Promavit Obat Apa? Amankah Untuk Ibu Hamil?

173
Promavit baguskah untuk ibu hamil

Bidhuan.id – Apa yang anda ketahui tentang Promavit? Promavit adalah sebuah obat yang biasanya dikonsumsi oleh ibu hamil. Kandungan di dalam obat ini yang berperan penting untuk membantu serta menjaga tumbuh dan kembang janin yang dikandung. Promavit juga merupakan obat suplemen yang akan membantu mencukupi kebutuhan ibu hamil akan mineral dan juga vitamin. Dengan begitu, ia tidak akan mengalami mudah lelah dan lesu.

Selain itu, Promavit juga sebagai obat yang disarankan bagi wanita yang sedang dalam fase menyusui. Bisa dikatakan jika obat ini sering dijadikan sebagai pilihan utama bagi ibu hamil maupun menyusui yang ingin agar kebutuhan vitamin dan mineral tercukupi. Dengan begitu, janin yang dikandungnya tetap dalam kondisi yang sehat dan untuk ibu menyusui, ia akan menghasilkan ASI yang berkualitas untuk anaknya.

Promavit Obat Apa Amankah Untuk Ibu Hamil
Promavit Obat Apa Amankah Untuk Ibu Hamil

Promavit Untuk Ibu Hamil

Seperti yang sudah kami jelaskan bahwa memang Promavit adalah obat yang dibuat untuk dikonsumsi oleh ibu hamil maupun juga ibu menyusui. Beberapa kandungan zat di dalamnya berperan penting demi kesehatan ibu hamil agar supaya bayi yang dikandungnya selalu dalam kondisi sehat.

Untuk mendapatkan Promavit, biasanya anda akan diminta menyertakan resep dokter. Namun terkadang anda juga bisa mendapatkannya tanpa harus membawa resep dokter, atau mungkin sebelumnya anda sudah mendapatkan resep dokter sehingga hanya cukup membawa resep turunan jika ingin membelinya lagi.

Beberapa kandungan yang ada di dalam Promavit akan kami jelaskan di bawah ini:

  • Vitamin B12: 1 mcg
  • Asam lemak omega3: 129 mg
  • Vitamin A: 690 iu
  • Minyak ikan tuna: 358 mg
  • Kalsium: 200 mg
  • Zat besi: 15 mg
  • DHA: 97 mg

1. Kandungan Promavit

Kandungan Promavit
Kandungan Promavit
  • Asam folat dan juga Omega3
    • Kandungan zat ini merupakan salah satu yang paling dibutuhkan demi kesehatan janin. Janin akan terhindar dari berbagai masalah yang tidak diinginkan sehingga membuat janin akan terus dalam kondisi sehat.
    • Kandungan nutrisi tersebut lah yang akan menyehatkan otak sehingga bayi akan lahir cerdas, kreatif, dan juga cepat tanggap.
  • Kalsium
    • Kalsium sangat dibutuhkan oleh bayi karena akan membantu pertumbuhan tulang dan juga gigi selama janin berada dalam kandungan.
    • Sementara itu, manfaat kalsium bagi ibu hamil adalah akan menyehatkan tulangnya dan akan menghindarkannya dari terkena pengroposan tulang atau yang juga disebut sebagai osteoporis.
  • Zat besi
    • Tidak sedikit ibu hamil akan mengalami beberapa masalah seperti kekurangan darah atau yang disebut anemia, terutama jika kehamilan memasuki trisemester pertama. Kondisi inilah yang bisa menjadi salah satu yang menyebabkan terjadinya keguguran jika tidak segera ditangani.
    • Maka dari itu, ibu hamil harus selalu mendapatkan asupan zat gizi yang cukup. Dengan begitu, ibu hamil tidak sampai mengalami beberapa keluhan yang disebabkan karena kekurangan kadar zat besi di dalam tubuh.

Jika anda ingin lebih tahu seputar kandungan yang ada di dalam Promavit, maka anda bisa melihat secara langsung informasi tersebut pada bagian kemasan.

Baca: Suplemen Ibu Hamil Promavit VS Folavit, Mana yang lebih Baik?

2. Apakah Promavit bikin mual? 

Apakah Promavit bikin mual
Apakah Promavit bikin mual

Pertanyaan ini tidak jarang ditanyakan oleh merka yang pertama kali bermaksud mengkonsumsi Promavit. Mereka berpikir bahwa ibu hamil sudah mengalami morning sickness, masak masih harus mengalami mual ketika menggunakan obat ini. Perlu anda cermati bahwa sebenarnya penggunaan obat yang mengakibatkan mual adalah bisa disebabkan karena yang bersangkutan memang memiliki riwayat alergi atau hipersensitivitas.

