8 Tanda Tanda Keguguran Yang Harus Diwaspadai

449
Tanda Tanda Keguguran
Tanda Tanda Keguguran

Bidhuan.id – Seperti apakah tanda tanda keguguran itu? Perlu anda tahu bahwasanya tingkat kematian pada janin yang disebabkan karena keguguran adalah mencapai 1 sampai 2 diantara 10 ibu hamil. Angka tersebut tentu saja merupakan angkat yang cukup tinggi dan sebisa mungkin harus diatasi. Keguguran merupakan kondisi kematian pada janin dalam jangka waktu kehamilan kurang lebih 20 menit.

Ada beberapa tanda tanda keguguran yang wajib diketahui oleh setiap ibu hamil. Dengan begitu, mereka bisa lebih waspada dan tidak sampai melakukan hal-hal yang memang dilarang dan menjadi pantangan oleh ibu hamil seperti mengkonsumsi makanan pencegah kehamilan. Sementara itu, keguguran dalam istilah disebut sebagai abortus spontan yang mana terjadinya suatu pendarahan pada area intim wanita dan kemudian menyebabkan nyeri pada bagian perut.

Ada hal penting yang harus anda ketahui. Tidak semua keguguran yang dialami bisa menyebabkan janin meninggal. Bahkan, tidak semua keguguran tersebut langsung mengarah pada janin yang dikandung. Dengan kata lain, meskipun seseorang telah mengalami keguguran, namun bayi atau janin yang masih dalam kandungan tetap dapat diselamatkan asalkan dengan melakukan sesuai prosedur.

Tanda Tanda Akan Keguguran

Ada beberapa tanda atau ciri-ciri keguguran yang kerap dialami oleh ibu hamil. Mengetahui pentingnya tanda-tanda kehamilan bisa mencegah keguguran, khususnya bisa mencegah janin anda terkena berbagai masalah yang tidak diinginkan, termasuk kematian. Sekedar informasi bahwasanya tanda-tanda keguguran dalam istilah medis disebut sebagai Threatened Abortion atau yang dinamakan ancaman keguguran.

1. Tanda tanda keguguran hamil 1 bulan

Tanda tanda keguguran hamil 1 bulan
Tanda tanda keguguran hamil 1 bulan

Mengetahahui tanda-tanda kehamilan tidak harus menunggu ketika janin sudah berusia 3 bulan. Anda bisa mengetahui tanda-tanda yang terjadi tersebut bahkan ketika janin masih berusia 1 bulan. Salah satu tanda keguguran yang akan muncul adalah pendarahan. Pendarahan tersebut tentunya terjadi pada area intim wanita yang merupakan sebuah tanda awal yang mengindikasikan bahwa ibu hamil mengalami keguguran.

Baca: 13 Makanan Pencegah Kehamilan dan Obat Cegah Hamil Pilihan serta Harganya

Berdasarkan survey yang dialkukan bahwasanya ibu hamil yang mengalami keguguran adalah sebanyak 3 diantara 10. Pendarahan yang dialami tersebut tentu bisa disebabkan oleh berbagai macam hal. Salah satu contohnya adalah karena kelelahan atau terjatuh. Namun, untuk kelelahan biasanya hanya akan mengalami keputihan. Sementara itu, jika kelelahan yang dialami adalah karena terlalu sering mengangkat barang-barang berat, maka sudah tentu ibu hamil tersebut akan mengalami pendarahan.

Ketika mengalami pendarahan, maka anda harus segera membawanya ke dokter. Jangan sampai berusaha menanganinya sendiri jika anda tidak memiliki pengalaman. Dengan membawa ke dokter maka akan segera mendapatkan penanganan secepatnya.

2. Tanda tanda keguguran hamil 2 minggu

Tanda tanda keguguran hamil 2 minggu
Tanda tanda keguguran hamil 2 minggu

Untuk tanda yang mengindikasikan bahwasanya ibu hamil mengalami keguguran di usia kandungan yang masih 2 minggu adalah mengalami rasa nyeri. Nyeri tersebut akan dialami pada perut, tepatnya pada rahim. Kondisi ini seperti tidak jauh berbeda dengan rasa nyeri karena dismenore. Dismenore merupakan rasa nyeri yang dialami oleh wanita ketika mereka mau memasuki masa menstruasi.

Selain itu, bagian tubuh lainnya yang akan terasa nyeri adalah seperti panggul atau juga punggung. Sebenarnya rasa nyeri yang akan dialami tersebut hampir sulit dibedakan karena selain sama dengan dilep, ternyata juga hampir sama dengan rasa kram yang dialami pada saat hamil.

