Operasi Jepang, Era Penjajahan yang Lebih Mengerikan Bagi Bangsa Indonesia

277

Bidhuan.id – Apa itu operasi Jepang? Jepang adalah Negara yang maju sejak jaman dahulu, warga Jepang dikenal sebagai sosok yang aktif, senang belajar, dan gila akan kerja. Bahkan hingga kini hal tersebut masih berlaku. Banyak warga Jepang yang lebih banyak menghabiskan waktunya untuk bekerja dan bekerja. Hingga Jepang kini terus maju dan mencapai salah satu Negara paling modern dan terbaik dan dunia.

Jepang dikenal sebagai penjajah Indonesia di jaman dahulu. Jepang memiliki peran yang besar dalam menaklukkan berbagai daerah di Indonesia, hal ini dilakukan karena pada masa tersebut Jepang menyadari tingginya potensi di Indonesia baik dari potensi alam ataupun masyarakatnya yang saat itu kurang berkembang sehingga dianggap mudah dikuasai. Prioritas Orang Jepang yang pandai, pada akhirnya mampu menguasai Indonesia.

Pada jaman penjajahan tersebut, ada operasi khusus, yaitu operasi yang dibuat Jepang untuk menaklukkan Pulau Jawa. Dinamakan apa operasi tersebut? Yuk simak untuk menambah wawasan Anda : operasi yang dibuat Jepang untuk menaklukkan Pulau Jawa dinamakan..

Kedatangan Jepang di Pulau Jawa

Terjadi sebuah penyerbuan di Pulau Jawa ke markas besar area komando sekutu yang diikuti Negara Amerika, Inggris, Australia, dan Belanda atau dikenal dengan sekutu ABDA oleh Jepang. Kapal-kapal milik Angkatan Laut Jepang sebelumnya telah berhasil menguasai Pulau Kalimantan yang merupakan area komando dan pertahanan Belanda serta menjadi area jajahan untuk mengambil sumber minyak bumi yang begitu melimpah.

Di kawasan Kalimantan tersebut, Jepang terus menyusun strategi, kekuatan, memperbaiki kapal perang, menambah kekuatan udara, serta melatih pasukan-pasukannya untuk menyerang Pulau Jawa. Di Sumatra, kaisar Jepang juga telah mendarat dan menguasai ladang minyak. Hanya Pulau Jawa yang diincar dan dijadikan target operasi penaklukkan.

Operasi yang Dibuat Jepang untuk Menaklukkan Pulau Jawa

Jepang mengincar Indonesia, Negara tersebut telah menguasai Kalimantan dan Sumatra. Daerah timur seperti Bali dan sekitarnya juga telah dikuasai hingga terjadi pertempuran besar. Banyak kapal perang dari sekutu ABDA mengalami kekalahan, Jepang memang berambisi untuk menguasai seluruh wilayah Indonesia.

Ada sebuah operasi penting yang dibaut, yakni untuk menguasai Pulau Jawa, operasi yang dibuat Jepang untuk menaklukkan Pulau Jawa dinamakan Operasi Octopus (Gurita) dimana operasi ini dibuat oleh Takeo Kurita, salah satu pimpinan perang Jepang.

Operasi Octopus ini ditargetkan akan bergerak seperti gurita, pergerakan kekuasan Jepang harus dilakukan mengeliat dari satu daerah ke daerah lainnya hingga semua daerah berada dalam kekuasaan Jepang.

Pergerakan juga diibaratkan dengan gurita dimana memiliki kekuatan yang kuat dan sulit untuk dilepaskan, operasi octopus diharapkan menjadi langkah untuk bisa mengendalikan seluruh wilayah Jawa dan mendapatkan segala keuntungan darinya baik dari penduduk yang bertempat tinggal maupun sumber daya alamnya.

Operasi ini nyatanya memang berhasil memberikan kesuksesan pada Jepang untuk menguasai Pulau Jawa. JepangĀ  berhasil mengusir penjajah Belanda dari wilayah Pulau Jawa bahkan seluruh Indonesia, sejak itulah Indonesia menjadi Negara jajahan Jepang hingga Indonesia meraih kemerdekaan.

