk untuk diubah fungsinya sebagai remote TV.

Baca: Ingin Bekerja di Televisi Swasta Nasional? Ini Bocoran Gajinya

  • Pertama, Anda harus masuk ke Google Play Store dan kemudian Anda harus mengetikkan Peel Smart Remote.
  • Kedua, Anda harus menginstall aplikasi tersebut dan tunggulah beberapa saat. Proses penginstalan akan berjalan otomatis.
  • Ketiga, Anda buka aplikasi tersebut dan tinggal mengikuti panduannya. Jika Anda ingin menjadikan handphone Anda sebagai remote TV, maka Anda tinggal mencari sesuai dengan merk TV yang Anda inginkan.
  • Hp android Anda sudah bisa Anda gunakan untuk mengubah channel TV seperti remote TV pada umumnya.

Sekedar informasi jika ternyata aplikasi tersebut tidak bisa Anda buka. Mungkin Anda harus masuk ke pengaturan aplikasi dan memberikan izin bagi apliaksi ini agar bisa berjalan di sistem android.

Demikian informasi tentang bagaimana cara setting remote tv universal dengan mudah. Semoga informasi ini bermanfaat.