Maka dari itu, penting agar selalu berkomunikasi dengan dokter anda jika ternyata rasa nyeri yang dialami tidak kunjung sembuh. Dengan melakukan pencegahan dini maka bisa membuat ibu hamil dan juga janin yang dikandungnya tidak sampai mengalami hal-hal yang tidak diinginkan yang dapat membahayakan kondisinya.

3. Tanda tanda kehamilan akibat makan nanas

Tanda tanda kehamilan akibat makan nanas
Tanda tanda kehamilan akibat makan nanas

Nanas merupakan salah satu buah yang di dalamnya mengandung banyak sekali manfaat bagi tubuh. Kandungan zat yang ada pada nanas menjadi salah satu yang dicari karena bahkan bisa menurunkan jumlah lemak dalam tubuh. Selain itu, mengkonsumsi nanas juga bisa membantu dalam menjaga kesehatan jantung.

Mungkin anda sudah tahu bahwasanya nanas merupakan salah satu makanan pencegah kehamilan yang sudah kami bahas sebeumnya. Kandungan di dalam nanas yakni bromelain lah yang ternyata dapat menyebabkan kontraksi pada rahim. Bagi ibu hamil, nanas merupakan salah satu buah yang menjadi pantangan dan memang akan menyebabkan keguguran. Namun, nanas juga terkadang malah dimanfaatkan bagi mereka yang tidak ingin hamil duluan.

Tidak heran jika nanas sangat dijauhi dan bahkan ada beberapa ibu hamil yang tidak mau mencium bau nanas. Hal ini karena memang bawaan dari lahir dimana tidak sedikit ibu hamil yang memang sensitif terhadap benda-benda yang berbau menyengat.

4. Tanda tanda keguguran alami

Tanda tanda keguguran alami
Tanda tanda keguguran alami

Selain mengalami nyeri dan juga pendarahan yang juga termasuk ke dalam tanda seseorang mengalami keguguran, ada beberapa tanda lainnya yang penting untuk anda pahami. Beberapa tanda lain seseorang terindikasi mengalami keguguran adalah seperti di bawah ini.

Baca juga: 6 Tanda-Tanda Keguguran Paling Sering Ditemui Ibu Hamil

  • Gerakan bayi yang minim
    • Jika anda selalu merasa bahwa bayi yang anda kandung termasuk aktif. Bahkan anda sering merasakan gerakannya atau mungkin tendangannya, maka bayi anda dalam kondisi sehat. Akan tetapi, jika ternyata anda malah merasakan gerakan bayi yang anda kandung malah semakin hari semakin minim, maka anda harus mulai waspada.
    • Bayi yang gerakannya semakin minim kemungkinan besar mengalami masalah. Dan hal inilah yang menjadi tanda bahwasanya bayi mengalami keguguran.
    • Yang harus anda lakukan yaitu segeralah memeriksakan kondisi anda tersebut ke dokter. Jangan sampai anda menunggu terlalu lama agar supaya bayi yang anda kandung tidak semakin mengalami ganggguan berat.
    • Kasus yang paling parah adalah bayi yang meninggal dalam kandungan. Maka dari itu, anda harus segera pergi ke dokter kandungan.
  • Keluar cairan atau jaringan dari area intim wanita

    • Keluarnya cairan atau bahkan jaringan yang menggumpal dari area vital wanita juga menjadi salah satu tanda bahwa ibu hamil sudah mengalami keguguran. Biasanya kondisi ini akan diawali dengan perut yang terasa sangat sakit yang tak tertahankan.
    • Ketika anda menemukan bahwa ada gumpalan darah yang keluar, maka jangan langsung membuangnya.
    • Anda harus membersihkannya dan meletakkanya di tempat yang bersih. Selanjutnya, anda harus membawanya ke dokter. Tujuannya adalah agar dokter bisa menganalisa dan menyimpulkan apakah gumpalan tersebut merupakan janin yang anda kandung atau bukan.
  • Pendarahan
    • Sebagaimana yang sudah kami jelaskan di awal bahwa pendarahan merupakan tanda umum dan mungkin paling sering dialami yang mengindikasikan bahwa ibu hamil mengalami keguguran. Darah yang keluar tersebut juga biasanya akan diawali dengan mengalami nyeri pada bagian rahim.
    • Beberapa saat kemudian, akan keluar darah dari area vital wanita dimana darah tersebut bertekstur segar seperti darah pada umumnya. Untuk itu, segeralah memeriksakan kondisi anda ke dokter jika mengalami hal tersebut agar nanti dokter bisa melakukan tindakan pencegahan untuk mengurangi dan bahkan mengatasi resiko yang lebih parah.