Selain itu, seseorang yang tidak bisa langsung meminum Promavit tanpa disertai makanan juga bisa menyebabkannya mual. Oleh sebab itu, bagi anda yang pernah mengalami mual ketika mengkonsumsi obat sebelumnya, maka Promavit disarankan diminum bersamaan dengan makanan, seperti pisang.

Dan yang tidak kalah penting adalah anda harus meminum obat ini dalam waktu yang sama setiap jamnya. Jika misalnya sehari anda disuruh minum 2 kali, yakni pagi dan sore. Diawal anda meminumnya di jam 7 pagi dan jam 4 sore. Maka hari berikutnya anda juga harus meminum Promavit di jam yang sama tersebut. Dengan begitu, obat ini nanti akan bekerja dengan lebih baik.

3. Promavit baguskah untuk ibu hamil?

Seperti apa yang sudah kami jelaskan bahwa kegunaan dari Promavit adalah sebagai obat untuk membantu tumbuh kembang buah hati anda maupun janin yang sedang anda kandung. Dengan kata lain, memang Promavit dibuat untuk diminum oleh ibu hamil sehingga mengenai keamanannya sudah tidak perlu diragukan lagi.

Akan tetapi, yang harus diwaspadai adalah penggunaan Promavit bagi ibu yang memiliki hipersensitivitas maupun juga yang pernah memiliki riwayat penyakit tersebut. Kondisi tersebut mungkin mengharuskan dokter untuk mengurangi atau memberikan takaran dosis yang berbeda. Dokter juga bisa malah memberikan instruksi agar pasien tersebut menggunakan obat lain dibandingkan harus menggunakan Promavit.

Kesimpulannya, obat ini aman untuk diminum oleh ibu hamil karena memang fungsinya seperti itu. Akan tetapi, untuk beberapa orang yang memiliki masalah tertentu, sebaiknya obat ini diminum sesuai dengan instruksi atau petunjuk dokter.

4. Promavit berapa kali sehari?

Promavit berapa kali sehari
Promavit berapa kali sehari

Memahami kegunaan Promavit tidak cukup jika anda juga tidak memahami tentang dosis yang harus anda minum. Penggunaan dosis yang tepat akan membuat Promavit bisa bekerja secara maksimal.

  • Dosis untuk penggunaan secara umum adalah 2 kali sehari. Disarankan untuk meminum Promavit setelah makan. Hal ini bermaksud agar anda tidak sampai mengalami mual dan juga memudahkan proses penyerapan oleh tubuh.
  • Penggunaan Promavit harus secara rutin dan juga di jam yang sama setiap harinya. Tujuannya adalah agar supaya keefektifan dari obat ini bisa tetap terjaga.

Bagi anda yang memiliki pertanyaan seputar dosis dari Promavit, maka anda bisa mendapatkannya pada bagian kemasan. Jika ingin mendapatkan informasi lebih lanjut, maka anda bisa bertanya kepada dokter. Dokter sudah tentu akan memberikan penjelasan secara lebih detail seputar dosis Promavit.

5. Efek Promavit

Efek Promavit
Efek Promavit

Menggunakan Promavit, terutama dalam jangka waktu yang lama bukan berarti tidak menimbulkan efek samping. Namun, efek samping yang dialami tersebut tidak semua dialami oleh semua ibu hamil maupun ibu menyusui yang mengkonsumsi Promavit. Bahkan, ada seseorang yang mengkonsumsinya tidak mengalami efek samping tersebut.

Dengan kata lain, efek samping dari obat ini memang ada. Hanya saja tidak dialami oleh semua orang yang mengkonsumsi Promavit. Beberapa efek samping yang akan anda alami antara lain:

Baca juga: 5 Makanan Yang Mengandung Asam Folat Untuk Ibu Hamil

  • Promavit bisa menimbulkan mual atau muntah, terutama bagi seseorang yang sebelumnya pernah mengalami kondisi tertentu.
  • Penggunaan Promavit bisa menjadi salah satu sebab ibu hamil maupun menyusui mengalami konstipasi. Konstipasi atau  yang sering dinamakan sembelit atau sebuah kondisi dimana frekuensi buang air besar (BAB) menjadi lebih jarang jika dibandingkan kondisi biasanya. Selain itu, orang yang mengalami konstipasi juga akan sulit BAB.
  • Penggunaan Promavit dalam waktu yang lama kemungkinan juga bisa menimbulkan beberapa masalah seperti ruam kulit. Apalagi jika diminum oleh seseorang yang sebelumnya sudah memiliki alergi ketika mengkonsumsi obat-obatan dalam waktu yang lama.

