Folaplus, Suplemen Terbaik Selama Masa Kehamilan

139
Folaplus, Suplemen Terbaik Selama Masa Kehamilan
Folaplus, Suplemen Terbaik Selama Masa Kehamilan

Bidhuan.id – Folaplus itu obat apa? Folaplus adalah suplemen yang di dalamnya mengandung asam folat dan juga vitamin B kompleks. Suplemen ini merupakan solusi untuk memenuhi kebutuhan vitamin bagi ibu hamil. Kita tahu bahwa ibu hamil tidak boleh sampai kekurangan vitamin karena bisa mengakibatkan kondisinya maupun bayinya bisa kurang baik. Maka dari itu, obat ini berperan untuk memenuhi kebutuhan vitaminnya.

Berikut ini kami akan mengajak anda untuk bisa lebih mengenal Folaplus. Dengan begitu, anda bisa menjadikan suplemen ini sebagai pilihan terbaik untuk pemenuhan vitamin selama hamil. Kondisi anda dan bayi anda pun akan selalu sehat.

Mengenal Lebih Dalam Seputar Folaplus

Folaplus merupakan suplemen yang bisa anda dapatkan secara bebas. Itu artinya, untuk bisa mendapatkan obat ini tidak memerlukan resep dokter meskipun sebenarnya akan lebih baik jika anda berkonsultasi dengan dokter untuk mendapatkan resep atau informasi yang sangat penting terkait fungsi dan penggunaan Folaplus. Anda bisa membeli Folaplus di apotek dengan harga sekitar Rp. 85.000 per box.

1. Kandungan Folaplus

Seperti yang telah kami sebutkan di awal bahwa Folaplus mengandung asam folat dan juga vitamin B kompleks. Untuk mengetahhui lebih lengkap seputar kandungan suplemen Folaplus, bisa anda simak informasi yang kami sajikan di bawah ini.

  • Asam Folat
    • Asam folat adalah vitamin yang sangat dibutuhkan ibu hamil. Bahkan vitamin ini juga dianjurkan untuk tetap dikonsumsi ketika sudah memasuki persiapan kehamilan.
    • Lalu apa fungsi asam folat? Vitamin yang satu ini berfungsi untuk pembentukan RNA dan DNA.
    • Dengan mengkonsumsi asam folat secara rutin, maka bayi yang lahir bisa terhindar dari resiko mengalami kecacatan serta untuk mengurangi resiko mengalami keguguran.
  • Vitamin B6
    • Perlu anda ketahui bahwa ibu hamil akan memerlukan vitamin yang kebutuhannya akan semakin lama semakin meningkat seiring dengan bertambahnya masa kehamilannya. Hal ini juga senada dengan kebutuhan vitamin B6  bagi ibu hamil.
    • Vitamin B6 inilah yang nantinya berperan dalam meringankan rasa mual atau yang dikenal dengan sebutan morning sickness yang kita tahu kondisi ini kerap dialami oleh ibu hamil.
    • Oleh sebab itu, penting selalu menyediakan makanan atau suplemen yang memiliki kandungan B6 di dalamnya. Salah satu suplemen terbaik tersebut adalah Folaplus.

Baca: 5 Obat Penambah Nafsu Makan Anak dan Dewasa Alternatif Vitamin Penambah Berat Badan

  • Vitamin B12
    • Selain dua kandungan Folaplus di atas, masih ada kandungan lain yang juga tidak kalah penting yaitu vitamin B12.
    • Lalu apa manfaat yang dimiliki oleh vitamin B12? Sebenarnya untuk manfaatnya tidak terlalu berbeda dengan manfaat yang terdapat di dalam asam folat.
    • Vitamin B12 memiliki peran sangat penting untuk sintesis DNA. Selain itu, vitamin B12 ini juga membantu mencegah bayi lahir cacat dan juga membantu di dalam pembentukan sel darah merah.

