4 Masalah Sosial di Indonesia yang Wajib Diatasi Di Lingkungan Masyarakat

0
5564
contoh masalah sosial di Indonesia
contoh masalah sosial di Indonesia

Bidhuan.id – Di setiap negara pasti tak luput dari berbagai masalah. Salah satu masalah yang sering dialami adalah masalah sosial. Semua negara pasti akan mengalami masalah sosial karena berbagai penyebab, begitu pula di Indonesia yang juga mengalami masalah sosial di Indonesia.  Banyak sekali jenis masalah sosial yang dialami di negeri kita ini, sehingga merupakan tugas pemerintah dan masyarakat bersama untuk menanggulanginya. Bagi Anda yang mungkin masih bingung masalah apa saja yang terkait dalam bidang sosial dan terjadi di Indonesia. Maka kali ini kami akan memberikan informasi kepada Anda apa saja contoh dari masalah sosial yang mungkin sering terjadi di sekitar kita. Tidak usah berlama-lama, berikut ini adalah beberapa contohnya yang harus Anda ketahui :

Contoh masalah sosial di Indonesia

Contoh masalah sosial dalam masyarakat dan solusinya
Contoh masalah sosial dalam masyarakat dan solusinya

Saat ini masalah sosial di Indonesia bisa dibilang cukup merajalela dan banyak sekali masalahnya. Oleh karena itu Anda harus segera mengetahui apa saja contoh masalahnya sehingga bisa membantu pemerintah untuk ikut mengatasi masalahnya. Karena banyak sekali masalah sosial di negeri kita ini yang sangat membutuhkan perhatian. Oleh karena itu simak ulasan di bawah ini sehingga Anda bisa tahu apa saja sih masalah sosial yang sering terjadi di negara kita tercinta ini. Tidak usah berlama-lama, berikut ini adalah informasi lengkapnya untuk Anda :

1.Contoh masalah sosial di lingkungan masyarakat

Yang pertama-tama kami akan memberikan informasi mengenai apa saja contoh dari masalah sosial yang sering terjadi di lingkungan masyarakat sekitar. Karena banyak sekali sebenarnya masalah yang sering terjadi namun banyak dari kita yang tidak sadar sehingga mungkin saja tidak bisa membantu atau menolong. Salah satu masalah sosial yang sering terjadi di tengah-tengah masyarakat Indonesia adalah sering terjadinya konflik antar kelompok masyarakat. Pemicunya sebenarnya banyak sekali, mulai dari perbedaan suku dan agama.Sebagai masyarakat sebaiknya kita melihat perbedaan itu dari sisi yang positif sehingga bisa saling menghargai satu sama lain. Bukankah akan lebih enak jika kita hidup damai?

Tidak sampai disitu saja ya, masalah sosial yang terjadi di lingkup masyarakat yang selanjuntnya adalah berbagai kejahatan. Mulai dari perampokan, pencurian, bahkan sampai kejahatan seksual yang sering dialami oleh kaum wanita dan juga anak-anak. Di Indonesia sendiri masih banyak ekali kasus pelecehan seksual seperti misalnya sodomi, perkosaan, dan yang lain-lain. Hal inilah yang menjadi masalah sosial yang cukup serius sehingga harus segera ditangani oleh pemerintah dan juga oleh masyarakat. Tidak hanya sampai di situ, masalah sosial di lingkungan sekitar yang saat ini menjadi titik fokus pemerintah adalah narkoba. Sampai saat ini bahkan peredaran narkoba di Indonesia masih banyak sekali, mulai dari anak remaja sampai publik figur bahkan banyak yang menjadi pengedar hingga pengkonsumsi. Oleh karena itu peran masyarakat sangat penting untuk membantu pemerintah menanggulangi masalah tersebut.

2. Contoh masalah sosial di sekolah

Setelah tahu apa saja contoh masalah sosial yang ada di lingkungan, sekarang ini kita juga akan membahas masalah sosial di Indonesia 2017 yang tahun lalu sempat menjadi perhatian utama bahkan sampai sekarang juga masih menjadi perhatian. Masalah itu adalah masalah sosial yang berada di sekolah atau bidang pendidikan. Banyak sekali masalah yang termasuk ke dalam sub judul yang satu ini, seperti misalnya saja banyak anak dibawah umur yang seharusnya mengenyam bangku pendidikan namun harus bekerja karena tidak punya biaya atau mungkin karena kemiskinan. Akhirnya karena itulah tingkat pengangguran harus meningkat di masa depan.

Tidak sampai disitu, sebenarnya banyak sekali contoh masalah sosial yang terjadi di lingkungan sekolah. Salah satu masalah yang masih dialami Indonesia adalah taraf pendidikan yang rendah. Pendidikan yang rendah inilah yang menjadi masalah mengapa Indonesia sangat sulit bersaing dengan negara yang lainnya. Oleh karena itu salah satu solusi yang harusnya dilakukan oleh pemerintah adalah dengan memberikan pendidikan yang sistemnya baik dan juga cocok untuk negeri ini sehingga banyak siswa Indonesia yang bisa bersaing dengan siswa luar negeri. Masalah sosial dalam pendidikan ini sangatlah penting dan bisa menyangkut masa depan bangsa. Oleh karena itu juga harus diperhatikan secara seksama oleh pemerintah.

