6 Tanda-Tanda Keguguran Paling Sering Ditemui Ibu Hamil

244
6 Tanda Tanda Keguguran Paling Sering Ditemui Ibu Hamil
6 Tanda Tanda Keguguran Paling Sering Ditemui Ibu Hamil

Bidhuan.id – Tanda – tanda keguguran memang tidak ada yang menginginkannya. Kehamilan ialah anugrah dari Tuhan yang selalu dinantikan oleh pasangan suami istri yang baru menikah atau pasangan yang ingin menambah jumlah momongan. Begitu diharapkannya kehadiran anak dari kehamilan tersebut, tak jarang ibu hamil muda mendapatkan perlakuan yang lebih istimewa baik dari segi nutrisi maupun perhatian.

Baca juga : 4 manfaat promavit untuk program hamil yang lebih baik

Hal itu semata dilakukan untuk mencapai kehamilan yang sehat dan jauh dari segala bahaya yang tidak diinginkan. Namun ada kalanya kehamilan tidak bisa dipertahankan atau terjadi tanda – tanda keguguran karena berbagai sebab, misalnya karena stres, aktifitas yang terlalu berat, kekurangan gizi, kelainan, penyakit tertentu, dsb.

Baik itu ibu hamil, suami, ataupun orang awan perlu untuk mengetahui apa saja tanda tanda keguguran sebagai upaya penanganan dini dan mencegah bahaya lebih lanjut dengan pertolongan dari sudut pandang medis sejak awal. Penjelasan berikut akan memberikan pemahaman yang jelas dan wawasan untuk Anda.

Tanda Tanda Keguguran Terjadi Perdarahan

Yang wajib diketahui oleh semua ibu hamil ialah, semua perdarahan dalam kehamilan adalah hal utama yang harus diwaspadai, baik itu berupa perdarahan flek atau sedikit terlebih jika perdarahan terjadi dalam jumlah banyak seperti ketika menstruasi. Perdarahan merupakan adanya masalah pada kehamilan juga merupakan salah satu tanda tanda keguguran. Untuk itu menjaga kesehatan janin sangat dianjurkan.

Tanda Tanda Keguguran Terjadi Perdarahan
Tanda Tanda Keguguran Terjadi Perdarahan

Tidak semua perdarahan akan berakhir dengan kematian janin, sebab itu jika terjadi perdarahan dalam kehamilan wajib untuk segera periksa ke dokter untuk mendapat pertolongan medis sehingga janin dapat diusahakan untuk dipertahankan dan tidak terjadi keguguran secara total.

Tanda Tanda Keguguran Munculnya Rasa Nyeri

Tanda Tanda Keguguran Munculnya Rasa Nyeri
Tanda Tanda Keguguran Munculnya Rasa Nyeri

Jika merasakan nyeri pada bagian perut, punggul belakang, dan panggul yang rasanya lebih sakit dari kram saat menstruasi atau kram saat awal awal kehamilan, ibu hamil juga harus waspada, sebab hal itu merupakan tanda melemahnya rahim yang beresiko keguguran. Hal tersebut bisa terjadi karena terlalu lelah atau karena trauma, misalnya setelah terjatuh hingga menyebabkan tekanan kuat pada rahim.

Tanda Tanda Keguguran Gerakan Janin Menurun

Hal ini merupakan tanda tanda keguguran yang bisa dideteksi setelah usia kehamilan di atas 4 bulan yakni setelah ibu bisa merasakan gerakan janin. Setelah ibu hamil bisa merasakan gerakan janin secara nyata baik itu berupa getaran atau tendangan, ibu hamil saat itu juga harus sudah mulai memperhatikan seberapa seringkah janin bergerak.

Tanda Tanda Keguguran Gerakan Janin Menurun
Tanda Tanda Keguguran Gerakan Janin Menurun

Ibu hamil harus mengetahui jika ada penurunan jumlah gerakan, misalnya ketika biasanya aktif pada jam jam tertentu gerakannya menjadi melemah. Gerakan janin yang berkurang merupakan tanda menurunnya kondisi kesehatan janin tersebut yang juga merupakan tanda tanda keguguran, sehingga jika ibu hamil merasa gerakan janin berkurang, segera perbanyak nurisi, vitamin, istirahat cukup, dan periksa ke dokter.