2. Dosis Folaplus

Dosis Folaplus
Dosis Folaplus

Lalu bagaimana dengan dosis Folaplus? Dosis suplemen harus selalu diperhatikan meskipun sebenarnya yang anda konsumsi tersebut tidak menimbulkan efek samping yang parah seperti obat yang lainnya. Namun tetap saja harus mengkonsumsi Folaplus yang tepat agar suplemen ini mampu menjalankan fungsinya dengan baik.

Sekedar informasi bahwa Folaplus hadir dengan kemasan yang mengandung asam folat sebanyak 400 mcg, vitamin B6 sebanyak 6 gr, dan juga vitamin B12 sebanyak 25 mcg. Semua kandungan tersebut berada dalam satu kapsul yang diberikan sebanyak 1 kali per hari.

Untuk dosis tersebut bersifat lazim dan umum diberikan kepada ibu hamil yang meminum Folaplus. Akan tetapi, terkadang ada juga dosis penyesuaian karena dokter juga akan menyesuaikan dosis Folaplus dengan kondisi dan juga kebutuhan ibu hamil. Yang paling penting anda harus mematuhi setiap instruksi yang diberikan dokter, termasuk jika mendapatkan dosis yang berbeda dari dosis lazim.

3. Aturan Pakai

Setelah anda memperoleh penjelasan seputar takaran dosis yang tepat, informasi yang juga tidak kalah penting yaitu seputar seperti apa aturan pakai suplemen Folaplus yang benar. Berikut ini kami akan memberikan penjelasannya khusus untuk anda.

Baca juga: 12 Vitamin untuk Ibu Hamil yang dijual di Apotik (Lengkap dengan Harga)

  • Folaplus disarankan untuk diminum bersamaan dengan makanan maupun setelah makan.
  • Karena berbentuk suplemen, maka cara meminumnya adalah langsung sekali telan bersama dengan air.
  • Anda harus selalu minum sesuai dengan dosis yang telah dianjurkan untuk anda.
  • Disarankan untuk meminumnya di jam yang sama setiap harinya. Hal ini bermaksud untuk meningkatkan keefektifan dari Folaplus.
  • Bagaimana jika ternyata anda melewatkan dosisnya? Maka anda harus segera meminumnya ketika anda ingat. Akan tetapi, jika jaraknya sudah mendekati dengan waktu untuk meminum dosis selanjutnya, maka anda harus memilih meminum pada dosis selanjutnya.
  • Bagi anda yang mungkin secara tidak sengaja meminumnyamelebihi dari dosis yang sudah diberikan, maka anda harus segera menghubungi dokter. Hal ini bertujuan untuk mencegah anda mengalami permasalahan yang tidak diinginkan yang malah bisa berpotensi memberikan efek buruk untuk anda dan bayi yang anda kandung.

3. Cara Simpan Folaplus yang Benar

Cara Simpan Folaplus yang Benar
Cara Simpan Folaplus yang Benar

Untuk petunjuk penyimpanan yang benar sebenarnya sudah tertera di kemasan suplemen ini. Tujuan anda menyimpan Folaplus maupun obat lainnya dengan benar adalah untuk tetap menjaga kualitasnya. Dengan begitu, suplemen ini tidak akan mudah rusak dan khasiatnya tetap bisa anda rasakan.

Berikut ini beberapa cara penyimpanan yang benar sesuai ketentuan:

  • Simpanlah di tempat yang kering
  • Jangan sampai terkena sinar matahari langsung
  • Hindarkan dari anak-anak atau hewan peliharaan jika ada
  • Jangan simpan pada tempat yang dekat dengan lokasi meja makan
  • Jika ternyata sudah selesai masanya alias expired, maka segeralah buang obat tersebut. Untuk membuangnya pun tidak bisa sembarangan dan sebaiknya anda tanyakann kepada aptoker tentang dimana anda harus membuang obat ini jika sudah tidak bisa digunakan.