Reaksi Netizen Ketika Jokowi Jawab “I Want To Test My Minister” di Amerika

0
8841

Suasana diskusi pun kembali menjadi santai dengan diiring gelak tawa dari peserta yang mengikuti diskusi. Setelah Menlu menjawab, sebelum menutup acara diskusi kemudian pembawa acara menegaskan bahwa dirinya sebagai moderator memerankan sebagaimana fungsinya tetapi berbeda dari biasanya.

“Pak presiden, saya kini menyadari bahwa tugas utama saya sebagai moderator di sini adalah memastikan agar anda segera terbebas dari fungsi anda sebagai narasumber (yang harus menjawab secara langsung pertanyaan yang muncul)” Ujar pembawa acara atau moderator.

Kemudian memberi penekanan “On time”. Maksudnya, sebelum Jokowi sendiri yang mengalihkan tugasnya untuk menjawab pertanyaan kepada para menterinya.

Dipertegas lagi oleh moderator: “and I will fulfill that obligation (dan saya akan jalankan kewajiban itu)”. Moderator menyampaikan hal serius itu secara satir. Tanpa senyum sedikit pun. Sementara presiden Jokowi memperlihatkan ekpresi senyum simpul.

Berikut adalah cuplikan lengkap videonya berdurarsi 47 menit di https://www.youtube.com/watch?v=h74EBHj0zS0 . Beredar pula versi potongan di youtube maupun facebook.

https://youtu.be/WWyWYH8Y6hg

Dan berikut ini adalah potongan video dari akun facebook Shohibul Anshor

I want to test my ministerPlease answer the questions

Posted by Shohibul Anshor Siregar on Friday, October 30, 2015

Komentar pro dan kontra dari Netizen pun bermunculan

Balugu Ahmad Aswan Waruwu:
lebih baik bertindak apa adanya, seperti kebutuhan penerjemah kalau memang tidak terlalu menguasai bahasa orang lain secara fasih, itu akan lebih terhormat dari pada memaksakan dengan ngeles.

Raden Kusumah Widjaya:
Sbnernya ada rasa kasihannya jg gw ke pak Jokowi ..
Tp dia di cetak sama orang2 yg punya kepentingan sendiri2 ,,
Kita jg yg malu klo lama2 di permaluin ..
Semoga Indonesia bisa lbh membaik ajjah ..

Bagus Prasetyo:
Ampun DJ….keren bingit presiden gue ngomong inggris nya cas cis cus….
Jangan pada iri ya 😀😀😀

Nizam Nasution:
Hayooo yg milih yg harus tanggung jawab. Jaman sa iki ra iso english itu rasanya sekolah di mana dia ya….

Vivi Mamo :
Astaghfirullah…, negri ini diberikan berbagai cobaan musibah krn dg pemimpin seperti ini yg sama sekali tidak serius memegang amanah sebagai pemimpin… Lupa akan tanggung jawab dunia akhirat …

Gara Firman02:
lah trus presiden ngomong jawab yg mana? cuman bagi2 pertanyaaan gtu sih nenek tetangga gue jg bisa

F Faizal:
Forum seperti harusnaya jadi ajang untuk menunjukan kepemimpinan dan sekaligus paparan visi dan misi negara terkait hubungan bilateral dua negara. Dalam scope lebih kecil lagi bisa dikaitkan dengan hub antar lembaga penyelenggara dengan pihak Indonesia.
Sayang presiden Jokowi kurang mampu menyampaikan aspirasi nya. Mungkin karena bahasa Inggris yg kurang baik dan tidak paham pertanyaannya, atau memang karena tidak menguasai ranah pertanyaan tersebut.
Harusnya presiden menjawab sendiri secara langsung. Pemimpin lain tidak malu menggunakan penterjemah, contoh Rouhani, Putin, Ahmedinejad dll pasti menggunakan jasa penterjemah resmi. Saya yakin penanya tidak mengharap jawaban detail dari presiden, tapi lebih ke arah mana kebijakan negara Indonesia atas pertanyaan tsb.
Gesture ketawa ketiwi harus dikurangi/dihilangkan jika berada di forum seperti ini. Sangat mengurangi wibawa. Hal ini berlaku juga bagi menteri-menteri nya.

BACA JUGA