Ada hal penting yang harus anda cermati. Memang penjelasan di atas adalah beberapa efek samping akibat mengkonsumsi Promavit. Namun, efek samping tersebut tidak bisa dijadikan sebagai acuan dan menyimpulkan bahwa semua orang yang meminum Promavit akan mengalami efek samping yang sama. Mungkin orang yang meminum obat ini bisa mengalami efek samping yang tidak disebutkan dan bahkan ia sama sekali tidak merasakan gangguan apapun, padahal Promavit sudah diminum dalam waktu yang lama.

Baca juga: Osfit DHA, Folamil Genio dan Suplemen Ibu Hamil Prolacta, Mana yang Terbaik?

6. Promavit harganya berapa?

Adapun mengenai kemasan dari Promavit adalah berbentuk botol yang dalam setiap botolnya berisi setidaknya 60 butir. Harga yang harus anda keluarkan kurang lebih Rp. 125.000 per botol. Kemungkinan harga antara apotek yang satu dengan yang lain tidak sama. Sehingga harga tersebut tidak bisa dijadikan sebagai harga mutlak, namun kisaran harganya tidak akan terlalu jauh dari yang sudah kami jelaskan tersebut.

7. Promavit berapa kali sehari?

Setelah anda memahami fungsi, harga, maupun kemungkinan efek samping akibat meminum Promavit. Nah, sekarang anda juga harus tahu tentang berapa kali sehari obat ini diminun. Perlu anda ingat, meningkatkan jumlah dosis dari obat ini bukan menjadi jaminan bahwa obat ini akan semakin bekerja dengan baik. Sebaliknya, penggunaan dosis yang tidak sesuai malah bisa menimbulkan gangguan yang bisa dialami oleh anda maupun buah hati anda.

Untuk aturan minum Promavit adalah sebanyak 2 kali sehari. Setiap minumnya cukup 1 kapsul saja. Meminum obat ini harus dilakukan secara teratur dan juga pada jam yang sama. Untuk penggunaan melebihi dosis atau frekuensi yang sudah ditentukan, maka anda sebaiknya bertanya kepada dokter apakah hal tersebut memang diperbolehkan atau tidak.

8. Promavit atau Folavit?

Pertanyaan seperti ini juga kerap kali muncul dimana Promavit dan Folavit selalu dibandingkan untuk mengetahui mana yang terbaik. Di bawah ini beberapa keunggulan yang ada pada Promavit dan Folavit untuk anda simpulkan sendiri.

  • Kelebihan Promavit
    • Dapat digunakan memperkuat daya tahan tubuh karena kandungan vitaminnya. Dengan begitu, kuman, viru, dan bakteri serta penyakit yang lainnya bisa dihindari.
    • Sebagai obat untuk pencegahan sakit gigi dan juga osteoporosis karena di dalamnya mengandung kalsium yang memang berfungsi untuk kesehatan tulang dan gigi.
    • Manfaat lainnya adalah sebagai obat suplemen ampuh untuk mengatasi kekurangan darah selama masa kehamilan.
    • Kandungan omega3 dan asam folat berfungsi untuk menjaga dan membantu tumbuh kembang otak bayi. Dengan begitu, bayi lahir lebih kreatif dan cerdas.
  • Kelebihan Folavit
    • Suplemen yang juga dapat digunakan untuk menghindarkan ibu hamil dari terkena anemia.
    • Suplemen yang dapat digunakan untuk menjaga dan juga meningkatkan perkembangan dan pertumbuhan otak bayi.
    • Kanduangan kalsiumnya sebagai zat untuk proses pembentukan sel dan juga jaringan kuat pada janin.
    • Sebagai suplemen untuk mencegah agar bayi tidak lahir cacat karena juga mengandung asam folat serta omega3.

Kesimpulannya, Promavit dan Folavit sama-sama memiliki kelebihan yang sama. Untuk kekurangannya hanya berkaitan dengan efek samping yang tidak semua orang akan mengalaminya. Maka dari itu, anda bisa menentukan mana suplemen yang sekiranya menurut anda paling terpercaya dan terbaik meskipun pada dasarnya kedua-keduanya sudah sama-sama terpercaya dan terbaik.