Cavit D3: Komposisi, Dosis, Efek Samping, dan Detil Lengkapnya

0
35905
Cavit D3 - Komposisi Dosis Efek Samping dan Detil Lengkapnya
Cavit D3 - Komposisi Dosis Efek Samping dan Detil Lengkapnya

Bidhuan.id – Cavit d3 obat untuk apa? Jika ditanya seperti itu, pasti banyak orang, khususnya para wanita yang belum mengetahui tentang Cavit D3 ini. Padahal, obat ini sangat bermanfaat bagi tubuh bila dikonsumsi secara rutin. Lalu, apa saja kegunaan obat cavit d3 ini bagi tubuh dan tulang? Apa ada efek samping yang perlu diwaspadai? Apa perlu resep dari dokter untuk dapat membeli obat cavit d3? Bisakah Calvit d untuk ibu hamil? Berapa juga harga cavit d3 di Apotik? Langsung saja dilihat penjelasannya dibawah ini.

Cavit d3 Obat untuk Apa? 

Cavit D3 adalah suplemen yang mampu membantu melengkapi kebutuhan kalsium pada tubuh di masa pertumbuhan, khususnya dalam pertumbuhan tulang dan gigi. Selain itu, obat ini juga dapat digunakan para wanita, khususnya ibu hamil dan menyusui serta wanita yang telah memasuki masa menopause.

Cavit D3 adalah obat bebas. Artinya, obat ini tidak memerlukan resep dokter untuk dikonsumsi dan dijual bebas di apotek terdekat. Obat dengan bentuk tablet ini diproduksi oleh PT Merck Tbk. di Indonesia, yang merupakan salah satu farmasi ternama di dunia.

Komposisi Cavit D3

Dalam setiap tabletnya, obat ini mengandung Ca hydrogen phosphate 500 mg, vitamin D3 (cholecalciferol) 133 iu, dan berbagai bahan tambahan lainnya.

Indikasi

Cavit D3 obat untuk apa? Berikut adalah indikasi suplemen ini bagi kesehatan tubuh.

    1. Memenuhi kebutuhan kalsium bagi ibu hamil dan menyusui.
    2. Mencegah terjadinya osteoporosis bagi wanita yang telah memasuki masa menopause.
    3. Menjaga kadar kalsium dalam taraf normal pada ginjal.

Dosis Obat Cavit D3

Penggunaan obat ini dilakukan 1 kali dalam sehari @1 tablet. Jangan melebihi dosis yang dianjurkan untuk menghindari risiko yang bisa saja terjadi.

Cara Pemakaian Cavit D3

Obat ini dianjurkan untuk diminum bersamaan dengan makanan. Sangat disarankan untuk tidak menggunakan obat ini sebelum makan atau dalam perut kosong. Hal ini dilakukan untuk menghindari risiko gangguan pada saluran pencernaan.

Selain itu, karena tidak memerlukan resep dari dokter, obat ini dijual bebas dan dapat ditemukan pada apotek terdekat.

Cara Penyimpanan

Obat ini harus disimpan dalam suhu ruangan (30° C) dan terhindar dari sengatan panas matahari. Selain itu, jauhkan pula suplemen ini dari jangkauan anak-anak dan hewan peliharaan.

Cara Kerja Cavit D3

Obat Cavit D3 bekerja layaknya paparan sinar matahari pagi yang baik bagi kulit dan tulang. Kandungan vitamin D3 (cholecalciferol) di dalamnya sangat berperan penting untuk memenuhi kebutuhan kalsium dalam tubuh. Hal ini dapat terjadi karena vitamin D3 dapat larut dalam lemak yang akan membantu tubuh dalam menyerap kalsium dan juga fosfor.

Efek Samping Cavit D3

Obat ini tidak memiliki efek samping yang dapat mempengaruhi kesehatan, selama penggunaannya sesuai dengan dosis yang tertera pada kemasan atau menurut resep dokter.

Kontra Indikasi

Obat ini tidak memiliki kontra indikasi yang berarti. Obat ini bisa dibilang benar-benar aman untuk dikonsumsi.

Baca: Suplemen Ibu Hamil Osfit DHA

Peringatan dan Perhatian

Obat ini juga tidak memiliki efek samping yang berarti. Hanya saja, obat ini dianjurkan untuk digunakan sesuai dengan dosis yang ditentukan.

Kemasan dan Harga Cavit d3

Obat ini tersedia dalam bentuk strip, dimana masing-masing stripnya berisi 10 tablet siap minum.

Untuk satu stripnya, harga Cavit D3 yang berada di pasaran dibanderol Rp 22 ribuan.

Kebutuhan kalsium pada tubuh sangat diperlukan dalam proses pertumbuhan, terutama untuk pertumbuhan tulang dan gigi. Selain itu, kalsium sangat baik digunakan bagi ibu hamil dan menyusui serta wanita yang telah memasuki masa menopause. Maka dari itu, jangan sesekali mengabaikan kebutuhan kalsium karena senyawa ini akan sangat bermanfaat bagi kesehatan. Dengan Obat Cavit D3, penuhi kebutuhan kalsium dengan cara yang mudah.

Baca: Redoxon untuk Ibu Hamil – Cara Pakai, Dosis, Efek Samping dan Harga

BACA JUGA