Cara Membuat CV Menarik Lengkap dengan Contohnya

166
cara buat cv menarik
cara buat cv menarik

Bidhuan.id – Bagaimana cara membuat CV yang menarik? Bagi anda yang sekarang baru lulus kuliah atau istilahnya fresh graduate, maka anda pasti sekarang sedang mencari lowongan pekerjaan. Lowongan pekerjaan yang anda cari harus sesuai dengan keahlian anda karena jika anda malah melamar pekerjaan yang tidak sesuai kemampuan, yang ada malah anda akan kesulitan bekerja di tempat tersebut sekalipun anda diterima.

Dalam melamar pekerjaan, hal pertama yang harus anda lakukan adalah memahami bagaimana cara membuat CV menarik. CV merupakan bagian yang akan menentukan nasib anda apakah nanti anda akan diterima di perusahaan tempat anda melamar atau tidak. Selain itu, dengan membuat CV yang menarik mengindikasikan betapa menariknya kepribadian anda. Jangan khawatir, dalam membuat CV tidak harus membuat anda berpikir sampai pusing.

Sekarang ada banyak bantuan teknologi dan informasi yang bisa anda manfaatkan untuk bisa membuat CV yang bagus yang akan membuat anda bisa diterima di tempat kerja yang sduah anda nantikan selama ini.

Baca: Apoteker di Puskesmas Kurang, Dinkes Cianjur Buka Lowongan Non-PNS

Apa itu CV?

Penjelasan awal akan kami mulai dari menjelaskan pengertian dari CV. CV merupakan singkatan Curricullum Vitae atau daftar riwayat hidup. CV merupakan kumpulan dokumen yang di dalamnya berisi tentang pengalaman dan juga kualifikasi yang dimiliki oleh orang tersebut. Namun terkadang CV juga tidak menyertakan pengalaman jika orang yang melamar pekerjaan masih belum sama sekali memiliki pengalaman.

Namun perlu diingat, orang yang tidak memiliki pengalaman bukan berarti tidak memiliki kemampuan. Mereka memiliki kemampuan yang mempuni, hanya saja belum pernah diterapkan di dunia kerja karena belum pernah bekerja di perusahaan. Di dalam CV, selain menyertakan informasi mengenai pengalaman dan juga kualifikasi, pelamar juga biasanya harus mencantumkan informasi profil pelamar secara lengkap.

Dengan memberikan profil secara lengkap membuat pembaca atau dalam hal ini HRD tidak bingung lagi ketika hendak mengetahui biodata anda. Beberapa identitas pribadi yang harus anda cantumkan antara lain: nama, tangga lahir, kontak, media komunikasi yang dapat digunakan. Kelengkapan data pribadi sangat bermanfaat guna arsip perusahaan.

Fungsi CV

Lalu apa fungsi dari CV? CV yang anda buat pasti memiliki fungsi atau manfaat. Salah satunya adalah memberi informasi tentang seperti apa kualifikasi yang anda miliki dan apakah kualifikasi atau kemampuan yang anda miliki tersebut memang sesuai dengan apa yang diinginkan perusahaan. Selain itu, dari CV biasanya perusahaan bisa memperoleh informasi mengenai latar belakang anda.

Baca juga: Lowongan Kerja Apoteker : Mengelola Penuh Apotek Baru di Kopo-Bandung

Jadi, penting untuk membuat sebuah CV yang menarik. Untuk bisa membuat CV menarik, maka silahkan anda mencermati informasi yang akan kami bagikan di bawah ini.

1. Mengetahui perusahaan yang akan dilamar

Cara pertama yang harus anda lakukan pertama kali adalah mengetahui perusahaan yang akan anda lamar. Istilah ini biasanya dinamakan job research. Mengapa hal ini sangat penting? Dengan mengetahui perusahaan tersebut, maka anda bisa memperbesar peluang anda untuk diterima di sana.

Anda bisa mencari tahu tentang profil perusahaan, kemudian mulailah mencari tahu kira-kira persyaratan apa saja yang harus anda cantumkan dalam surat lamaran pekerjaan anda. Penting mengetahui persyaratan karena biasanya ada perusahaan yang memiliki persyaratan berbeda ketika merekrut karyawan. Yang tidak kalah penting adalah memahami visi dan misi serta motto perusahaan karena biasanya HRD akan bertanya kepada anda mengenai hal-hal yang berkaitan dengan profil atau visi, misi, maupun motto perusahaan.

2. Cari contoh CV yang benar

Setelah anda mendapatkan profil perusahaan, maka langkah yang kedua adalah mencari tahu seperti apa contoh CV yang baik dan benar. Ada banyak situs di internet yang memberikan referensi tentang apa saja contoh CV yang benar yang bisa anda jadikan bahan pertimbangan membuat CV yang menarik.

Namun secara umum CV yang baik dan menarik harus berisi informasi seperti di bawah ini:

  • Identitas diri: informasi ini berisi nama lengkap, email, nomor telepon, dan juga alamat yang dapat dihubungi.
  • Personality: informasi yang menggambarkan karakter diri.
  • Pendidikan: menjelaskan tentang pendidikan terakhir, termasuk di dalamnya jurusan yang diambil dan juga IPK.
  • Keterampilan: informasi yang berisi keterampilan.
  • Pengalaman kerja: menjelaskan tentang pengalaman kerja yang telah dimiliki sebelum melamar pekerjaan.
  • Training maupun pelatihan: pelamar juga harus mencantumkan informasi jika memang pernah mengikuti pelatihan atau training, minimal 3 tahun terakhir.
  • Informasi lain: untuk informasi lain di sini bisa bermacam-macam, misalnya referensi, hobi, atau hal-hal lain yang berhubungan dengan pelamar.

3. Menentukan desain

Setelah anda mendapatkan informasi tentang profil perusahaan dan juga sudah tahu apa saja yang harus anda masukkan ke dalam CV anda, maka langkah yang ketiga adalah anda harus menentukan desain CV yang menarik. Seperti yang sudah kami jelaskan bahwa ada banyak informasi yang bisa anda dapatkan di internet mengenai beberapa desain CV menarik yang bisa gunakan untuk melamar pekerjaan.

Yang harus anda lakukan adalah memilih desain CV yang sesuai dengan informasi yang akan anda masukkan. Jangan sampai memilih desain CV yang warna maupun bentuknya tidak sesuai dengan isi CV anda.

Beberapa contoh desain CV menarik antara lain seperti di bawah ini:

1. Contoh CV menarik bahasa Indonesia

Contoh CV menarik bahasa Indonesia
Contoh CV menarik bahasa Indonesia

2. Contoh CV menarik bahasa Inggris

Contoh CV menarik bahasa Inggris
Contoh CV menarik bahasa Inggris

3. Contoh CV menarik dan sederhana

Contoh CV menarik dan sederhana
Contoh CV menarik dan sederhana

Demikian informasi tentang bagaimana cara membuat CV menarik. Membuat CV sebenarnya mudah, asalkan anda sudah mendapatkan informasi tentang profil perusahaan dan informasi apa yang akan anda masukkan ke dalam CV anda.