5. Contoh tanda tanda keguguran hamil muda

Di bawah ini akan kami berikan beberapa contoh yang mengindikasikan bahwa ibu hamil mengalami keguguran.

  • Kram pada bagian pelvis
    • Berdasarkan keterangan dari Dr. Sharma yang menjelaskan bahwasanya kram atau nyeri yang terjadi di bagian pelvis tersebut tidak jauh berbeda dengan rasa nyeri atau kram ketika mensturasi.
    • Untuk itu, jika ibu hamil meraskan kram yang tak kunjung menghilang dan malah semakn parah agar langsung memeriksakan kondisinya tersebut ke dokter. Terlebih lagi jika ternyata kram yang dialami disertai dengan adanya flek atau bercak darah yang keluar dari area vital wanita.
    • Dengan memeriksakan kondisi ke dokter kandungan, maka dokter akan segera melakukan diagnosa untuk meminimalisir resiko yang mungkin akan lebih parah yang bisa dialami oleh ibu hamil maupun bayi yang sedang dikandungnya.
  • Flek
    • Ketika ibu hamil mengalami flek, maka ia tidak diperbolehkan panik. Hal ini karena pada dasarnya pendarahan yang dialami ketika usia kandungan masih 12 minggu merupakan sebuah kondisi yang wajar.
    • Setiap flek yang keluar tidak selalu harus dikaitkan dengan keguguran atau bahkan permasalahan yang akan selalu dialami oleh janin.
    • Akan tetapi, jika pendarahan atau flek tersebut tidak kunjung sembuh atau hilang, maka anda bisa mulai memeriksakan kondisi anda ke dokter.
    • Dengan begitu, anda bisa mengetahui sendiri apakah flek atau pendarahan yang anda alami apakah memang benar merupakan tanda-tanda keguguran atau hanya merupakan sebuah kondisi yang normal yang memang akan dialami oleh kebanyakan ibu hamil.

6. Tanda tanda keguguran minum sprite

Tanda tanda keguguran minum sprite
Tanda tanda keguguran minum sprite

Seperti halnya dengan nanas, sprite merupakan salah satu pantangan yang harus dihindari bagi ibu hamil. Hal ini karena minuman bersoda bisa menyebabkan kontraksi pada perut sehingga bisa mengganggu kesehatan bayi. Untuk mereka yang memang tidak berkeinginan untuk hamil, sprite mungkin bisa menjadi salah satu minuman yang dipilih untuk menghindarkan dari kehamilan.

Namun, bagi ibu hamil atau pasangan yang sedang merencanakn kehamilan, mereka sudah tentu harus menghindari segala hal yang dapat menjadi sebab keguguran atau gagalnya proses ovulasi. Sprite maupun makanan bersoda lainnya harus benar-benar dihindari agar supaya rahim tetap dalam kondisi baik.

Sementara untuk pria, menghindari meminum sprite atau minuman bersoda bisa membantu meningkatkan kualtias sperma. Dengan begitu, ia akan menjadi pria yang subur dan akan memiliki resiko yang tinggi agar bisa hamil.

7. Tanda tanda keguguran hamil 6 bulan

Permasalahan mengenai kehamilan bukan hanya dialami oleh mereka yang masih mengandung di trisemester pertama. Ibu hamil yang bahkan usia kandungannya sudah mencapai 6 sampai dengan 7 bulan juga memiliki resiko mengalami keguguran. Ada bnyak faktor yang mengakibatkan masalah ini terjadi. Salah satunya adalah kebiasaan mengkonsumsi makanan maupun minuman yang memang menjadi pantangan bagi ibu hamil karena bisa menyebabkan keguguran.

8. Tanda tanda keguguran hamil 4 minggu

Untuk tanda tanda yang mengindikasikan seseorang mengalami keguguran tidak jauh berbeda dengan tanda-tanda umum yang terjadi selama ini. Umumnya, mereka akan mengalami flek dan juga merasakan nyeri di bagian perut. Kondisi seperti ini akan semakin parah jika tidak segera ditangani secara tepat. Bahkan, bisa menyebabkan keluarnya gumpalan dari area vital wanita.

Demikian penjelasan yang bisa kami sampaikan mengenai apa saja tanda tanda keguguran. Semoga informasi ini bermanfaat dan bisa menjadi informasi untuk mencegah agar supaya anda tidak sampai mengalami keguguran.