Baca: 30 Cara Mencegah Kehamilan dengan Mudah paling Ampuh secara Medis dan Alami

Tanda Tanda Keguguran Keluar Cairan atau Jaringan

Janin yang masih berbentuk jaringan atau cairan ketuban dalam rahim bisa saja keluar melalui Miss V jika terjadi tahap awal keguguran, hal tersebut umumnya disertai dengan rasa nyeri dan perdarahan. Wajib untuk segera periksa ke dokter jika ibu hamil mengalami kondisi tersebut.

Pada usia kehamilan tua, keluarnya cairan ketuban merupakan tanda bahaya, pada kondisi tersebut, janin harus segera dikeluarkan sebab janin tidak akan bisa hidup tanpa cairan ketuban, jika usia janin dan seluruh organ di dalamnya sudah siap untuk hidup di dunia, kemungkinan bayi bisa hidup dengan perawatan intensif, namun jika belum memiliki persiapan yang matang dan belum memenuhi syarat untuk mampu hidup di dunia, bukan tidak mungkin kematian bisa terjadi pada bayi.

Tanda Tanda Keguguran Menurunnya Tanda Tanda Kehamilan

Pada kehamilan, terjadi perubahan hormon pada tubuh wanita yang mempengaruhi metabolisme seluruh tubuh, tanda yang paling umum ialah adanya mual, muntah, dan pusing. pada usia kehamilan muda atau usia kehamilan 1 sd 3 bulan umumnya wanita mengalami tanda tersebut meskipun tidak sedikit pula wanita yang mengalami mual dan muntah hingga kehamilan usia pertengahan dan tua.

Tanda tanda keguguran yang terjadi sejak masa kehamilan muda ialah berkurangnya tanda kehamilan tersebut, ibu hamil yang awalnya merasa mual muntah menjadi jauh lebih sehat seperti ketika kondisi sebelum hamil. Jika mengalami hal tersebut harus diwaspadai, tanda tersebut bukanlah ibu hamil sudah mulai beradaptasi dengan kehamilannya namun karena hormon kehamilan yang menurun dan menghilang.

Sebab itu, jika kehilangan tanda tanda kehamilan di usia kehamilan muda yang sebelumnya sering dialami, wajib untuk segera berkonsultasi dengan dokter untuk mengetahui dan mendapatkan pemeriksaan medis mengenai kondisi kehamilan yang sebenarnya.

Tanda Tanda Keguguran yang Tidak Disadari

Terkadang, keguguran pada ibu hamil bisa saja terjadi tanpa disadari atau tanpa tanda tanda, hal ini terjadi pada usia kehamilan yang sangat muda yang mungkin saja ibu hamil tersebut sebelumnya bahkan tidak mengetahui bahwa dirinya sedang hamil. Keguguran bisa tiba tiba terjadi ketika mengalami trauma atau kelelahan yang sangat selanjutnya terjadi nyeri perut namun ibu hamil hanya mengira nyeri perut tersebut hanyalah efek wajar dari kelelahan.

Jika menstruasi selalu tepat di tanggal yang hampir sama dan kemudian tiba tiba tidak menstruasi terkadang sel telur & sperma sudah bertemu dan dalam proses menempel pada dinidng rahim namun ketika tubuh dalam kondisi kurang nutrisi, kelelahan, dan kekurangan hormon maka janin tersebut gagal berkembang dan terjadi keguguran yang tidak disadari.

Sebab itu, sebagai ibu hamil perlu untuk memperhatikan apa saja yang menjadi kebutuhan selama kehamilan untuk bisa terus mempertahankan dan memastikan kehamilan dalam kondisi sehat. Rutin periksa ke dokter dan jangan sepelekan tanda tanda keguguran walaupun terjadi dalam kondisi yang sangat ringan.

Baca juga : 21 manfaat susu kedelai dan apakah aman tidakkah untuk ibu hamil

ARTIKEL TERKAIT