Langkah Operasi Octopus

Operasi yang dibuat Jepang untuk menaklukkan Pulau Jawa disebut dengan operasi octopus, kami telah menjelaskan untuk Anda pada uraian di atas, dalam menjalankan langkah operasi octopus ini, Jepang melakukan beragai langkah yaitu :

  1. Membangun pesawat tempur yang bisa memberikan dukungan penuh untuk kegiatan operasional angkatan laut dimana di masa tersebut memasuki wilayah suatu Negara dilakukan dari jalan laut, dengan mengunjungi berbagai kepulauan secara bertahap. Dengan peralatan angkatan laut yang memadai, Jepang mampu berkuasa dan membuat penduduk Indonesia menjadi tunduk dan terjajah.
  2. Membuat bom yang bisa diperasikan dari atas kapal laut. Untuk bisa menguasai Pulau Jawa, Jepang mengancam dengan bom, Negara Jepang di masa tersebut menunjukkan bahwa mereka memiliki persenjataan yang lebih unggul sehingga bisa kapan saja menghancurkan rumah-rumah penduduk jika kedatangan mereka tidak diterima, sebab itulah Jepang saat itu berhasil menjajah Indonesia khususnya menguasai Pulau Jawa.
  3. Membuat kapal besar berbagai ukuran. Jepang mampu membuat kapal besar dengan ukuran yang beragam yang digunakan untuk mengangkut prajurit dari Negara asalnya dan mengambil sumber daya alam Indonesia, dengan demikian warga Negara Indonesia sulit untuk melawan karena peralatan dan senjata yang dimiliki belum memadai untuk melakukan peperangan.
  4. Memiliki senjata tabir asap. Untuk menaklukkan Belanda yang sebelumnya telah menjajah Pulau Jawa, Jepang memakai senjata tabir asap, yakni dengan cara menyebarkan asap pekat ke seluruh penjuru atau wilayah pandang Belanda sehingga Belanda pun kesulitan untuk menembakkan senjatanya karena tidak mampu atau tidak memiliki jarak pandang, dengan demikian Jepang mampu menundukkan Belanda dengan mudah dan mengalihkan kekuasaan.

Armada Jepang melakukan operasi octopus dimulai dengan mendekati Pulau Jawa melalui selat Makassar dan terus berlanjut ke Pulau Bawean. Pada waktu itu, pemerintah Belanda yang menguasai Indonesia dan Pulau Jawa memiliki persenjataan dan prajurit yang kurang memadai jika dibandingkan dengan milik Jepang.

Sebelumnya pun Jepang telah menggerakan operasi octopusnya di berbagai wilayah lain Indonesia sehingga Belanda tak bisa berkutik dengan kedatangan Jepang hingga Jepang berhasil mengusir seluruh armada Belanda dari Pulau Jawa dan menguasai Pulau Jawa sepenuhnya.

Operasi octopus berhasil dilakukan Jepang di Pulau Jawa, Belanda menyerah sepenuhnya dan mengalihkan kekuasaan pada pemerintah Jepang pada tanggal 9 Maret 1942 di Kalijati, Jawa Barat. Banyak yang berguguran pada masa tersebut karena berebut kekuasaan diantaranya ialah 2.300 prajurit Belanda, 74 prajurit Jepang, dan 108 pejuang pribumi atau pelaut dari Indonesia yang juga berusaha untuk mempertahankan wilayah Pulau Jawa.

Itulah operasi otopus yang dibuat Jepang untuk menaklukkan Pulau Jawa. Tentunya bisa dijadikan pelajaran bahwa kepandaian dan teknologi yang maju bisa memberikan kemenangan, sebab itu wajib untuk kita semua selalu belajar hal baru untuk memajukan Negara Indonesia agar tidak dikuasai ataupun dikalahkan oleh Negara lain.

Semoga bermanfaat untuk menambah wawasan Anda.