3. Contoh masalah sosial dalam masyarakat dan solusinya

contoh masalah sosial di Indonesia
contoh masalah sosial di Indonesia

Masalah sosial yang terjadi di Indonesia seharusnya segera diatasi, pemerintah dan para masyarakat sebaiknya bekerja sama sehingga bisa mewujudkan negara Indonesia yang sejahtera dan sentosa. Salah satu masalah yang mungkin perlu menjadi perhatian pemerintah adalah masalah kemisikinan. Seperti yang kita ketahui jika masalah kemisikinan sampai sekarang ini masih menjadi masalah utama masyarakat Indonesia. Kemisikanan merajalela dimana-mana, bahkan setiap tahunnya terus berkembang. Hal ini disebabkan karena petumbuhan jumlah penduduk yang semakin tinggi dan juga kebutuhan SDM semakin sedikit. Ditambah dengan masalah pendidikan yang rendah, masalah sosial satu ini akhirnya mengakar di Indonesia.  Oleh karena itu pemerintah dan juga masyarakat harus bergotong royong sehingga dapat menyelesaikan masalah sosial yang satu ini. Yaitu dengan meningkatkan ekonomi Indonesia di berbagai sektor misalnya saja dengan meningkatkan UMKM, sektor pariwisata, dan bentuk lainnya sehingga bisa menekan angka pengangguran dan kemisikan di Indonesia.

Selain masalah dalam bidang kemiskinan dan juga ekonomi. Ada juga masalah lainnya yang menjadi salah satu masalah penting yang tidak bisa dianggap sepele. Masalah itu adalah korupsi, Indonesia sendiri adalah salah satu negara dimana tingkat korupsinya cukup tinggi di dunia. Walau sudah diberi hukuman kurungan dan denda, sepertinya beberapa pihak yang duduk di kursi pemerintahan tidak kapok untuk melakukan aksi yang merugikan negara hingga triliyunan rupiah ini. Banyak sekali pejabat yang melakukan korupsi tanpa memikirikan efek panjang yang bisa merugikan negara Indonesia. Oleh karena itu mulai saat ini pemerintah harus lebih meningkatkan kerja KPK sehingga korupsi di Indonesia ini bisa diberantas. Karena korupsi yang mereka lakukan itu merugikan negara dan juga mereka menelan uang rakyat yang tidak bersalah.

4. Contoh masalah sosial yg terjadi di lingkungan masyarakat mengenai kesehatan

Contoh masalah sosial yg terjadi di lingkungan masyarakat
Contoh masalah sosial yg terjadi di lingkungan masyarakat

Kesehatan adalah salah satu sektor penting yang harus diperhatikan oleh pemerintah Indonesia. Selain masalah sosial yang sudah kami sebutkan di atas tadi. Ada juga masalah sosial yang berkaitan dengan kesehatan masyarakat Indoensia. Misalnyalnya saja gizi buruk yang diderita oleh beberapa anak kecil terutama di Indonesia bagian pelosok. Masih banyak sekali anak-anak yang tidak mendapatkan gizi dan nutrisi dengan baik karena beberapa faktor seperti misalnya lokasi dan lingkungan tempat tinggal hingga karena kemiskinan. Pemerintah dan juga masyarakat harus bekerja sama untuk menanggulangi gizi buruk yang terjadi di Indonesia ini. Selain gizi buruk, ada juga masalah lainnya yang sering kita temui di Indonesia yaitu penyebaran atau penularan penyakit yang dengan mudah menular. Oleh karena itu jika ada virus tertentu yang sedang merebak di Indonesia seperti misalnya saja demam berdarah atau flu burung, maka harus segera dilakukan tindakan yang tepat agar penderita bisa segera sembuh sehingga tidak menularkan penyakit ke orang lainnya.

Pemerintah Indonesia sangat perlu memperhatikan masalah-masalah sosial yang berhubungan dengan kesehatan karena kesehatan dekat dengan nyawa manusia. Sebagai masyarakat yang baik tentu saja kita juga harus melakukan beberapa tindakan yang bisa menjaga kesehatan masyarakat. Seperti misalnya saja rajin konsumsi makanan 4 sehat 5 sempurna, tidak buang sampah sembarangan, lakukan pencegahan untuk beberapa wabah yang mungkin sedang menyerang.

Nah itu tadi beberapa informasi yang bisa kami sampaikan kepada Anda semua mengenai apa saja masalah sosial di Indonesia. Dengan adanya informasi ini kami berharap agar para masyarakat dan juga pemerintah akan bekerja sama dalam mengatasi berbagai masalah sosial yang sering terjadi di Indonesia ini. Karena hanya pemerintah dan masyarakat yang bekerja sama sehingga bisa merampungkan segala masalah sosial yang ada di sekitar kita. Mulai sekarang setiap ada masalah sosial di sekitar lingkungan maka kita sebagai masyarakat harus segera peka dan melakukan beberapa hal yang kiranya bisa membantu untuk mengurangi atau menanggulangi masalah sosial tersebut. Semoga artikel yang kami berikan kali ini bisa berguna dan bermanfaat bagi Anda semuanya ya!

BACA JUGA